30/12/16

Kulwap Parenting KOBAR ke 5: Mengejar Berkah, Bukan Jumlah


Bismillahirrahmanirrahim

Resume Kulwap Parenting KOBAR ke 5

{ Komunitas Ibu Belajar }

🗓 Kamis, 21 Desember 2016
⏰ 10.00

Tema: *"Mengejar Berkah, Bukan Jumlah"*

Nara Sumber: *Eva Ummu Mika*

-Profil NaraSumber-

Nama : Eva Ummu Mika
Tinggal di Bandung
Founder Elmika Hijrah
produsen pakaian syari

Kegiatan :

- Menulis copy writing untuk akun Elmika Hijrah
- Creative Director di Elmika Hijrah
- Ibu rumah tangga dengan 5 orang anak
- Narasumber dalam Seminar Muslimah di beberapa Provinsi di Indonesia.

Moderator: *Cut Rafiqa Majid*
Co-Moderator: *Cut Syarifah Aini Majid*
Notulen: *Hasfiani*

📚📚📚 Materi 📚📚📚

BISMILLAH
Segala puji bagi Allah, Maha Pemberi Keberkahan. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.
Loading…
MENGEJAR BERKAH, BUKAN JUMLAH
EVA UMMU MIKA

DOA MEMINTA KEBERKAHAN
اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي
“Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii

(Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku).”

Loading…

DOA MEMINTA KEBERKAHAN
اللَّهُمَّ ارْزُقْهُ مَالًا، وَوَلَدًا، وَبَارِكْ لَهُ

“Ya Allah, tambahkanlah rizki padanya berupa harta dan anak serta berkahilah dia dengan nikmat tersebut.” (HR. Bukhari no. 1982 dan Muslim no. 660)

BARAKALLAHU FIIK , KITAPUN MENDOAKAN KEBERKAHAN UNTUK ORANG LAIN

BETAPA KITA SERING MENGUCAPKAN KATA "BAROKAH" ,  MEMINTANYA KEPADA ALLAH AGAR BAROKAH ITU HADIR, BAIK UNTUK DIRI SENDIRI ATAUPUN ORANG LAIN

CONTOH KISAH

Sebutlah ukhty A,  yang mendapatkan keberlimpahan harta,  kariernya gemilang, hartanya banyak, sehat, selalu mendapat berbagai kemudahan kemudian kita  anggap dia telah memperoleh hidup yang berkah.

Ukhty B, dia tinggal disebuah kampung, dengan rumah kontrakan, hidupnya sederhana, sehari hari ia mengasuh anak – anaknya dan mengajar mengaji anak – anak tetangganya. Oleh  sebagianorang ia dianggap bernasib buruk, hidupnya begitu begitu saja, tidak memperoleh keberkahan.

_Benarkah seperti ini?_

Ukhty A, jika segala yang ia raih, menambah ketaatannya kepada Rabbnya. Ia menjadi pandai bersyukur dan menggunakan hartanya dijalan Allah. Tentulah ia menjadi orang yang barokah hidupnya.

Tetapi jika ia justru terjebak dengan kesibukannya. Ia lupa waktu, dan terus menerus menggunakan waktunya untuk bekerja siang malam. Sampai sampai kewajibannya terlalaikan. Iapun lupa bersyukur karena merasa gunung yang ia kejar belum bisa ia raih, maka ia kehilangan barokah.
Loading…

Ukhty B, jika ia bersyukur dengan keadaannya. Ia taat dalam beribadah, iapun tulus bercita - cita agar anak - anak dikampungnya bisa mengaji dengan baik. Meski yang ia dapatkan sedikit, ia memperoleh keberkahan.

Tetapi jika karena kesusahannya ia mengeluh, ia merasa Allah tidak adil, ia jadi malas beribadah dan menghalalkan segala cara untuk memperoleh rezeki, maka ia kehilangan barokah.

*MAKNA BERKAH / BAROKAH*

Dalam bahasa Arab, barokah bermakna tetapnya sesuatu, dan bisa juga bermakna bertambah atau berkembangnya sesuatu.[1] Tabriik adalah mendoakan seseorang agar mendapatkan keberkahan. Sedangkan tabarruk adalah istilah untuk meraup berkah .

Adapun makna barokah dalam Al Qur’an dan As Sunnah adalah langgengnya kebaikan, kadang pula bermakna bertambahnya kebaikan dan bahkan bisa bermakna kedua-duanya[2]. Sebagaimana do’a keberkahan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sering kita baca saat tasyahud mengandung dua makna di atas.

JIKA BAROKAH DINILAI DARI HARTA
Berarti apakah seorang kafir telah memperoleh barokah karena banyaknya harta yang mereka peroleh.

Berarti apakah seorang penipu ulung, koruptor, penyelundup barang terlarang, memperoleh keberkahan.

JIKA BAROKAH DINILAI DARI KESEHATAN
Berarti apakah nabi Ayub tidak memperoleh keberkahan karena sakitnya?

Berarti apakah seseorang hafidz , ataupun ulama besar yang dakwah meski sakit, atau dengan kekurangan, itu berarti tidak berkah?

Ternyata sejatinya barokah adalah sesuatu yang menyebabkan seseorang semakin dalam ketaatan kepada Rabbnya

Jika ia sakit, ia mulai ingat berapa banyak nikmat sehat yang selama ini ia terima. Ia mulai mendekat dan memaknai rasa syukur dalam hatinya.

Jika ia sehat, ia semakin dalam ketaatan kepada Allah. Langkah kakinya ia gunakan dengan niat karena Allah.

Jika hartanya berlimbah, ia semakin melepaskan hatinya dari sifat kikir. Ia gunakan hartanya dijalan Allah, ia manfaatkan untuk segala sesuatu yang bernilai pahala disisi Allah.

Jika ia kekurangan dan kesulitan, ia justru semakin tersungkur mendekat kepada Allah. Ia tetap bersyukur dan bersabar karenanya.

Maka semua keadaan itu, menjadi barokah.

ALHAMDULILLAH , SAMPAI SINI DULU ^^
•Mengutip hadist dan penjelasan dari :
•Rumaysho.com
•Ceramah ustadz Oemar Mita Lc

🎈🎈🎈🎈🎈🎈🎈🎈🎈
🤗💐 Sambutan 💐🤗

👱🏻♀السلام عليكم ورحمةالله وبركاته teh eva...
Ahlan wa sahlan di Group KulWap ke 5 Parenting KoBar ❤
Gimana kabar nya teteh ?
Terimakasih telah meluangkan waktu nya untuk berbagi ilmu bersama kami disini..

👩🏻 _Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh_

_Bismillah_
_Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh_

_Alhamdulillah diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama teteh semua disini._
_Perkenalkan nama saya eva, biasa di panggil Eva saja atau teh eva. Tinggal di Bandung._

_Senang berada disini 💕💕💕_

_Silahkan disave nomor pribadi eva._
_Terima kasih kembali teh fiqa sudah mengundang eva disini ❤_

👱🏻♀ Bismillahirrahmanirrahiim..

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah Wa asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

Alhamdulillah sungguh atas nikmat Allah lah sampai hari ini kita masih si beri kesempatan untuk bertemu dan menuntut Ilmu di KulWap ke 5 Parenting Kobar, shalawat dan salam selalu kita sanjungkan kepada Nabiyullah kita Muhammad صلى الله عليه وسلم , kepada keluarga nya, para sahabat , dan semoga kita termasuk orang orang terus istiqamah berjuang di atas sunnah hingga Akhir zaman.

Terimakasih kepada ibu ibu semua yg telah meluangkan waktu nya untuk mengikuti Kuliah online, semoga Rahmat Allah tercurah kepada kita semua.

Terimakasih yg tak terhingga kepada *Team admint* yang senantiasa berlelah lelah menjalankan tugas nya, Allah sebaik baik pembalas kebaikan nya. ❤

Dan ucapan terimakasih sekali lagi untuk teh eva yg berkenan meluangkan waktu nya dengan segala aktivitas offline nya. Syukran teteh ❤ .
____________________________
❓✅ Tanya Jawab ✅❓

Pertanyaan 1⃣

Assalamualaikum
Mau tanya mengenai :
1. Saya termasuk orang yg boros sehingga berapapun uang yg ada selalu habis kadang membeli hal2 yg sifatnya tidak dibutuhkan. Bagaimana caranya agar dapat mensiasatinya?
2. Suami bekerja di sektor financial namun bukan syariah... saat ini sedang usaha untuk mencari pekerjaan lain (syariah) untuk mencari kebarokahan (insyaalloh) , mohon pencerahannya mengenai hukum terkait gaji suami yg kami pakai untuk memenuhi kebutuhan hidup
Terimakasih
-NN, Cibubur-

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

Teteh di Cibubur

(1) Eva rasa ini masalah bersama, hari ini banyak sekali kita perempuan yang sulit menahan diri dari rasa ingin memiliki sesuatu yang baru. Apalagi dengan adanya IG dan FB misalnya, yang tanpa pergi ke mall kita sudah seperti lagi cuci mata di mall. Kalau dari pengalaman eva, mulailah menahan diri..

Misalnya, untuk pakaian, batasi jumlahnya, kalaupun beli yang baru, keluarkan yang lama.
Kemudian pertimbangkan fungsinya, dan tunda transaksi. Kalau suka dengan satu barang, jangan terburu2, order besoknya setelah 24jam. Seringnya keinginan itu sudah memudar, kalau urgent kita tetap beli. Kalau ngga, yaa di cancel ^^

Kemudian rencanakan anggaran belanja, belanja sekaligus diawal bulan itu lebih aman dari sering belanja sedikit2 tapi malah jadi ambil cingcirimit yang ngga kita niatkan dari rumah. Lebih aman lagi, amanatkan tugas belanja kepada orang lain, khadimat, atau suami kita. Sudah pasti yang dibelikan akan tepat sasaran sesuai yang kita pesan dikertas ^^

(2) Afwan, eva belum bisa jawab yang ini. Insya Allah eva coba tanyakan dulu ke yang memahami ilmunya

▶Teh perasaan dah dihemat mngkin...dan beli yg perlu aj tp tetp gak ckup... apa tandanya gak berkah ya teh?
↪Keadaan belum cukup atau masih kurang bukan pertanda tidak berkah, tetapi bagaimana kita menyikapinya dapat menunjukan berkah / tidaknya. Misalnya keadaan tidak cukup tapi kita selalu bersyukur dan menerima keadaan itu. Tidak mengeluh kepada suami. Selalu punya cara mengatur keperluan rumah tangga sehingga tetap cukup

▶Kalau menurut hemat ana, dalam mindset kita. Kita harus tahu antara keinginan dan keburuhan... lanjut ingat menahan keinginan berarti Kita sudah menahan nafsu itu pasti... dari kecil anak diajarkan untuk tahu mana keinginan mana kebutuhan... selalu memberitahu anak kita harus bersyukur karena ada yg lebih prihatin kehidupannya dibanding kita...
↪Noted, keinginan atau kebutuhan

Pertanyaan 2⃣

Assalamu'aikum
Bu Eva saya ingin menanyakan lbh berkah dan utama yg mana jika saya akan bersodaqoh..
Apakah orang tua saya atw metua yg di dahulukan, atw keponakan qta yg yatim, atw saudara semuslim yg sangat membutuhkn spt saudara qta d aleppo, rohingya, palestine dan aceh? Ingin rasa nya semua saya utamakan, namun mengingat paksu kerja sendiri dan kami msh terjerat cicilan dll, maka sodaqoh atw zakat penghasilan hanya bs sesuai dgn kemampuan kami..
Mohon pencerahan nya..
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb..
-Nurul, Bandung-

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

Teteh Nurul, di Bandung

Dari Salman bin ‘Amir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ الصَّدَقَةَ عَلَى الْمِسْكِينِ صَدَقَةٌ وَعَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ
“Sesungguhnya sedekah kepada orang miskin pahalanya satu sedekah, sedangkan sedekah kepada kerabat pahalanya dua; pahala sedekah dan pahala menjalin hubungan kekerabatan.”[6]

Sumber : https://rumaysho.com/1180-memberi-zakat-kepada-kerabat.html

Utamakan yang dekat dulu teh, orang tua, dst.

▶Alhamdulillah dpt jawaban nya..

Oiya Saya br bs memulai zakat penghasilan 2,5% dan sodaqoh blm bs sampe 1/3penghasilan, krna selalu habis duluan laper mata klo lihat diskonan..
Terkadang malah ngambil uang tabungan jika menyadari bln ini blm bersodaqoh..
Untuk menghindari ini bgmn ya teh?
↪Ini seperti yang tadi ummu khansa sampaikan bedakan mana keinginan mana kebutuhan. Dahulukan tabungan akhirat ; sedekah , zakat. Kemudian apa2 yang bermanfaat untuk keluarga.

Pertanyaan 3⃣

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
Bu saya mau bertanya, bagaimana cara kita agar selalu bersyukur dalam keadaan apapun? Kadangkala sebagai manusia, kita sering kali lupa bahwa nikmat Allah itu tidak selalu yg indah aja. Sehingga ketika lupa bersyukur hidup terasa sangat berat..
Terimakasih
-Silvi, Bekasi-

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

Teh Silvi di Bekasi

Mungkin kita terlalu banyak melihat lihat keluar daripada kedalam. Banyak rumah orang lain lebih luas dan bagus, banyak mobil orang lain lebih baru dan mahal, banyak perhiasan, jam, pakaian, tas, sepatu, berseliweran di pandangan mata kita setiap hari. Semakin sering dilihat, semakin kita merasa belum punya apa  - apa. Padahal apa yang sudah kita miliki dirumah sudah cukup, sesuai dengan jatah rezeki kita hari ini.

Begitupun kehidupan orang lain, terlihat lebih harmonis dengan pasangannya. Terlihat anak - anaknya pintar dan cerdas. Dll

Cukuplah kita meyakini bahwa rezeki yang kita peroleh lebih dari itu, nikmat sehat, nikmat memiliki pasangan hidup, nikmat dianugrahi anak - anak. Perhatikanlah kedalam dan hadirlah didalam sekarang juga. Nikmati prosesnya. Karena rezeki sudah Allah tentukan takarannya dan tidak akan tertukar.

▶Teh eva pertengkaran rmh tangga krn ekonomi termasuk tidak mensyukuri nikmat allah?
↪Pertengkaran mungkin saja terjadi, tetapi ingatlah bahwa marah bukanlah sesuatu yang baik. Ada peran syaithon yang senang masuk untuk memisahkan pasangan suami istri. Sabar lebih baik, krn pasti tidak ada satu orang suamipun yg tidak ingin menyenangkan anak dan istrinya selagi dia mampu

Pertanyaan 4⃣

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh... Saya telah bekerja selama kurang lebih 10 tahun pada instansi pemerintah. Selama itu, Alhamdulillah, saya bisa membuatkan rumah yang layak untuk kedua orangtua saya walaupun dengan cara kredit pada bank (selama ini kami tinggal di rumah seadanya). Serta membantu adik2 hingga akhirnya bisa melihat mereka bisa mandiri secara finansial, walaupun tidak mewah. Dan seorang adik bisa menyelesaikan kuliah. Saat ini, saya masih menjadi salah satu sandaran ekonomi orangtua (Alhamdulillah.. ) karena kesehatan ayah sudah tidak memungkinkan untuk bekerja sedangkan ibu sebagai IRT. *Yang ingin saya tanyakan:*
*1.* Apakah rezeki saya berkah, setelah yg saya lakukan tsb, namun sampai saat ini kami masih tinggal di rumah kontrakan dan tanpa uang tabungan (usia perkawinan hampir 10 thn)?  Tapi saat ini kami tidak memiliki kredit lagi  *2.* Apakah saya bersalah kepada suami, karena masih memegang tanggung jawab sebagai anak tertua walaupun saya sudah menikah sedangkan kondisi finansial kami sendiri masih belum mapan? (Tetapi suami saya tidak pernah mempermasalahkan hal tersebut). Jazakillah untuk tanggapannya. Wassalamualaikum warahmatullah
-NN, Banda Aceh-

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Teteh di Banda Aceh

Masyaa Allah, barakalahu fiik. Semoga Allah membalas kebaikan teteh dan suami dengan pahala berlimpah.

Harta yang barokah bukanlah sekedar banyak dan berlimpah. Tetapi harta itu bermanfaat, mendatangkan kebaikan lagi, dan lagi.

Jumlah yang sama misalnya, pengeluaran 5jt perbulan si A gunakan untuk membiayai ibunya. Si B menggunakan 5jt perbulan untuk jatah belanja diluar keperluan dapur. Mana yang lebih baik?

Keduanya sama - sama dibolehkan,

Si A tidak mendapatkan koleksi baru, tetapi ia mendapatkan kebahagiaan dihatinya melihat ibunya bahagia. Mendapatkan ridho dan doa terbaik dari ibunya. Iapun telah mendapat vitamin "sabar" dimana ia menahan dirinya dengan bersabar dari keinginan pribadi untuk sesuatu yang lebih manfaat. Mendapatkan Ridho Allah dan sudah pasti pahala sebagai bekalnya di akhirat.

Si B dapat koleksi terbaru, tas misalnya. Ia senang dengan barang barunya. Tetapi sudah, sampai situ, bulan depan ia menginginkan yang lain sementara tasnya semakin usang dan ketinggalan mode.

Inilah keberkahan yang dimaksud, segala sesuatu yang bertambah manfaat dan kebaikannya.

Jika suami ridho, tentu ini menjadi ladang pahala bersama. Bersyukurlah dengan mendampingi suami sebaik baiknya dan berusaha menjadi istri yang menyejukkan mata dan hati suami.

Tambahan untuk teteh di banda aceh, sejatinya kita memang tak lama didunia ini. Rumah kontrakan puntak mengapa krn ada harta yg sudah kita transfer ke Akhirat (kebaikan kepada ortu dan keluarga).

Semoga rumah disurga untuk teteh dan keluarga kelak

Pertanyaan 5⃣

Assalamu'alaikum

Jika materi kita in syaa allah cukup bahkan seringnya lebih..kerja mapan tp Allah berikan ujian sakit pada diri kita/ keluarga kita yg menghabiskan biaya banyak...

Apa harta yg kita dapati itu blm mendapat berkah?

Atau jika usaha tp blm kunjung berkembang apa bisa diartikan cara kita mencari rizki msh blm mendapat berkahnya?
Syukron jazakumulloh khoir
-Ummu na'ilah, Jakarta-

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

Ummu na'ilah di Jakarta

Jika dengan ujian sakit itu kita bersabar dan semakin dengan Allah, maka itu adalah keberkahan.

Jika kemudian Allah mampukan kita membayar biaya rumah sakit ataupun membantu keluarga, maka itupun keberkahan.

Allah berikan ujian sakit sekaligus dengan solusinya (kemampuan membayar rumah sakit). Ini adalah kemudahan bagi teteh.

Adalagi yang ia sakit, dan ia kesulitan pula untuk biayanya, jika karenanya ia bersabar, semakin bergantung kepada Allah, itupun keberkahan baginya.

Usaha belum juga berkembang?
Jatah rezeki kita sudah Allah tentukan. Tetaplah bersemangat membangun usaha, jangan tergesa - gesa. Nikmati prosesnya. Dalam usaha, setiap masalah adalah ilmu baru yang perlu kita alami untuk bekal. Semakin mampu mengatasi masalah usaha, semakin lihai ia berusaha. Insyaa Allah

Pertanyaan 6⃣

Assalamu'alaykumwarahmatullahi wabaarakatuh.
Jazakumulloh sblmny ats materi dri bunda eva...
Afwan jka seorg istri bkerja itu apakh bisa menggapai barokah smntra suami trkadang msih kberatan ttg wktu kerja si istri..pdhal scra pkerjaan si istri adlh guru yg mana disitu utk unsur ibadahnya insyaAllah lbh bisa dilakukan..?
Kkcewaan suami yg brtumpuk2 jstru mjdi bom waktu hingga baru skrg si istri mnyadari hal itu..pertanyaan kedua..apa yg hrs dilakukan siistri dlm hl itu,apakh hrs kluar dmi  atau hrs brthan pdhal kmi ingin hdp yg nyaman barokah.jazakumulloh khoiron
Ummu hanifa- solo

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Ummu Hanifa di Solo

Pertama, ingatlah tujuan kita hidup didunia. Untuk kemudian menjalani perjalanan panjang kita menuju akhirat.

Rumus terbaik untuk selamat sampai kesurga untuk kita perempuan itu ada 4; menjaga sholat 5 waktu, melakukan puasa, menjaga kehormatan dan berbakti kepada suami.

Meskipun misalnya bersedekah 100jt sebulan adalah amalan yang luar biasa, tetapi kalau kewajiban kita terhadap suami tidak terpenuhi karena kesibukan? Sehingga ia tidak ridho.

Ikuti pinta suami selama tidak bertentangan dengan syariat. jalani dengan ikhlas, meski krnnya ekonomi jadi pas2an bahkan kurang.

Bisa jadi setelah kita ikuti maunya suami, suami jadi lebih semangat mencari nafkah. Karena ia dilayani dengan baik dirumahnya. Dihormati istrinya, disupport istrinya, muncul rasa percaya dirinya sebagai kepala rumah tangga.

Sehingga terbawa keluar rumah, suami bekerja tanpa beban merasa tidak dihargai hasilnya oleh istri yang tetap ingin bekerja dengan alasan "membantu ekonomi keluarga"

Doakan suami agar mendapat rezeki yang halal barokah cukup

▶Tetap ta'at pada suami kewajiban pertama ya teh untuk mencapai berkah dalam rumahtangga?

Syukran teh jawaban nya ❤ ..
↪Betul teteh sayang

Pertanyaan 7⃣

Assalamu'alaykum bu eva..

Saya mau bertanya, kalau keberkahan bukan dari jumlah, lalu bagaimana dengan orang yg banyak harta tapi hidup nya berkah dan rejeki nya lancar?
Terimakasih umm
Rita-Sidoarjo

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Teh Rita Sidoarjo

Bukan dari jumlah, karena tidak semua orang mendapat keberkahan karena harta yang banyak.

Tetapi jika ia seseorang yang kaya raya dan dermawan, maka ia termasuk dalam orang yang mendapat keberkahan.

Pertanyaan 8⃣

Assalamualaikum ummu...
Keluarga kami tidak kaya, tapi kami merasa tidak berkah, kami sering kesulitan materi, apa yang harus kami perbaiki ? Padahal kami merasa sudah menjalankan perintah Allah, saya dan suami sudah 1tahun belajar sunnah dan menerapkan nya, tapi kami seperti dalam keadaan kesusahan . Apakah ada yang salah umm?
NN-Jakarta

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Teteh di Jakarta

Bisa jadi kesusahan itu adalah perekat hubungan teteh dengan suami. Yang karenanya teteh dan suami semakin istiqomah untuk belajar sunnah. Semakin khusu' dalam berdoa di sepertiga malam. Semakin saling menguatkan untuk bersama - sama mensyukuri dulu yang sudah kita punya.

Sebagai tambahan ;
Dari An Nu’man bin Basyir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ لَمْ يَشْكُرِ الْقَلِيلَ لَمْ يَشْكُرِ الْكَثِيرَ
“Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.”

(HR. Ahmad, 4/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 667). Hadits ini benar sekali. Bagaimana mungkin seseorang dapat mensyukuri rizki yang banyak, rizki yang sedikit dan tetap terus Allah beri sulit untuk disyukuri? Bagaimana mau disyukuri? Sadar akan nikmat tersebut saja mungkin tidak terbetik dalam hati.

Sumber : https://rumaysho.com/1975-bersyukur-dengan-yang-sedikit.html

Pertanyaan 9⃣

Bu eva ummu mika,
Saya baca di materi ada doa meminta keberkahan, isi nya meminta harta dan anak, apakah tolak ukur keberkahan dari harta dan anak saja? Wassalam
#Afifa-Bandung

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Teh Afifa di Bandung

Tentu bukan hanya itu teh, karenanya masih ada kelanjutan dari doanya setelah harta dan anak.

Pertanyaan 🔟

Assalamualaikum bu eva..yg dirahmati Allah,apakah yg menjadi tolak ukur keberkahan adalah kita bisa melakukan ibadah dan adanya hati yang tenang walaupun kita dalam kesempitan hidup ataupun ujian?berarti keberkahan sifatnya di dalam jiwa,bukannya bisa dilihat secara materiil?mohon penjelasannya bu.Syukran😊
#dilla_banda aceh

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Teteh Dilla di Banda Aceh

Jika berkah bisa dilihat dari materi, apakah berarti harta Firaun berkah? Tetapi materi yang dimiliki seorang muslim yang ia manfaatkan dijalan Allah, ia bantu keluarga dan tetangga, ia buat banyak kebaikan, maka itulah berkah. Apakah sifatnya didalam jiwa, bukan bisa dilihat secara materiil? Eva belum paham sampai sini teh, semoga nanti kita temukan jawabannya dari ahlinya ^^

Pertanyaan 1⃣1⃣

Kenapa kalo punya uang sedikit cukup banyak juga cukup ga ada sisa buat tabungan, bahkan selalu merasa kurang, apakah uang saya tidak berkah? Atau saya kurang bersyukur? Atau tidak bisa mengatur keuangan?
NN_Magelang

Jawaban:
Teteh Di Magelang

Walaupun sedikit, tetapi kita syukuri bisa makan dan menguatkan badan untuk beribadah. Menahan diri dari keinginan yang banyak. Kemudian tidak menunda sedekah nanti setelah dapat banyak. Maka disitu ada keberkahan ^^

Pertanyaan 1⃣2⃣

Assalamualaikum...
Saya mau b'tanya bagaimana cara kita menghadapi orang yg mengganggap hidup kita tdk berkah..?
Trus, berkah itu kita yg rasakan atau org yg menilai...?
-Aan Hanifa, Meulaboh-

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Teteh Aan di Meulaboh

Ciri ciri keberkahan :
Jika berupa harta, harta itu kita pakai dijalan Allah, membuat kita semakin dekat dengan Allah, semakin sibuk dengan kebaikan kebaikan berikutnya, itulah keberkahan.

Apapun itu, jika menambah ketaatan kita kepada Allah maka itulah keberkahan.

Mengenai opini orang lain, kita tidak akan pernah mendapatkan ridho semua manusia. Jadi fokus saja dengan ridho Allah, lebih menenangkan 💕💕💕

Pertanyaan 1⃣3⃣

Assalamualaikum wr wb
1. Apakah keberkahan bisa didapat jika kita masih ada hutang riba spt KPR rumah dll?
2. Apakah dengan diam terhadap suatu warisan yg mmg hak kita karna mengundang keributan pihak keluarga lainnya tetap akan membawa keberkahan bagi kami?? Atau justru kami dzolim tehadap org lain atau justru keluarga sendiri spt anak2 kami karna menurut suami ini jg hak anak2 sebenarnya...
Maksudnya maaf warisan yg tidak kami minta lg, karna buat pihak lain tdk mau mengikuti apa yg ada dlm alquran tp berdasar kekeluargaan. Makasih wassalamualaikum wrwb
-NN-

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

Teteh sayang, pertama setelah kita mengetahui dosa riba, mohonlah ampun kepada Allah, kemudian mulailah berusaha kearah meninggalkan. Dimulai dari tidak mengambil riba baru, kemudian berniat menyelesaikan riba yang masih berjalan. Mohonlah pertolongan kepada Allah agar dibukakan jalan keluar yang mudah.

Kemudian mengenai hukum waris, afwan eva blm paham untuk menjawab ini, bisa dengan membaca buku ust Erwandi Tarmidzi Ma atau dengan bertanya kepada ahlinya ^^

▶Bagaimana dgn Bank syari'ah teh Eva..
Apakah msk kategori riba jg?
↪Ada sebagian bank syariah yang belum syari teh, tetapi lebih mendalam perlu kita konsultasikan langsung kepada mereka yang paham ilmunya

Pertanyaan 1⃣4⃣

Pertanyaan:
Assalamualaikum Teh Eva,
Sebagai ibu muda yang mulai belajar islam, ingin sekali bisa mewujudkan kebarokahan dalam rumah tangga terutama dalam mendidik anak.
Apa saja yang sebenarnya perlu dihindari dalam proses mendidik agar anak tetap dalam koridor islam yang syari?
-Isti, Tangerang-

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

Teteh di Tangerang

Ibu adalah madrasah bagi anak - anaknya.

Yang perlu dihindari adalah apa2 yang Allah larang kita lakukan.

Dirumah jadilah teladan bagi anak - anak

Hormati ayah mereka, perlakukan dengan baik, layani sepenuh hati, ini akan terekam dalam ingatan anak2 sebagai bekal akhlaknya kelak ketika berumah tangga.

Jadilah ibu yg pembelajar. Senantiasa haus untuk menimba ilmu agama, terapkan dalam keseharian.

Insya Allah, kita semua sedang sama - sama sedang memperjuangkan ini ya teh

Pertanyaan 1⃣5⃣

Sy pernah dengar ktx menabung itu ajaran kapitalis bertentangan dengan islam, karena terus terang biaya pendidikan skrg sgt mahal dan hrs dipersiapkan dr jauh hari dgn cara ditabung, bagaimana menurut pandangan teh eva?
Bagaimana solusi mempersiapkan dana pendidikan selain dgn cr ditabung?

Jawaban:
Ajaran kapitalis atau bukan eva kurang paham teh. Tetapi bertawakal kepada Allah lebih baik. Hindari asuransi pendidikan dll

Untuk simpanan masa depan, jika memang ada silahkan. Tetapi jgn sampai seperti takut ada apa2 dimasa depan.

Kita punya simpanan misalnya , sebuah rumah kedua atau ketiga selain rumah yang kita tinggali. Mendadak orang tua sakit dan butuh dana besar untuk operasi. Meski itu simpanan untuk anak2, mana yang lebih utama disaat ini? Mempertahankan rumah atau menjualnya untuk biaya rs? Tentu menjualnya lebih baik. Kembalikan kepada Allah mengenai rencana masa depan anak, insya Allah kalau memang takdirnya anak ini sekolah tinggi sesuai dengan yang di cita - citakan tentu ada jalan rezekinya lagi
____________________________

Penutup

Alhamdulillah.. Alhamdulillahirabbil'alamiin..

Kulwap 5 telah selesai kita ikuti, saya selaku moderator mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan selama mengisi KulWap, dan ucapan terimakasih banyak kepada Narasumber kita hari ini "Eva Ummu Mika" , semoga Allah membalas kebaikan teteh atas setiap ilmu nya .

Terimakasih banyak untuk ibu ibu yang selalu setia dan bersemangat mengikuti KulWap yang diadakan, semoga setiap ilmu yang di peroleh bermamfaat dan bisa di aplikasikan dalam kehidupan kita.

Tetaplah menjadi ibu hebat dan membanggakan bagi anak anak nya, dan menjadi ibu yg penuh cinta hingga akhir masa ❤

Akhirul kata , sama sama kita baca Doa Kafaratul Majelis.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilahailla anta astagfiruka wa’atubu ilaik

(Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)

Insya Allah Sampai Bertemu di KulWap ke 6 berikut nya. 🌹

Baraakallahufiikunna Ummahat fillah 💜

_Alhamdulillah, jazakumullahu khoyr teteh teteh disini senang berkenalan dan berkumpul disini. Semoga bermanfaat, dan doakan eva yaa 🙏🏻_

_Kita perempuan mendapatkan kesempatan untuk memilih pintu surga, dengan cara yang mudah. Tetapi yang kelihatan mudah itu ternyata rumit untuk dijalankan, maka ingat ingat selalu tujuan kita hidup di dunia._

_Jadilah istri menjaga sholat 5 waktu, berpuasa wajib, menjaga kehormatan, dan patuh pada suami . Semoga kita dikumpulkan kembali di surga kelak._

_*Aamiin Ya Allah*_

Pamiit yaa 💕💕💕

0 comments:

Posting Komentar