30/12/17

Kulwap Parenting KOBAR ke 24

🌸🌼🌸🌼🌸🌼🌸🌼🌸🌼🌸

_Bismillahirrahmanirrahim_

🌹 *Resume Kulwap Parenting KOBAR ke 24* 🌹
{ _Komunitas Ibu Belajar_ }

πŸ“… Minggu, 24 Desember 2017
⏰ 19.30 WIB - Selesai

Tema: *Mengenal HomeSchooling Lebih Dalam*

Nara Sumber: *Mierza Miranti (Ceu Mir)*
_Praktisi HomeSchooling_

Profil Nara Sumber:
πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“

Mierza Miranti atau *Ceu Mir* adalah seorang ibu dari tiga anak yang memilih jalur Pendidikan Berbasis Keluarga (PBK/ homeschooling).

Saat ini, Ceu Mir   mengelola akademi  anak Muslim bernama AHA! (Aqeela Home Academy) yang mengintegrasikan Islam dalam setiap pembelajaran, berdasarkan apa yg sudah diterapkan di Aisha Homeschool (rumah beliau). Selain itu, Ceu Mir juga aktif:
πŸ’“ Mengelola http://klastulistiwa.com
πŸ’“ Copywriter di beberapa media online
πŸ’“ Memberikan pelatihan di beberapa lembaga pendidikan
πŸ’“ Memproduksi AHA! media belajar Islam bersama suami
πŸ’“ Dan berjualan sarana pendidikan secara online.

Sebelum ini, Ceu Mir mengajar dan menjadi bagian manajeman sekolah selama 13 tahun, setelah lulus sastra Inggris S1 dan manajemen S2.

Bukan lulus dari fakultas pendidikan? Bukan.

Masalah pedagogi dan pendidikan Ceu Mir pelajari di luar lembaga formal seperti pelatihan Tarbiyatul Aulad, Cambridge ESOL Certification, training Montessori, dan semua pelatihan 'pendidik' yang juga bisa diikuti orang tua.

Berdasarkan pengalaman ini, beliau dan suami yakin bahwa semua orang tua mampu mengambil jalur homeschooling - bukan hanya guru.

πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“

πŸŽ™ Moderator: *Stevi Deflores*
✍🏻 Co Moderator dan Notulen: *Hasfiani*

🌴🌳🌴🌳🌴🌳🌴🌳🌴🌳🌴

πŸ§•πŸ» Assalamu'alaikum ummi mierza

Bagaimana kabarnya umi dan keluarga malam ini...

Semoga ummi dalam keadaan dan keluarga dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah... aamiin

Ahlan wa sahlan umm πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

Alhamdulillah..
Jazakillah khayr bu atas kesediaannya mengisi kulwap... πŸ’žπŸ’žπŸ’ž

🎀 Wa'alaykumussalaam warahmatullahi wabarakatuh πŸ™πŸ»

Alhamdulillah. Allahumma aamiin. Panggil ceuMir atau bu Mirja aja ☺

Ahlan biik

Wa Jazzakillahu khairan katsira. Iya, saya suka panggilan ibu rumah tangga πŸ’“

Terima kasih bersedia menjalin ukhuwah

πŸ§•πŸ» Bismillahirrahmanirrahim

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah Wa asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

Selawat dan salam kepada Nabiyullah kita Muhammad Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω… , kepada keluarga nya, para sahabat san orang orang yang istiqamah menjalankan sunnah Rasulullah hingga Akhir zaman..

Sebelumnya, Izinkan kami memperkenalkan diri:
Cut Rafiqa Majid selaku pengelola Group KOBAR.
Berikut perkenalkan Para Admint KOBAR yang Capable di Bidangnya :

1. Welly Suardi
2. Hasfiani
3. Balqis Bararah
4. Ruvina Hakim
5. Cut Syarifah Aini
6. Yulia Andrea Nasution
7. Dilla Novianda

Dan Moderator yang bertugas pada malam ini adalah saya Stevi Deflores, sebelumnya Co.Mod telah menerima pertanyaan dari member yang nantinya setelah Kulwap selesai semua pertanyaan dan jawaban akan di Resume oleh Notulen kobar yaitu Bu Hasfiani.

Terimakasih kepada narasumber dan ibu ibu yang sudah berkenan hadir di sini untuk mengikuti Kuliah Whatsaap Parenting KoBar yang ke 24

Hiasan istana mantra pusaka
Dibaca khidmat pujangga negri

Dengan Bismillah acara dibuka
Semoga mendapat ridho Ilahi

Semoga Allah mudahkan kulwap kita malam ini bersama _ibu mierza miranti atau sapaan akrab beliau ceu mier_

Aamiin

🎀 Allahumma aamiinπŸ’“

πŸ“šπŸ“–πŸ“š *Materi* πŸ“šπŸ“–πŸ“š

*Mengenal Homeschooling Lebih Dalam*

Mierza Miranti

Homeschooling saat ini bukanlah lagi hal yang baru apalagi tabu. Banyak sumber belajar yang bisa kita ambil untuk mengetahui lebih banyak sebelum memulai mengambil jalur ini.


Inti dari homeschooling adalah kata HOME, bukan SCHOOLING. Sayangnya, di Indonesia sulit mencari padahan kata HOME yang membuat praktisi 'terpaksa' menyebut praktek yang dilakukan sebagai Sekolah Rumah. Kini, sebuah istilah muncul dan lebih 'ramah' untuk digunakan oleh keluarga pelaksana homeschooling karena lebih bisa mewakili apa yang kami lakukan. Istilah itu adalah: Pendidikan Berbasis Keluarga atau PBK.

Sebagai sebuah alternatif pendidikan, PBK memiliki keuntungan dan tantangan, seperti halnya jalur pendidikan lainnya. 'Seluk-beluk' ini terlalu banyak untuk bisa dijelaskan dalam satu sesi kulwap. Tapi inti Q&A sebagian besar ada dalam kategori berikut:

1: Ekspektasi Pendidikan Berbasis Keluarga

2: Gaya Belajar dan Metode Pengajaran

3: Cara Mulai Homeschooling

4: Pendekatan dan Metode-Metode Homeschooling

5. Sosialisasi dan Keterampilan Sosial HOmeschoolers

6: Memahami _Unschooling_ dan _Unit Studies_

7: Homeschooling Sesuai Anggaran

8: Memilih Kurikulum

9: Menyusun 'jadwal'

10: Membuat Portofolio

11: Mengorganisir homeschool anda

12: Homeschooling satu atau beberapa anak

13: Homeschooling untuk orang tua tunggal

14: Homeschooling untuk orang tua bekerja

15: Homeschooling Sesuai Jenjang (Dini, Dasar, Lanjutan)

16: Homeschooling untuk kebutuhan khusus

17: Homeschooling dan jenjang perguruan tinggi

Banyak bukan? ^^

Untuk menghemat waktu, silahkan buka tautan menuju tulisan saya mengenai perangkat awal yang sebaiknya diketahui sebelum mengambil keputusan homeschooling, terutama bagi keluarga muslim.

https://klastulistiwa.com/2017/07/14/cara-memulai-homeschooling-muslim/

Setelah membaca seluruhnya, silahkan lemparkan pertanyaan di luar itu ya. Terimakasih. ^__^

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

❓✅ *Sesi Tanya Jawab* ✅❓

*Pertanyaan ke* 1⃣

*Assalamu'alaykum. Bu mirza, sya Ummu Ayya, domisili di Madinah, dari KOBAR kelas Khadijah.*
*Pertanyaan;*
*Bu, putri sya saat ini umur 5th 7bln. Adeknya 3th 9bln. Kami tinggal di Saudi dalam rangka tugas belajar Pak Su. InsyaAllah sekitar 1,5 th lagi kami berencana pulang dan target study Pak Su lebih dipercepat dari waktu yang diberikan univ. Nah, pas pulang itu insyaAllah putri kami pas masuk SD.*
*Hanya saja, bu... sampai hari ini putri saya belum mau untuk belajar membacaπŸ˜‘. Sedangkan yang saya dapati info di Indonesia, masuk SD sekarang harus sudah bisa baca...🀦🏻♀*
*Dan juga, bu... putri kami ini beberapa kali kami masukkan ke sekolah, dia kata bosan. Masuk TK disini, hanya bertahan 1semester, itu pun selama 1semester selalu minta ditunggu. Kemudian sama2 saya ajak halaqah di masjid, dimana lingkaran halaqah usia dia sama lingkaran halaqah ibu2 ada dalam 1 area, hanya terpisah sekitar 3 meter. Itu pun putri saya selalu kabur dari halaqahnya dan nempel sama saya. Dia selalu bilang, "Mba Ayya ga mau sekolah, maunya belajar di rumah aja sesuka2nya Mba Ayya!"*
*Saya sampaikan ini sama Pak Su, enteng saja beliau jawab, "home schooling"*
*Tapi saya galau dengan nanti yang menjadi kebiasaan org2 di Indo, kalo anak2 harus pergi ke sekolah. Terutama dengan kehidupan di desa Pak Su, anak ga berangkat sekolah atw usia pasca SD nggak ke pesantren, berasa aib. Mohon solusi utk persiapan mental menghadapi "suara" dr orang2 yg kurang memahami home schooling.Serta bagaimana menciptakan suasana belajar yg baik dan benar di rumah? Apakah boleh qt atur sebagaimana sekolah2 resmi? Atw bs free tp komitmen dgn goal?*
*Jazaakillahu khaeran.*

✅ ```Wa'alaykumussalaam warahmatullah, mba Ayya. Mmm.. berikut yg saya tangkap ya.

1. Apa boleh atur seperti sekolah resmi? BOLEH

2. Boleh free tapi komitmen goal? BOLEH JUGA ^__^

1 dan 2 adalah pilihan, dengan konsekuensi masing2.

3.Menciptakan suasana belajar baik dan benar? Perlu dipahami bahwa menuntut ilmu (agama) adalah kewajiban bagi setiap muslim. Sbg ortu, sebaiknya kita tunjukkan juga bahwa kita pembelajar.

4. Tips menyiapkan mental? Minta sama pembolak balik hati. ^^ Tapi yg harus ditekankan itu ini: pastikan HS dipilih bukan karena pelarian. Masalah sebelum memulai HS selesaikan dulu, atau berjalan tapi niatkan HS sebagai iktiar merebut pahala yg langgeng setelah kita tiada. Sayang kan...

Koreksi niat ini juga akan menjadi kekuatan mental dalam menghadapi orang. Ga perlu dilawan, karena kita emang beda sendiri. Kalau saya paling senyum terus minta doa aja dari mereka. Minta kemudahan dari Allah untuk menjalani ini.

Wa Jazzakillahu khairan katsira```

✋🏼 _Tanggapan_
❓ Maksud dari menyelesaikan masalah sebelum memulai HS, apakah harus dicoba ke sekolah formal dulu, bu? Karena anaknya bilang bosan sekolah... padahal baru mulai TK...
✅ Masalah: 'bosan'

Ini ditelusuri dulu baiknya. Apa yg membuat bosan? Tidak harus mencoba sekolah formal dulu, tapi bosan ini harus dicari tahu akar masalahnya.

Salah satu life ski seorang anak adalah mengalahkan rasa bosan.

Eh sebentar.. TK ya?πŸ˜…

Semoga rasa bosan ini tidak berlanjut setelah usia 7/8 tahun. Karena 'persistence and endurance' (duh bisa tolong bahasa Indonesianya?) itu skill masa depan yg perlu dimiliki. Dan itu dimulai dari menaklukan rasa bosan
❓Baik, bu... Saya selesaikan masalah ini dulu. Boleh kapan2 saya wa ceu mir ya...
✅ Mangga silahkan

*Pertanyaan ke* 2⃣

*Assalamualaikum bu Mierza, sy ibu rahmatina dari kelas Khadijah..*  *Kondisi anak yang seperti apa karakternya bagus di sekolahkan dengan sistem home schooling dan apa saja persiapan untuk memulainya dan untuk usia anak sebaiknya dari umur berapa?  Syukran jazakillah bu Mierza 😘😘*

✅ ```Wa'alaykumussalaam warahmatullah bu Rahmatina.

Karakter anak apapun, selama ibunya siap. :)

Persiapan memulai ada di tautan tadi ya.

Usia homeschooling dari 7 tahun. Sebelumnya sebenarnya hanya disebut pengasuhan. Kecuali, jika anak meminta dan sudah siap.```

✋🏼 _Tanggapan_
❓ Terima kasih ibu mirza atas jawabannya.. Nah mengenai anak sy sudah coba saya bawa untuk berkenalan k le beberapa sekolah TK dan paud. Tapi seperti bosan.. Mungkin kondisi anak saya juga seperti kaka ayya.. Nah kesiapan dari saya untuk mempersiapkan anak untuk HS seperti apa bu mir? Mengingat masih ada waktu untuk saya mempersiapkan nya insya allah
✅ Siap cape, siap kerja sama dgn suami, siap bangun 1/3 malam, siap belajar, dan siap2 lainnya ☺
❓ Sepertinya ini PR sy untuk tau lebih lengkapnya ya bu mir😍😍
✅ PRnya saya juga sampai anak perempuan menikah, dan dipisahkan maut dgn anak laki2

*Pertanyaan ke* 3⃣

*Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh*
*Bu Mierza, perkenalkan saya Nabilah dari kobar Intensif 1, domisili Jember.*
*Izin mau mengajukan pertanyaan ttg homeschooling.*
*Insyaallah kami berencana meng HS kan putri sulung kami 2 tahun lagi saat lulus SD, hanya 3th di usia SMP saja, lalu SMA nya akan mondok insyaallah.*
*Pertanyaan saya, apa yg harus kami persiapkan dari sisi mental kami (ortu) sebagai pembimbing, juga anak sbg pelaksana?*
*Dan, apa ada trik khusus agar anak+ortu bs istiqomah melaksanakan jadwal, tdk "hangat2 tahi ayam"?*
*Terimakasih jazakumullah khairan katsira.*

✅ ```Wa'alaykumussalaam bu Nabillah. SMP ya. Banyak mjnta dan doa di waktu2 mustajab, banyak ngobrol dan rencanakan bersama anak karena itu usia 'berteman'. Jalani bersama anak, bukan top-down agar 'enak bareng2'.

Trik khusus? Doa dan semua yg saya sebutkan di atas. :)

Wa jazzakillahu khairan katsira```

✋🏼 _Tanggapan_
❓ Terimakasih bumirja dan bustev..
Ok masa berteman ya, termasuk merencanakan jadwal dan kegiatan ya? Boleh tambah lg tdk bu, apabila suatu saat ngadat (ngambek), apa blh dilakukan tindakan (baca: konsekuensi) sesuai kesepakatan awal, atau usia segitu msh tarik ulur?
✅ Konsekuensi itu sebaiknya sesuai perjanjian awal bu. Kalau saat itu diberikan disebut hukuman. :)

Berdiskusi bagi keluarga muslim,  tetap dengan arahan orang tua, bukan sebebas2nya. Tapi, bagi HSer, ada keleluasaan lebih untuk mendiskusikan kenapa itu 'perlu' atau 'harus'. Kenapa kegiatan ini baiknya nggak, knp yg itu 'boleh'.
❓ Alhamdulillah, terimakasih jazakumullah khairan katsira bustev dan bu mierza..
Ini PR bgt komunikasi baik dan menyenangkan dg anak (dan suami) ❤πŸ’

*Pertanyaan ke* 4⃣

*Assalamu alaikum ceu Mir. Saya Diyan, Kobar 1, Bekasi.*
*Saya mau ty saya punya anak perempuan usia 7th, saat ini sekolah di sekolah swasta umum. Anak saya baru 1. Jadi saat ini anak tunggal.*
*Pada saat masuk kls 1 sd berusia 6th. Saat ini yg saya rasakan anak saya masih sering kurang konsentrasi pda saat belajar di sekolah maupun di rumah.*
*Nilai2 akademis pun dalam batas biasa2 saja. Anak saya senangnya menggambar dan mewarnai.*
*Apakah anak saya bisa menjalani HS? dan apa yg harus saya siapkan utk HS sbgi seorang ibu?*
*Dan bagaimana pada saat SMP misalnya anak saya ingin sekolah umum? Apakah akan sulit dari Hs ke sampai umum?*
*Makasih. Wassalam*

✅ ```Wa'alaykumussalaam warahmatullah.

'Nilai' penerapan adab  itu jauuuuh lebih bernilai dari nilai pelajaran bu. Dengan adab, atau yg jaman now disebut EQ, ESQ, anak bisa mendapat lebih dari sekedar dunia.

Bisakah HS? Bisa banget Bu.

Yg dipersiapkan ada di tautan ya ^^

Bisa ke sekolah umum dgn jalur paket, sekolah payung, cambridge test. Sulit?

Tergantung pendampingan kita dalam mempersiapkan insyaAllah.

Oiya maaf... tentang konsentrasi

Setiap anak memiliki rentang waktu konsentrasi yg berbeda. Dengan HS, ini sangat bisa individualisasi. Plus, ortu harus jeli mencari tau gaya belajar anak, namun tidak menutup cara belajar yg lain.```

✋🏼 _Tanggapan_
❓ Bu mierza... maaf saya nih benar2 buta tentang HS. Apakah bila HS kita belajar di rmh sesuai dgn paket pelajaran yg di berikan oleh "penyedia Hs" atau boleh sesuai minat anak? Artinya kita dalamin potensial yg ada di dalam anak?
✅ Bisa. ☺

Sesuai minat anak, boleh, *ASALKAN* urutannya dibawah pendidikan
berdasarkan visi dan misi muslim.

Satu hal tentang HS adalah "ITU BUKAN SEKOLAH YG DIBAWA KE RUMAH"

Kalau di sekolah, anak2 memiliki durasi yg sama untuk setiaaap pelajaran, tapi durasi di HS bisa menyesuaikan dengan minatnya.

Di sekolah, ortu distop sampai gerbang pendaftaran, di rumah orru bisa bebas peluk2 ketika anak2 belajar hihi
❓ Baik terimakasih bu mir. Jazakillah khair. Penjelasannya alhamdulillah jelas😊
✅ Sami2πŸ™πŸ»wa Jazzakillahu khairan katsira

*Pertanyaan ke* 5⃣

*Assalamulaykum.. Yg ingin ana tanyakan..*
*Bisakah kita mengHome shchooling anak tanpa bantuan suami atau ayah dari anak? Bila iya.. Bagaimana caranya?*
*Hamba Allooh, kelas Khadijah, Bekasi.. Syukron jazakillaah khoir..*

✅ ```Bismillah.. Wa'alaykumussalaam warahmatullah.

Pertanyaannya, kenapa harus homeschooling? Jika ini sudah dijawab dan jawabannya memang homeschooling, maka jawabannya adalah insyaAllah bisa jika ibu bekerja dalam posisi yang bisa melibatkan anak. Atau, ketika ibu punya governess, atau 'pengganti' sosok ibu yg memiliki hubungan kerabat.

sebisa mungkin mahrom - namun ini pun opsi yg saya kuatirkan. Karena ibu harus yakin yang 'pengganti' memiliki adab, akhlak, dan ilmu yg diperlukan πŸ™πŸ»

Karena jika menitipkan, afwan, saya tidak bisa menjawab lebih lanjut. πŸ™πŸ» karena inti dari homeschooling adalah membersamai. Merebut pahala tanpa mencederai proses belajar atau mengambil hak2 pendidikan anak.```

*Pertanyaan ke* 6⃣

*Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ceu mier yg dirahmati Allah..* *Bagaimana cara membuat jadwal dirumah untuk anak usia  6-8thn dan sama kah dgn kurikulum sekolah formal, nilai apa saja yg lebih utama untuk dipelajari untuk anak HS? Syukran wa jazaakillahu khayran katsiran*

•Lia, Khadijah, Banda Aceh•

✅ ```Wa'alaykumussalaam warahmatullah bu Lia di kelas Khadijah.

Jadwal bagi keluarga muslim terpusat pada pelaksanaan ibadah dan Sunnah dalam keseharian. Maka sisanya tergantung 'MISI' dari keluarga (untuk VISI smg sudah jelas ya. Yang bisa ditambahkan adalah MISI).

Jadi, jadwal wajib dan utama adalah shalat wajib, luangkan untuk itu.

Untuk usia 6-8 bisa diberi perhatian dalam berlatih shalat yg benar.
Kemudian sunnah2 harian seperti dzikir pagi dan petang. Lalu jadwal2 yg berkenaan dgn Al Qur'an dan belajar ilmu agama. Setelahnya, bisa diskusikan bersama. Ajak anak membuat rencana sebagai pembelajaran agar bisa bertanggung jawab dalam mengemban amanah, bukan sekedar menggugurkan kewajiban.

Kelebihan HS adalah bisa otak atik kurikulum. Saya memilih mengajarkan ilmu diin dulu di awal2 pendidikan dasar. Mengokohkan aqidah, adab, akhlak, fiqh, dan ilmu2 alat dalam mempelajari kitab2 ulama yg shahih.. baru setelahnya kurikulum sekolah```

✋🏼 _Tanggapan_
❓ Teteh afwan jiddan tautan ga bisa dibuka dari hp saya yg abal2.. πŸ˜”
Alhamdulillah.. Sudah jelas teh.. Syukran wa jazaakillahu khayran katsiran teteh πŸ€—
✅ Ooo Subhanallah... afwan πŸ™πŸ»
Wa jazzakillahu khairan katsira. Pr buat saya berarti untuk transfer isi ke page http://fb.me/klastulistiwa agar lebih bermanfaat

*Pertanyaan ke* 7⃣

*Assalamu'alaikum bu*
*1. Anak saya insyaAlloh tahun depan SMP rencana kami mau melanjutkan Tahfiz putri kami d rumah. Pinginnya saya sendiri yg memantau dan beberapa hari sekali ketemu ustazah untuk setorannya. Kira2 apa yg harus saya persiapkan unt semua ini?*
*2. Untuk pelajaran bahasa arabnya saya berharap suami sendiri yg ngajar akan tetapi suami waktu luangnya Ndak tentu, bolehkah jadwalnya saya bikin sebisanya suami, akan tetapi ada target setiap minggunya yg harus di capai. Jazakillahu khoir*
•Yuyun, kelas Maryam•

✅ ```Wa'alaykumussalaam warahmatullah.

1. Menyiapkan untuk tahfiz berarti mengatur waktu karena ada hafalan yg harus ditambah dan dijaga dengan baik. Jangan lupa untuk terus bersamai sang anak menaklukan hormonnya dan kerjasama dengan pasangan. Bangun tim pembelajar :)
2. Diskusikan dengan suami dan jika bisa atur latihan2 yg bisa dilakukan secara harian. Ibu bisa memantau di rumah. Manfaatkan gadget untuk merekam dan mengirimkan kepada suami sbg guru jarak jauh.

Wa Jazzakillahu khairan katsira

Tambahan:bisa disesuaikan dengan jadwal suami```

*Pertanyaan ke* 8⃣

*Assalamualaikum wr wb, ahlan wa sahlan ummu mierza, perkenalkan saya stevi de flores dr kelas Khadijah yang sedang merindukan buah hati* 😊😊
*Saya dan suami, sangat tertarik dengan homeschooling, awal ketertarikan saya sama seperti tulisan ummi, dalam benak bertanya tanya kenapa banyak orang tua yg beralih ke 'home'. ada apa dengan cinta? #eh #homeding*
*saya mau tanya um, saya ingin anak saya kelak menjadi hujan untuk menyuburkan tanaman, tak hanya sampai menjadi cacing pengembur tanah agar tanaman diatasnya subur? (menjadi pemimpin yg dengan penanya, bisa membuat kebijakan kebijakan yang sesuai Alquran dan sunnah, atau menjadi dokter, dengan kepandaiannya bisa membantu, menolong semua org , menjadi hakim yang membuat keputusan sesuai syariat islam dan jabatan duniawi lainnya yang bermanfaat bagi umat)...*
*Pertanyaannya, apa dengan home schooling itu bisa dicapai um, bagaimana caranya um? Dan misalnya untuk masuk dokter, banyak tes yg harus dilalui, misal matematika dasar atau pelajaran bersifat duniawi lainnya dan saya atau paksu tdk bisa apa boleh mendtgkan guru dari luar? (saya tidak paham matematika soalnya um, heheh )*
*Jazakillah khair buat pencerahannya umm* 😊😊😊

*mohon maaf lahir batin um πŸ™πŸ™*

✅ ```Hehe ada apa dengan kita.

Wa'alaykumussalaam warahmatullah bu Stevi. InsyaAllah bisa asalkan Ibu siap dengan strategi dan materi2 yg perlu dipelajari plus yang terpenting dibersamai

Guru? Sangat bisa. Ulama2 terdahulu bukankah sudah menjalani 'homeschooling' dengan guru? Lagi kelebihan HS adalah ortu bisa memilih guru sendiri, mengawasi, dan mengevaluasi.```

▶ jazakillah khyr bu, saya paham... waktu berselancar ditulisan tulisan bu mir ...
mohon doanya ya bu, πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
✅ MaasyaaAllah.. sama2 berdoa aja Bu. ^^ wa Jazzakillahu khairan katsira

*Pertanyaan ke* 9⃣

*Assalamu'alaikum bu Mierza.. saya mau tanya, apa sajakah yg perlu diperhatikan dalam membuat portofolio anak? Apakah ada rekomendasi buku atau kursus untuk membuat portfolio anak?Jazakillah khair..*
•Ratier, Kelas Aisyah, Jakarta•

✅ ```Wa'alaykumussalaam warahmatullah.

Untuk usia berapakah?

Jika usia pendidikan dasar, maka yg dipersiapkan adalah:

1. Catatan pembelajaran harian
2. Catatan resume buku2 yang dibaca dan kajian
3. Bukti2 pembelajaran, bisa dalam bentuk project, foto, video dan diberi deskripsi.

Saya tidak punya rekomendasi pelatihan  maupun buku πŸ™πŸ» mohon maaf ya Bu

Wa Jazzakillahu khairan katsira```

✋🏼 _Tanggapan_
❓ Usia 6 tahun dan 4 tahun bu
✅ Oiya maap.. mulai siwer matanya hehe. Berarti sesuai jawaban saya ya.. untuk usia pendidikan dasar πŸ™πŸ»
❓ Iya bu, insya Allah sudah sesuai jawaban tadi.. jazakillah khair ilmunya bu mir 😊 insya Allah cukup bu stef 😊
✅ Wa Jazzakillahu khairan katsira bu

*Pertanyaan ke* πŸ”Ÿ

*Asslamu'alaikum nama saya faza dari kobar kelas aisyah domisili riau...*
*Salam kenal bunda ... Pertanyaan saya apa bedanya les prifat dirumah sama homescholing?*
*Jazakillah khairan*

✅ ```Wa'alaykumussalaam warahmatullah.

Les privat bisa jadi bagian dari homeschooling, sebuah solusi jika orang tua tidak memiliki kapabilitas secara keilmuan. Tapiii... tidak sebaliknya ^^

Les privat itu terpisah, hanya bagian kecil dari pengasuhan menyeluruh yg terjadi dalam homeschooling.

Keluarga yg memutuskan HS, menjadi manager yg mengevaluasi sampai mengevakuasi kelayakan sebuah program 'privat'```

*Pertanyaan ke* 1⃣1⃣

*Bismillah.. Perkenalkan sy ummu khaulah dr kls khadijah..*
*Ceu mir.. bagaimana ya caranya biar anak ttp enjoy belajar dirumah meskipun muridnya cm 2 (kakak & adik) anak sy usia 6th skrg TK B klo kami tawarkan SD nya HS aja dia pinginnya sekolah yg banyak temennya, sempat HS setahun (usia TK A) tp karena dia sering liat anak2 tetangga sekolah dia jd ogah2n belajar dirumah.. mau nya sekolah pake seragam dan banyak temennya katanya.. akhirnya tahun ini kami masukkan ke TK dan sepertinya dia sangat senang sekolah bareng temen2nya, pdhal saya dan suami berharap anak2 kami HS sj.. Baarokaallahu fiik ceu mir..*

✅ ```MaasyaaAllah.

Mmm... saya kuatir harus kembali ke pertanyaan 'Kenapa harus HS' Bu. Karena dalam HS, anak bukan objek, melainkan subjek. Dalam Islam memang benar orang tua akan dimintai pertanggung jawaban akan pilihan2 anaknya dan konsekuensi2nya, tapi jangan lupa bahwa anak2 juga perlu dilibatkan dalam proses inj. Jangan sampai niat orang tua ini mentah lagi dan proses tarbiyah dan ta'dib, proses pendidikan, jadi cedera. HS yg seharusnya menumbuhkan minat belajar malah menumpulkannya.

Mengenai harapan... jangan lupa bahwa Allah mengabulkan doa, apalagi dari orang tua. ^^

Jadi diskusikan ulang dulu, kenapa harus HS?```

▶ Syukron pencerahannya bu.. in sya Alloh ana diskusikan lg dg suami.. masih hrs banyak2 belajar menjadi ibu yg baik buat anak2..
Jazaakillah khoiro πŸ’πŸ’πŸ’
✅ Wa Jazzakillahu khairan katsira πŸ™πŸ»

🌳🌴🌳🌴🌳🌴🌳🌴🌳🌴🌳

πŸ§•πŸ» Mang kamal jeng mang kodir
Duanana ngome lalai
Dari awal hingga ahir
Alhamdulilah pertanyaan selesai

Alhamdulillah bu mir sudah selesai pertanyaan bu, semoga menjadi pemberat amal ibu kelak dan menjadi amal jariyah ...  aaminn

buibu apakah saya dan buibu kobar boleh japri ibu kapan kapan bu πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’ž

🎀  Alhamdulillah. Maasya Allah.. Allahumma aamiin.

InsyaAllah Bu

Silahkan Bu.
Semoga bermanfaat. πŸ™πŸ»

πŸ§•πŸ» Terimakasih banyak kami ucapkan kepada Narasumber; untuk para ibu , dan calon ibu baik yang bertanya dan menyimak serta menanggapi, semoga tercerahkan , semoga setiap ilmu yang kita dapat bisa kita amalkan dengan sebaik baik nya ..

Semoga Allah menjadikan kita orangtua yang mampu menjaga dan mendidik amanah dari Allah Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ω‡ و ΨͺΨΉΨ§Ω„Ω‰ .

Saya selaku moderator undur diri, mohon maaf jika ada kekurangan .. sesungguh nya Hanya Allah yang maha Benar.

Saya tutup dengan sama sama kita bacakan doa kaffaratul majelis.

_Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilahailla anta astagfiruka wa’atubu ilaik_

_(Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)_

Jazaakunallahu khairan katsiran.

Wassalam

_Menjaring ikan ke Pulau Nipah_
_Angin bertiup merata bumi_
_Seiring ucapan Al-hamdu-lillah_
_Acara ini ditutup secara resmi_

πŸ’πŸ’“πŸ’πŸ’“πŸ’πŸ’“πŸ’πŸ’“πŸ’πŸ’“πŸ’

*Komunitas Ibu Belajar*
```Bersama Berilmu Meraih Jannah```

FP: *Kobar Komunitas Ibu Belajar*
IG: *@kobar212* *@cutfiqa.majid*

0 comments:

Posting Komentar