01/07/18

Kulwap Parenting KOBAR Ke 26

☘๐Ÿ€☘๐Ÿ€☘๐Ÿ€☘๐Ÿ€☘๐Ÿ€☘

Resume Kulwap Parenting KOBAR Ke 26

๐Ÿ“… Rabu, 14 Februari 2018
๐Ÿ•ฐ 20.00 - 21.30 WIB

Tema: Pendidikan Seks Untuk Anak dalam Perspektif Islam

Nara Sumber: Suci Susanti, S.sos.I
(Founder Gerakan Perduli Remaja, KaBid Media ALIA)

CURICULUM VITAE

Nama: Suci Susanti S.Sos.I
*Pendidikan: -D3* Kesekretariatan Universitas Brawijaya Malang
-S1 Komunikasi Dakwah STID-Al Hikmah

*Pengalaman Kerja:*
1. 1998-2000 Sekretaris PIMPRO P3DT BAPPENAS
2. 2000-2001 Pramugari Saudi Arabian Airline
3. 2001-2002 Sekretaris P3DT BAPPENAS

*Aktifitas:*
- *Founder Gerakan Peduli Remaja*
- 2011- sekarang Ketua Gerakan Peduli Remaja
- 2011- sekarang Aktivis Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria Tanggerang
- 2012- sekarang Sekretaris Forum Perempuan & Anak Indonesia (FRENDs)
- 2013- sekarang Ketua Bidang Media, Aliansi Cinta Keluarga (AILA) Indonesia
- 2013- sekarang Kontributor The Center For Gender Studies (CGS)
- 2017 - sekarang Ketua Bidang Edukasi, Forum Perempuan Peduli Moral (FPPM)
- Koordinator Pusat komunitas Sahabat AILA Indonesia
- Pembina Komunitas Peduli Remaja
- Pengasuh beberapa Majelis Ta'lim di Jakarta dan Bekasi
- Pengisi tetap di beberapa Pengajian Kantor

Ttl : Jkt Sept 1975
Hobi : baca & traveling
Status : menikah
Domisili : Jkt

FB : Suci Ummi Adam
IG : bundasuci

Email : bundasuci28@gmail.com

Motto hidup : khairukum manta'alamal quran wa'alamah

Moderator: Cut Rafiqa Majid
Co-Moderator: Welly Suardi
Notulen: Hasfiani

๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ

Bismillahirrahmanirrahim

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah Wa asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

Selawat dan salam kepada Nabiyullah kita Muhammad ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… , kepada keluarga nya, para sahabat san orang orang yang istiqamah menjalankan sunnah Rasulullah hingga Akhir zaman..

Sebelumnya, Izinkan kami memperkenalkan diri:
Saya Cut Rafiqa Majid selaku pengelola Group KOBAR.
Berikut perkenalkan Para Admint KOBAR yang Capable di Bidangnya :

1. Welly Suardi
2. Hasfiani
3. Rara Ummu Yusuf
4. Ruvina Hakim
5. Cut Syarifah Aini Majid
6. Yulia
7. Dilla

Dan Moderator yang bertugas pada malam ini adalah saya sendiri Cut Rafiqa Majid. Sebelumnya Co.Mod Bu Welly Suardi telah menerima pertanyaan dari member yang nantinya setelah Kulwap selesai semua peetanyaan dan Jawaban akan di Resume oleh Notulen kobar yaitu Bu Hasfiani.

Terimakasih kepada ibu ibu yang sudah berkenan hadir disni untuk mengikuti Kuliah Whatsaap Parenting KoBar yang ke 26, sekaligus temu kangen..

๐ŸŽ™ Assalaaamu'alaikum bunda Suci..
Ahlan wa sahlan di Grup Kulwap Kobar (Komunitas Ibu Belajar)
Semua member sudah siap sedia menanti ilmu dari Bunda Suci ๐Ÿ˜Š

๐ŸŽค Wa'alaikumussalam
๐Ÿ˜๐Ÿ’– masyaAllah... ramah2 akhwat disini

๐ŸŽ™ Iya Bund Alhamdulillah.. akhawat dan Ummahatnya Shalihah semua In shaa Allah ❤

๐Ÿ“–๐Ÿ“š๐Ÿ“– Materi ๐Ÿ“–๐Ÿ“š๐Ÿ“–

Pendidikan seks pada anak

Assalammualaykum warrahmatullahi wabarakatuh...

Bismillah,
Akhwatfillah yang dirahmati Allah. Baru-baru ini kita dikejutkan oleh berita pedofilia di sebuah kota di Indonesia. Pedofilia kali ini menyerang anak-anak jalanan yang memang rentan dan menjadi sasaran empuk pada predator seks anak.

Dikutip dari tempo.co (5 Mei 2014) , badan intelejen Amerika Serikat menyatakan bahwa kasus pedofilia tertinggi di Asia adalah Indonesia. Pada tahun yang sama, lebih dari 200 kasus pedofilia diungkap oleh pihak kepolisian.

Kita masih ingat bagaimana pelaku pedofilia di Sukabumi. Yang melakukan kejahatan seksual pada 73 anak. Belum lagi kasus pencabulan di sebuah sekolah international Jakarta.

Baru-baru ini saya mendapat kabar dari seorang teman bahwa pedofilia pun menyerang di sekitar masjid. Anak-anak yang melakukan shalat maghrib berjamaah di masjid, biasanya tidak pulang ke rumah. Mereka bermain di sekitar masjid hingga waktu shalat isya. Dan saat inilah para pedofilia menyerang.

Lalu sebagai orangtua, apa yang harus dilakukan ?

1. Orangtua harus mengajarkan agama sedini mungkin. Yang meliputi ;

A. Menjaga mata

Allah Ta’ala berfirman,

ู‚ُู„ْ ู„ِู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ูŠَุบُุถُّูˆุง ู…ِู†ْ ุฃَุจْุตَุงุฑِู‡ِู…ْ ูˆَูŠَุญْูَุธُูˆุง ูُุฑُูˆุฌَู‡ُู…ْ ุฐَู„ِูƒَ ุฃَุฒْูƒَู‰ ู„َู‡ُู…ْ ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุฎَุจِูŠุฑٌ ุจِู…َุง ูŠَุตْู†َุนُูˆู†َ

”Katakanlah kepada laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’” (QS. An-Nur [24] : 30).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata,

ู‡ุฐุง ุฃู…ุฑ ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู„ุนุจุงุฏู‡ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ุฃู† ูŠุบุถูˆุง ู…ู† ุฃุจุตุงุฑู‡ู… ุนู…ุง ุญุฑู… ุนู„ูŠู‡ู…، ูู„ุง ูŠู†ุธุฑูˆุง ุฅู„ุง ุฅู„ู‰ ู…ุง ุฃุจุงุญ ู„ู‡ู… ุงู„ู†ุธุฑ ุฅู„ูŠู‡ ، ูˆุฃู† ูŠุบุถูˆุง ุฃุจุตุงุฑู‡ู… ุนู† ุงู„ู…ุญุงุฑู…

“Ini adalah perintah dari Allah Ta’ala kepada hamba-hambaNya yang beriman untuk menjaga (menahan) pandangan mereka dari hal-hal yang diharamkan atas mereka. Maka janganlah memandang kecuali memandang kepada hal-hal yang diperbolehkan untuk dipandang. Dan tahanlah pandanganmu dari hal-hal yang diharamkan.” (Tafsir Ibnu Katsir, 6/41)

Mata adalah panca indera yang sangat penting. Karena itulah harus dijaga dari melihat hal-hal yang dilarang Allah. Terutama dijaga dari melihat aurat.

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda, "Laki-laki tidak boleh melihat aurat laki-laki, dan perempuan tidak boleh melihat aurat perempuan." HR. Muslim

Aurat dalam mazhab Maliki menyatakan ,

* Aurat laki-laki dengan laki-laki lain adalah antara pusar sampai lutut.

* Aurat perempuan dengan perempuan lain (jika keduanya sesama muslim) adalah antara pusar dan lutut.

B. Menjaga mulut

Dalam Islam, fungsi mulut ditegaskan Rasulullah saw dalam beberapa hadits diantaranya ;

Seseorang mengucapkan perkataan yang tidak jelas baginya, dia akan tergelincir akibat ucapannya itu ke dalam neraka lebih jauh daripada jarak antara Timur dan Barat." (HR. Bukhari-Muslim.

”Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas”. (HR. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim)

Dari kedua hadits di atas, sangat jelas bahwa fungsi mulut dalam Islam adalah untuk makan, minum & bicara. Hal ini harus ditekankan pada anak. Karena pada banyak kasus kejahatan seksual anak, dilakukan melalui mulut.

C. Menjaga kemaluan

Di point A sudah disebutkan dalil tentang kewajiban menjaga kemaluan. Dan ini wajib diajarkan baik pada anak laki-laki maupun perempuan.

Siapa saja yang boleh melihat dan memegang kemaluan anak ? Hanya orangtua dan pihak medis dengan alasan kesehatan.

Namun dalam hal ini, orangtua pun tidak selamanya boleh melihat ataupun memegang kemaluan anaknya. Ketika seorang anak sudah masuk usia balita, maka sudah bisa diajarkan untuk memberishkan alat kelaminnya sendiri. Terutama setelah buang air kecil atau setelah buang air besar.

2. Orangtua harus mengajarkan anak melakukan langkah-langkah penolakan ketika ada seseorang yang mencoba melihat atau memegang auratnya. 

Ada satu kejadian di sebuah kota besar Indonesia. Beberapa orang anak laki-laki (usia 8 tahun) pulang dari masjid. Di tengah perjalanan, di sebuah lapangan luas yang penerangannya temaram, mereka dipanggil oleh seorang anak remaja laki-laki usia 15 tahun.

Anak remaja ini mengajak anak-anak kecil itu bermain burung-burungan. Anak-anak kecil itu diiming-imingi es krim dan coklat. Kemudiam anak-anak kecil itu pun disuruh untuk berdiri berjajar dan disuruh membuka celana. Bisa ditebak bagaimana kelanjutannya.

Karena anak-anak kecil itu tidak pernah diajarkan agama sejak dini dan juga tidak pernah diajarkan situasi seperti ini, maka anak-anak kecil itu pun membuka celananya dengan suka rela.

Maka akhwatfillah, sebagai orangtua kita wajib mengajarkan anak cara-cara penolakan ketika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sebagai contoh, anak-anak diajarkan untuk lari secepat mungkin ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Atau sejak dini anak bisa diajarkan bela diri seperti silat atau karate.

Akhwatfillah yang dirahmati Allah. Mari kita jaga anak-anak sejak dini. Kita persiapkan anak-anak kita menghadapi berbagai tipu daya dunia. Dan hadapi semua ini dengan adab dan ilmu.

Kejahatan seksual yang terjadi pada anak, hendaknya tidak membuat kita _parno_ dalam mendidik anak. Kemaksiatan yang makin marak ini, jadikan sebagai momentum pembelajaran yang sangat berharga.

Wallahualambishawab
Wassalammualaykum warrahmatullahi wabarakatuh

*Suci Ummu Adam*

๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ

Sesi Tanya Jawab

1⃣ Assalamu'alaikum..
Bagaimana cara mendidik/menanamkan/cara memberi pemahaman yang sederhana kepada anak umur 2 tahun terkait menjaga kemaluannya dan pandangannya.
Untuk anak laki2 dan perempuan.
Apa indikasi seorang anak yang pernah mendapat perlakuan tindakan kejahatan seksual?

°Nilam, Kelas Aisyah°

✍๐Ÿป Waalaykumsalam, komunikasi kepada anak dilakukan sesuai dengan usia anak. Jika masih dua tahun, maka yang menjadi kewajiban adalah diajarkan tentang siapa yang boleh memegang, siapa yang boleh menggendong, siapa yang boleh memandikan dll. Cara penyampaiannya tentu saja harus diseusaikan. Misalnya dengan cara bernyanyi sambil memperagakan bagian tubuh yang wajib dilindungi. Contoh lagunya bisa dicari di youtube. Ini pernah disosialisasikan oleh SEMAI yayasan kita dan buah hati. ✅

2⃣ Assalamu'alaikum,
1. Bagaimana cara memberikan edukasi seks pada anak, karena antara sains dan seks itu berdekatan?
2. Bagaimana otak kanan dan otak kirinya bekerja?
Wassalam

°Liza, Aceh°

✍๐Ÿป Waalaykumsalam,
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa komunikasi kepada anak disampaikan sesuai dengan usia anak. Jika anak masih balita sampaikanlah dengan cara-cara yang menyenangkan seperti menari dan menyanyi. Jika sudah baligh maka sampaikanlah seusia dengan apa yang ditanyakannya.

Yang harus dipahami oleh orangtua adalah bahwa tidak semua pertanyaan seks itu tentang hubungan suami istri. Mengajarkan anak tentang auratnya termasuk dalam pendidikan seks.

Mohon maaf sebelumnya, saya bukan lulusan psikologi. Jadi saya tidak terlalu paham tentang otak kanan dan otak kiri. Namun yang saya pahami adalah otak belakang tempatnya menyimpan berbagai peristiwa. Baik peristiwa buruk maupun peristiwa bahagia. Otak belakang juga yang menyimpan peristiwa yang pernah dilihat seorang anak ketika ia bayi atau ketika anak belum bisa bicara. Maka sebagai orangtua kita harus berhati-hati di sepan anak walau ia masih bayi. ✅

3⃣ Assalamu'alaikum..
Bunda Suci.. Beberapa hari lalu saya di kejutkan dengan cerita ananda (7.5 y) yang d cium pipinya sama teman sekelasnya.. SD negeri kelas I.
Tindakan apa yg harus kami ambil sebagai ortu terhadap anak kami dan anak laki laki tersebut bunda?
Di sekolah alhamdulilllah sudah di selesaikan dengan di panggil ortu anak laki-laki tersebut.

°NN, Kelas Khadijah, Aceh°

✍๐Ÿป Waalaykumsalam,
Saya turut prihatin dengan apa yang dialami anak ibu. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Maka mulai saat ini ibu harus mengajarkan anak ibu tentang siapa saja yang boleh menyentuhnya. Karena itu ajarkan anak tentang aurat sedini mungkin.

Tentang anak lelaki yang “melecehkan” anak ibu, maka orangtuanya harus diberitahu bahwa apa yang dilakukannya adalah salah. Dan jangan sampai menjadi suatu kebiasaan. Jika kejadian ini terjadi saat anak sudah besar, maka bisa saja anak tersebut diadukan ke pihak berwajib karena melakukan tindak pelecehan.

Kemudian beritahu anak, bahwa apa yang dilakukan oleh anak lelaki itu adalah salah dan tidak boleh diulangi. ✅

4⃣ Assalamu'alaikum bunda suci....
salam kenal saya faza domisili riau....
Apakah ada efek nya bun untuk anak kecil usia 4-6 tahun saat melihat aurot lawan jenis nya?
Semisal sepupu yg di mandikan bereng oleh ibu nya... atau anak TK yg berenang bersama...?

✍๐Ÿป Waalaykumsalam,
Seperti telah saya jawab sebelumnya, bahwa semua peristiwa akan tersimpan dalam otak belakang. Dan ketika anak besar, ingatan itu akan keluar satu persatu. Maka jika seorang anak telah melihat aurat lawan jenis sejak kecil, itu akan masuk ke dalam ingatannya dan tersimpan dengan baik dalam otak kanannya.
Maka sebagai orangtua yangharus dilakukan adalah “membersihkan” dan meluruskan pikiran anak. Misal, berikan pengertian kepada anak bahwa seperti itulah perbedaan tubuh antara lelaki dan perempuan. ✅

✋๐Ÿป nah kalau misalnya anak mendengar kata vagina umpanya tu tentu pasti akan terangsang. apakah karena reaksi mana itu yg akan dimunculkan pastinya ya bunda suci..
✅ tentunya dalam menyebut bagian tubuh yang sensitif harus dengan adab. tidak langsung menyebut (mohon maaf) vagina. bisa disebut alat kelamin. kemudian apakah anak terangsang ? anak umur berapa yang bisa terangsang mendengar alat kelamin? dan mengapa sampai bisa terangsang? itu harus dipertanyakan ๐Ÿ˜Š✅

5⃣ Assalamu'alaikum Bunda suci..
Ada pernah kasus, seorang anak kecil lihai melakukan hubungan sex dengan sesama anak kecil. Ketika di selidiki ternyata diam2 dia pernah melihat ortunya yg berhubungan intim dan ternyata berpengaruh padahal si anak masih kecil. Sejak Umur brp sebenarnya anak kecil tdk boleh lg melihat orgtuanya bahkan melihat adegan2 romantis seperti itu? Dan sejak kapan anak harus pisah bobok sama orgtuanya?

°Hijri, Kelas Khadijah, Aceh°

✍๐Ÿป Waalaykumsalam,
Ya, ini seperti yang telah saya jawab di atas. Semua peristiwa yang dilihat seorang anak akan tersimpan rapih di dalam otak belakang. Maka ketika orangtua tidak “membersihkan” dan meluruskan pikiran anak atas apa yang telah ia lihat, maka ketika ia besar ia akan melakukan hal-hal yang pernah ia lihat ketika bayi.

Sejak usia 0 tahun, seorang anak tidak boleh melihat orangtuanya berhubungan badan. Jika merujuk dalam hukum Islam, ketika orangtua melakukan hubungan badan wajib ditutup selimut walaupun tidak ada orang.

Jadi sebagai orangtua kita harus meluruskan pikiran bahwa bayi tidak bisa apa-apa, bayi tidak bisa melihat apa-apa, bayi belum bisa mendengar secara baik dll.

Semoga sebagai orangtua kita semua selalu berhati-hati dalam bertindak

Wallahualambishawab


✋๐Ÿผ Semoga bisa jaga anak2 kita dari segala tontonan. Kasus itu terjadi karena si anak suka nonton iklan romantis dan film india๐Ÿ˜…
✅ hehe... sebaiknya anak2 sedini mungkin dijauhkan dari tontonan yang tidak menuntun ke Islam. 85% film2 hollywood itu mempunyai misi : seks bebas & lgbt. jadi lebih baik donlod film2 Islami dari youtube kemudian ajak anak2 menonton film Islam. agar tumbuh kecintaan terhadap agama. bukan pada makhluk.

6⃣ Assalamu'alaikum bu suci.
Bu, saya sangat khawatir kasus fedofilia tsb, alhamdulillah dilingkungan saya masih aman, tapi saya bawaanya waspada selalu, kalau anak lagi main diluar, saya jagain sampai selesai, ga ninggalin anak dengan sepupu, semoga dijauhkan dari hal yang tidak diinginkan. Mohon pencerahannya bu, saya baiknya gimana? Parno trus.

°Rina, Kelas Khadijah, Banda Aceh°

✍๐Ÿป Waalaykumsalam,
Yah memang ketika kita mendengar berbagai informasi kejahatan pada anak, membuat khawatir. Tapi tetap harus rasional. Semua informasi ini jadikan sebagai masukan agar kita tetap waspada dan hati-hati dalam mendidik anak. Yang harus dilakukan orangtua adalah membuat anak mampu bertahan atau melawan ketika anak harus menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena sebagai orangtua tentunya kita tidak bisa selamanya mengawasi anak-anak kita. Maka ajarkanlah anak agar bisa memproteksi dirinya sendiri.
Wallahualalam bishawab ✅

✋๐Ÿผ Memproteksi diri sendiri gimana maksudnya bu?
✅ proteksi diri macam2, misalnya ajarkan anak jika ada orang yang mencurigakan segera lari. atau jika ada yang mencoba macam2, anak langsung berteriak. atau lebih bagus lagi anak diajarkan bela diri.

✋๐Ÿผ Apakah membiasakan anak memakai baju minimalis di rumah, misalnya hanya baju singlet dan CD aja merupakan bagian dari pembelajaran tentang seks pada anak? (Maksudnya untuk jangan membiasakannya)
✅ betul sekali. inilah yang dalam Islam dinamakan tarbiyah jinsiyah. salah satunya adalah mengenalkan bagian tubuh anak yang boleh dilihat dan tidak boleh dilihat. sebaiknya walau di dalam rumah anak tetap dibiasakan memakaai pakaian yang baik. karena adab munculnya dari kebiasaan.

7⃣ Assalamualaikum bu..
Bagaimana membuat anak bersedia bercerita apa saja tanpa saya tanya.  Anak saya laki2 kelas V SD. Saya pernah menemukan surat dari kakak kelasnya yg isinya menyatakan rasa kagumnya pada anak saya karena pintar dan selalu juara kelas. Pada saat saya cari tahu ke anak saya, saya bertanya  dengan sikap wajar dan tidak menyudutkan. Anak saya menjawab dengan sikap hati2. Meskipun sudah sy katakan saya gak akan marah.

°Novita, Medan°

✍๐Ÿป Waalaykumsalam,
lelaki sangat berbeda dengan perempuan. Dalam satu hari perempuan bisa mengeluarkan puluhan ribu kata. Sedangkan lelaki hanya ribuan. Maka tidak heran jika sebagian besar lelaki adalah pribadi yang cenderung pendiam atau bicara hanya jika diperlukan.

Agar anak senang curhat pada orangtua, maka sebaiknya orangtua pun menjadikan anak tempat curhatnya. Buatlah diri anak sebagai satu-satunya orang yang kita percaya. Maka anak pun akan mengadopsi sikap kita tersebut. Karena sebenarnya anak-anak adalah peniru yang ulung. Apapun tingkah orangtuanya akan ditiru.

Curhat kepada anak bisa dimulai dengan hal-hal yang ringan. Misalnya tentang suasana pasar yang hari ini sangat ramai, atau tentang lelahnya menghadapi kemacetan dll. Jika anak belum bereaksi, tidak masalah. Tapi anak akan merasa dia adalah tempat curhat orangtuanya, dan dia bisa dipercaya. Maka insyaAllah anak pun akan berbuat yang sama pada kita.
Wallahualambishawab ✅

8⃣ Assalamualaikum bu Suci,
Kapan sebaiknya mengajarkan pendidikan seks ke anak2. Adakah urutan dimulai dari mana dan pada usia berapa saja?
Saya ibu dari 4 putri, 9y,7y,2y dan 5d. Pendidikan seks seperti apa yang harus saya ajarkan ke anak2 saya. Terutama anak saya pertama dan kedua. Jazakillah khairan

°Umi, Kelas Intensif 2/Khadijah, Kalimantan Barat°

✍๐Ÿป Waalaykumsalam,
Ini jawabannya hampir sama dengan yang sebelum2nya. Bahwa yang harus diluruskan adalah, pendidikan seks tidak melulu tentang hubungan suami istri. Namun pendidikan seks adalah pengetahuan tentang aurat, siapa mahramnya, siapa yang boleh menyentuhnya dll.

Kemudian sejak usia berapa anak harus diajarkan pendidikan seks ? karena seks disini adalah bukan terbatas hubungan suami istri, maka ajarkan anaklah sedini mungkin. Seperti yang saya tulis sebelumnya. Termasuk ketika orangtua melakukan hubungan badan, tidak boleh dilihat oleh anak walaupun masih bayi. Dalam Islam diajarkan bahwa siapaun yang akan masuk ke dalam kamar wajib mengetuk pintu.

“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah shalat Isya'. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”
(QS An-Nur [24]: 58)


9⃣ Assalamu'alaykum
Bagaimana batasan batasan dalam boleh atau tidaknya bermain HP dan nonton TV? Dan apakah tidak membolehkan nonton TV yang ada iklannya akan berpengaruh terhadap keingintahuan anak di luar rumah?

°Dhyna, Solo°

✍๐Ÿป Waalaykumsalam,
Hasil penelitian di Amerika mengungkapkan bahwa anak-anak dibolehkan memakai HP saat usia 12 tahun. Mengapa ? Karena usia 12 tahun seorang anak sudah bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar. Atau mana yang dibolehkan dan mana yang dilarang. Dalam Islam ini disebut dengan usia tamyiz.

Menonton TV ada baik buruknya. Salah satu buruknya adalah ketika iklan yang menampilkan aurat wanita. Maka sebaiknya saat menonton tv sebaiknya anak dalam pendampingan orangtua. Artinya orangtua benar-benar mendampingi. Bukan hanya menemani sambil ortunya sibuk main HP. Dampingi anak ketika menonton dan jelaskan ketika ada hal-hal yang tidak layak untuk dicontoh.

wallahualambishawab ✅

๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ

๐ŸŽ™ Jazaakumullah Khairan Bunda Suci atas ilmu dan waktunya.. dan para member Semua nya..
Terimakasih banyak atas waktunya..

Semoga ilmu yang di dapat bisa di aplikasikan..

Saya selaku Moderator Mohon maaf apabila selama memandu kulwap ada ketidak nyamanan dan kesalahan.. kepada Allah saya memohon Ampun..

‎ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒู…
๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

๐ŸŽค waiyyakum... mohon maaf lahir batin ya....
wassalammualaykum warrahmatullahi wabarakatuh ๐Ÿ’–๐Ÿ’–

๐ŸŽ™ Saya akhiri dengan sama sama kita bacakan doa kafaratul majelis

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilahailla anta astagfiruka wa’atubu ilaik

(Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)

KoBar Komunitas Ibu Belajar
Bersama Berilmu Meraih Jannah

FP KOBAR KOMUNITAS IBU BELAJAR
IG @kobar212

0 comments:

Posting Komentar