30/12/17

Kulwap Parenting KOBAR ke 23

Bismillahirrahmanirrahim

πŸŽ€ *Resume Kulwap Parenting KOBAR ke 23* πŸŽ€
{ _Komunitas Ibu Belajar_ }

πŸ“… Kamis, 23 November 2017
⏰ 20.00 WIB - Selesai

Tema: *Suami, antara Taat dan Ujian*

Nara Sumber: *Bunda Kaska*

Profil Nara Sumber:

Nama panggilan : Bunda Kaska
Nama asli : Inten Katresna
Tahun lahir : 1981 di Bandung

Pendidikan terakhir :
S1 Teknik Arsitektur ITB (angkatan 99)

Aktivitas sehari-hari :

Mendidik 6 anak -- usia 10th, 9th,  7th, yg keempat meninggal dunia saat usia belum 3th,  2th --
Sambil senang berbagi hal-hal keseharian tentang peranan ibu, istri, dan umat (yg sesuai syariat Islam) di sosmed.
Status-status tsb sudah dibukukan dalam buku yang berjudul 'a gift' chapter 1 dan 2.

Muamalah :
Founder & designer brand Mamanda (baju muslim anak) Shahin jaya bandung-biro umrah dan haji plus

Sekarang tinggal di Cimahi.

Akun sosmed :
Fb : bunda kaska
Fb page : bunda kaska & friends
Ig : bundakaska

Moderator : *Welly Suardi*
Co-Moderator : *Cut Syarifah Aini Majid*
Notulen : *Hasfiani*

πŸ₯€πŸ‚πŸƒπŸ₯€πŸ‚πŸƒπŸ₯€πŸ‚πŸƒπŸ₯€πŸ‚

πŸŽ™ *Moderator*

Bismillah...
Semoga Allah mudahkan kulwap kita malam ini bersama _bunda kaska_
Aamiin...

Assalamu'alaikum bunda kaska & ibu ibu kobar yg d rahmati Allah..

Bagaimana kabarnya malam ini? Semoga ananda Althaf sehat ya bun

🎀 *Bunda Kaska*

Wa'alaikumussalam ☺ insyaallah moga lancar ya.. memang hari ini aga rewel, tapi bisa disambil aja gpp ☺☺
☺☺ insyaallah ❤❤❤

πŸŽ™ *Moderator*

Alhamdulillah
Bunda kaska sudah bisa memulai kulwap malam ini
Saya buka majelis terlebih dahulu

Bismillahirrahmanirrahim

_Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah Wa asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh._

_Selawat dan salam kepada Nabiyullah kita Muhammad Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω… , kepada keluarga nya, para sahabat dan orang orang yang istiqamah menjalankan sunnah Rasulullah hingga Akhir zaman.._

πŸ—’πŸ—’ *Materi* πŸ—’πŸ—’

Tulisan 6 Oktober 2015
• bunda kaska •

Bismillaah

Tentang suami

Tidak ada yg bisa menjamin suami kita akan terus setia pada kita.
Mau dibuntutin.
Mau tiap saat dicek hpnya.
Mau didatengin ke kantor atau kemanapun.
Segala cara dilakukan spy bisa memantau suami tetap tidak bisa.

Suami bukan milik kita.

Yg bisa kita lakukan hanyalah menjaga diri kita.
Jaga diri kita spy berbakti sebaik2nya.
Jaga diri kita spy senantiasa taat pd Allah.
Maka Allahlah sebaik2 penjaga.

Untuk suami,
Kita semangati supaya selalu taat pd Allah.
Dan hanya bisa doakan spy Allah senantiasa menyayanginya.
Tanda Allah sayang maka Allah akan mudahkan suami kita taat pd Allah.

Allah yg akan menjaga mata, hati, lisan, dan perbuatan suami kita.

Kita tidak bisa mengontrol apa saja yg suami kita pandang.
Apa saja yg suami kita rasakan.
Apa saja yg suami perbuat.
Tapi kita bisa mempercayakan smua itu pd Allah.

Setiap suami akan berangkat kemanapun.
Ucapkan doa dlm hati.
Kecup keningnya.
Elus dadanya.
Seolah kita berkata :
Saya titipkan smua ini pd Allah.
Jagalah suami hamba dimanapun beliau berada.
Sungguh saya mencintainya krn Mu.

Juga doa2 di waktu lain yg mustajab.

Jikapun suami trnyata melakukan hal2 yg dibenci Allah.
Sungguh Allah lebih tau yg terbaik bagi setiap hambaNya.
Mungkin saat itu Allah jadikan suami kita sbg ujian.
Dan ingat lagi kisah Asiyah istri Firaun, bahwa masuk surga tidak harus bersyarat punya suami soleh.

Begitu pula sebaliknya, jika kita Allah karuniai suami baik dan soleh. Ujian untuk bersyukur lebih besar lagi.
Artinya harus makin taat pd Allah.
Jika istri tidak taat, ingat Nabi Luth dan Nabi Nuh alaihissalam tetap masuk surga meskipun istrinya tidak.

Really note for my self.
Berbakti masi kurang.
Katanya bersyukur tapi tak nampak dlm amalan.
😒😒😒

Barakallaahu fiikum
❤ bunda kaska

πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

Bismillaah

Bun,  apa boleh kita nyuruh-nyuruh suami kan kita lg repot jd bagi-bagi kerjaan...

Mh...suami itu kan dlm Islam ditinggikan derajatnya sama Allah langsung ya.
Jadi kalo ibarat raja itu ga mgkn kita ngomong tanpa adab seberat apapun keluhan kebutuhan dan keadaan kita pasti harus ada adab adabnya.

Mmg suami ikut bertanggung jawab membantu kerepotan kita sehari hari krn dlm Islam itu tugas suami.
Tapi kalo suami meminta bantuan dan mendelegasikan pada istri maka istri dpt pahala. Dan pahalanya ini ga main main setara dengan jihad.

Kalo mau minta tlg sama suami,  pastikan bukan nada kesel. Semacam :
"Tolong dong kerjain X kan ini bunda lg repot"
Atau misal saat suami minta tolong dilayani, kita marah dengan bilang :
"Ga liat apa ini bunda lg repot bgt itu kan kaya gitu bisa dikerjain sendiri"

Kebayang ga hati suami diperlakukan kaya gitu.

Mmg dulu awal awal nikah saya juga ga adab ke suami krn mikirnya kerjaan susah senang tanggung bersama dan kenapa ngga boleh sih kita ngomong langsung kaya gitu.
Tp ternyata rumah tangga kaya gitu jauuuuh dari keberkahan dan rahmat Allah.
(semoga Allah ampuni)

Setelah belajar menerima keadaan dan menurunkan ego ada bbrp adab yg ternyata saat diterapkan justru berakibat positif dlm rumah tangga kita.

Pertama :

Jgn terlalu berharap pada manusia krn akan kecewa. Suami itu manusia.
Biasanya makin berharap dan makin diuji ya pasti makin kecewa dan sakit hati.
Itu kuncinya.
Amalanmu amalanmu,  amalanku amalanku.
Kalo kita ikhlas,  jalani smua sebaik-baiknya,  ga usah mikirin org lain ko ga bantu...ko ga paham dll..malah cape hati, maka Allah akan beri kemudahan pada kerjaan kerjaan kita.
Dan Allah itu sebaik baik pemberi balasan sekecil apapun pekerjaan itu ga ada yg luput di hadapan Allah.

Kedua :

Ganti cara bicara. Manis dan lembut.  Ga ada nada kesel.
"Boleh minta tolong ga yah... :) "
"Yah bisa bantu bunda ga....hehe..." (Senyum senyum)
Atau saat kita diminta bantuan dan belum bisa bilang : "oh iya yah bentar yaa ini lagi beresin ini nanggung bgt insyaallah bentar lagi ko.. :) " (krn mmg bener bener ga bisa ditinggal)
Saat itu bisa jadi suami dgn ikhlas mengerjakan yg dia tadinya mau nyuruh krn liat kita lg repot.
Dan dgn cara bicara yg bikin hati suami enak,  biasanya lama lama suami malah Allah gerakkan untuk lebih paham keadaan rmh tangga juga.

Ketiga :

Ini yg paling enak kalo musyawarah rumah udah hidup.
Jd misal apa aja yg harus dikerjain,  nanti petugasnya siapa,  dengan ikhlas smua ambil bagian jd pada pelaksanaannya udah ga ada mangkel mangkel dan malah kerasa smua kerjaan hari itu berkah dan enak beresnya.

Mgkn itu aja buat bbrp ibu yg nanya kurleb jawabannya gitu.

Kalo untuk suami, saat hati mrk senang dan ridha, maka ridha Allah tercurah buat kita.
Kalo Allah udah ridha ya enak aja kan hidup kita selamat dunia akhirat insyaallah.

Bisa jadi macetnya rezeki kita,  hub kita yg gersang dgn suami, rumah tangga yg jauh dari sakinah,  akibat dari dosa dosa kita yg tanpa terasa ke suami.

Kurang menghargai suami.
Kurang mengingat-ingat kebaikan suami.
Kurang bersyukur dengan keadaan suami.
Kurang rasa hormat pada suami.

Jangan banding-bandingkan suami dlm bab APAPUN dengan SIAPAPUN.
Kasian diri kita sendiri nanti.
Toh Allah itu kasi jodoh udah ada kadarnya.  Pasti yg terbaik.
sesuai kelayakan kita juga.
Dan banyak introspeksi aja pasti diri kita sndiri juga banyak kekurangan.
Kalo kita makin semangat perbaiki diri, jgn putus asa terus doakan suami,  ga mikirin keadaan yg lain alias bersyukur dengan yg ada,  akan dapat itu yg namanya KEBAHAGIAAN.

Kalo bukan kita sbg istrinya yg memujanya, menghormatinya,   yg bikin adem hatinya,  yg paling ngefans sama suami,  mau siapa? 
Nanti saat (na'udzubillah)  ada yg memperlakukan suami kita dengan lebih hormat dan manis kita malah mencak mencak.

Iya saya masi terus belajar juga,  hidup di dunia cuma sebentar aja,  kalo cuma dapet capenya buat apa.....rugi :)

21 okt 2016
Barakallaahu fiik
Bunda kaska

⁉ *Sesi Tanya Jawab* ⁉

Pertanyaan 1⃣

*Assalamu'alaikum*
*Bu, apa saja indikator istri taat? Dan ketika istri tidak taat diperbolehkan pisah ranjang, selama berapa bulan, dan sebab apa saja?*

• Hijri, Khadijah, Lhokseumawe •

✍🏻 _Wa'alaikumussalam_
_Istri taat kurang lebihnya yang taat pada Allah, taat pada suami selama suami memerintahkan yang ma'ruf, puasa wajib di bulan ramadhan, menutup aurat dan menjaga kemuliaannya, menjaga shalat wajib 5 waktu di awal waktu._

_Kalo soal kapan pisah ranjang dll itu masuknya ke fikih ya bun, harus detail supaya ga salah pemaparan, bagiannya ke ustadzah πŸ˜ŠπŸ™_

Tanggapan:
▶ Begini bun, pada akhirnya saya harus pisah dan gugat suami karena tindakannya yang semena2.. kata beliau saya kurang taat, sampai sudah bertanya pada ust dan orang2 paham makna taat seorang istri seperti apa.
Kalau menurut sy suami sy terlalu posesif, taat menurut beliau seperti kerbau yg d cucuk hidungnya
Makanya sampai pada penyelesaian begini
✅ Mh, apakah suami juga org yang taat bun, mksdnya kadang memang ketaatan ke suami itu berat dan harus dipaksakan. Kalo mmg suami pun meminta ketaatan dlm hal yg Haq

Pertanyaan 2⃣

*Assalamualaikum*
*Bunda kaska, bagaimana cara merubah perilaku suami yang suka begadang dengan nonton film/main games online? Udah pernah coba tanya kenapa sering telat tidur, kata beliau ga bisa tidur cepat. Mohon pencerahannya.*

• Ummu Thariq, Aisyah, di bumi Allah •

✍🏻 _Memang mengingatkan suami itu ga semudah ke anak. Caranya pun ga bisa tegas karena berhadapan dengan yang harus berhati-hati jangan sampai tersinggung dengan ucapan kita. Sebaik-baiknya memang doa diam-diam supaya Allah beri hidayah memperbanyak ketaatan, dan meninggalkan kesia-siaan._
_Perintah cepat tidur sesudah isya itu ada haditsnya._
_Boleh tidur malam jika kita sedang mengerjakan perkara ibadah. Misal menerima tamu untuk hal kebaikan, mengkaji ilmu, membaca Quran berdzikir dll. Kalo yang tidak bermanfaat menonton dll sebaiknya ditinggalkan._

_Doa karena kita tau yang menguasai hati suami hanya Allah. Kita ga bisa ngubah manusia. Hanya Allah yang bisa. Maka kita serahkan sama Allah._

Pertanyaan 3⃣

*Assalamu'alaikum*
*Malam bunda Kaska, pertanyaan saya adalah saya baru mengalami keguguran (sudah memiliki anak 3 org), selama ini saya tidak pakai KB, akhirnya paksu menyarankan agar pasang KB, saya menolaknya, karena takut juga. Saya bilang seandainya saya meninggal dan alat kb masih dirahim gimana? Terkubur juga dengan diri saya? Apakah ini termasuk menentang perkataan paksu?*

• NN, Aisyah, Bandung •

✍🏻 _Wa'alaikumussalam._
_Perkara KB sendiri ulama berbeda pendapat. Jadi dalam hal ini tidak taat tidak otomatis durhaka pada suami. Bisa sama2 diskusi aja baik buruknya apa, tujuannya apa, lantas peranan Allah dimana. Karena balik lagi apapun ihtiar kita, Allah yang Kuasa memutuskan. Bisa hamil/ngga ga bergantung pada alat manapun. Kalo memang demi kebaikan ibu, demi menyempurnakan susuan, bukan karena takut miskin/takut ga ada rezeki maka masih bisa ada alasan untuk 'Kb' dengan cara yang sesuai syariat._
_Wallaahu a'lam._

Pertanyaan 4⃣

*Assalaamu'alaykum*
*Bagaimana mengelola ego sebagai istri yang untuk saat ini menjadi pencari nafkah sementara sang suami lebih banyak menghabiskan waktu di rumah (pekerjaan ada tapi tidak sebesar penghasilan istri).*

• NN, Khadijah •

✍🏻 _Doa sungguh-sungguh minta diberi kelembutan hati dan kemudahan untuk tunduk._
_Karena sungguh hati ini jika keras maka mudah sombong. Padahal bisa jadi mudahnya usaha kita, pekerjaan kita, karena ada kebaikan dari suami kita._
_Dan dijadikanlah hal tsb menjadi ujian bagi kita. Qorun merasa semua kekayaan adalah kerja kerasnya. Allah ga suka. Jangan sampai kita membuat Allah ga suka. Banyak wanita di luaran yang rela suami berpenghasilan kecil asalkan punya suami. Karena saat kita punya suami, kita menjadi lebih terhormat. Lebih mulia dibanding kalo kita janda/sendiri._
_Maka kita putuskan bahwa memiliki suami adalah karunia terbesar apapun keadaannya. Kita tidak layak sombong karena semua hanya karena Allah._

Pertanyaan 5⃣

*Assalamu'alaikum*
*Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan suami, agar suami tidak tersinggung bila kita menegurnya. Apalagi bila sudah membaca WA suami berkirim pesan mesra pada wanita lain. Padahal sudah pernah berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut*

• NN, Aisyah, Magelang •

✍🏻 _Masalah tiap orang berbeda beda ya._
_Jadi memang kadang ada keadaan yang tidak mudah. Tapi bukan berarti ga ada jalan keluarnya._
_Saat suami bisa diajak bicara biasanya saat dia ada maunya. Misal saat setelah berhubungan. Kita ajak rayu baik baik ada yang ingin diutarakan. Kita pun jangan dengan nada emosi._
_Dalam keadaan tenang dan berdzikir dalam hati._
_Misal : "Yah, maaf ya, sebetulnya bunda kecewa mengenai chat ayah ke wanita lain itu. Kan udah janji ga akan. Kalo memang ada kekurangan di diri bunda apa bilang aja. Supaya bisa diperbaiki juga.. demi rumah tangga kita.. dunia akhirat..." dst dst_
_Sisanya doa 😊_

Pertanyaan 6⃣

*Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh*
*Bagaimana agar kita bisa ikhlas, sabar, dan taat terhadap semua perintah suami yang kadang tak kenal kondisi?*

• Ummu 'Izzah, Maryam, Tuban •

✍🏻 _Iman kita yang menentukan. Memang kalo kita lagi inget mati, inget usia mungkin ga lama lagi, entah usia kita atau usia orang sekitar kita, maka kita lebih mudah ikhlas._
_Karena mikirnya, udahlah gapapa jalani aja, kerjain aja, bisa jadi ini perintah ini yang terakhir. Bisa aja ini pertemuan terakhir, dst dst. Terus aja latihan ikhlas selama masih dikasih waktu._
_Kelelahan kita ga ada yang sia2 di hadapan Allah. Semua ada hitungannya juga._

Pertanyaan 7⃣

*Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh*
*Ustadzah yang dirahmati Allah,yang ingin saya tanyakan. Bagaimana seharusnya sikap seorang istri yang suaminya kurang bertanggung jawab mendidik akhlak anak2. Misalnya sudah jelas2 anak melihat ayahnya merokok.. Tapi ketika si anak klarifikasi si ayah berbohong karena takut anaknya kelak ikut merokok, sholat sering dipenghunjung waktu. 😭 Jazaakillahu khairan*

• Lia, Khadijah, Banda Aceh •

✍🏻 _Kalo anak masih kecil kita biarkan aja ga usah terlalu kita khawatir. Kalo anak udah bisa diajak ngbrol, kita bilang ke anak hayu kita sama2 doain ayah ya. Semoga ayah ga ngerokok lagi, semoga shalatnya taat._
_Kita ajak anak dengan nada hormat bahwa bagaimana pun itu ayahnya. Jangan menunjukkan ga respek ke suami di hadapan anak2 karena nanti justru ga bagus kedepannya. Tapi selama kita tetep ajak anak yg baik2 dan melihat kebaikan ayahnya yang lain, anak insyaallah jadi pribadi2 yang paham ga mudah menghujat keburukan orang lain. Bisa jadi nanti ayahnya mendapat hidayah sebab malu liat kesolehan anaknya._
😊

Pertanyaan 8⃣

*Assalamualaikum*
*Saya sudah berumah tangga 12 th dan Allah sedang uji saya dengan perselingkuhan suami dengan anak buahnya sampai dengan tingkatan zina (hubungan intim)  kami sudah mediasi dengan semua kelurga besar (saya dan suami) suami sudah mengakui dan bertaubat. Suami tidak mau menceraikan saya. Kami sama2 beritikad introspeksi diri. Suami mengakui sudah tidak berhubungan apa2 dengan pelakor dan anggap masa lalu. Tetapi antara sikap dan perbuatan suami kepada saya tidak sinkron, masih ada kebohongan yang dia lakukan kepada saya. Saya tau dari chat wa mereka, pelakor pun masih saja suka merayu suami, adab atasan dan bawahan sepertinya tidak mereka pedulikan. Lalu bagaimana saya harus bersikap ya bund? Jazakillah khairan*

• NN, Aisyah, Bekasi •

✍🏻 _Memang ya bun ujian wanita bagi pria itu selalu ada._
_Entah yg halal (poligami) atau haram (selingkuhan). Kalo beliau udah janji ga akan, tapi nyatanya boong, ya udah itu serahkan aja sama Allah._
_Ga itungan lama dosa zina itu akan Allah balas segera.. Kalo kita masih sayang suami, doakan semoga Allah beri hidayah. Semoga Allah tutupi aib keluarga kita._

_Di akun FB *fitra wilis* ada tulisan bagus banget tentang selingkuh bun pengalaman seorang ibu._

Pertanyaan 9⃣

*Assalamu'alaikum*
*Bun, sependek pengetahuan saya, selama pernikahan sy baru 7th, saya melihat suami saya dalam hal "menuntut ilmu" tipikal cuek.. artinya saya dulu yang memulai dan mengajak.. Begitu juga urusan pengasuhan anak... alhamdulillahnya si suami mau ya.. walaupun dengan susah payah... in sya Allah si tujuannya baik*

*Saya kadang kecewa melihat cueknya suami terhadap ibadahnya... solatnya saat ini tidak di awal waktu, tilawahnya sudah sangat jarang.. Dan ini yang membuat saya sedih dalam hati... yang saya lakukan saat ini adalah solat malam dan terus  mendoakannya..*

*Pertanyaan saya, bagaimana agar suami bisa menjadi contoh yg baik dalam keluarga.. khususnya dalam ibadah solatnya*

• Ummu Asma, Aisyah, Bekasi •

✍🏻 _In sya Allah udah betul umm dengan doa malam hari. Sambil terus diri kita perbaiki ketaatan pada Allah. Sabar dalam proses kita, sabar juga dalam proses orang lain._

_Karena nanti Allah hanya akan memberi ganjaran pada orang2 yang sabar._

_In sya Allah suami akan Allah ubah jauh lebih taat karena kita sibuk perbaiki diri sambil doakan orang lain._

Pertanyaan πŸ”Ÿ

*Assalamualaikum*
*Bagaimana cara saya mengajak suami untuk sholat.. Terkadang sampai debat. Untuk ilmu agama lebih paham suami tapi sholat nya masih lalai.. Posisi saya LDR an yang 1bulan 1x ketemu..*

• NN, Khadijah, Jatim •

✍🏻 _Iya bun sebatas bisa mengingatkan aja. Selepas itu ga ada kewajiban karena tetep sebisa mungkin jaga hati suami._
_Doakan supaya diberi kelembutan hati untuk menerima hidayah bersegera pada ketaatan 😊_

Pertanyaan 1⃣1⃣

*Assalamu'alaikum bunda kaska*
*Bagaimana menyikapi suami yang mengerti banget soal agama tapi tidak mau mengamalkannya?* *Bagaimana caranya mengedukasi anak tanpa melibatkan peran ayah?* *Suami juga cuek dengan masalah pendidikan anak karena menganggap mereka masih terlalu kecil untuk diajari. Kalau diajak diskusi menghindar, dikirimi artikel atau kalimat2 yang agak panjang2 gak dibaca. Suami juga gak punya goal ke depan inginnya anak seperti apa.*

✍🏻 _Mungkin belum aja bun. Karena laki2 'terlambat' dewasa. Tapi pelan-pelan sambil doa dan dilibatkan sedikit2, dipuji saat ada interaksi sama anak, jangan didikte, ditanya pendapatnya tetep terus ujung2nya dipuji. Walopun jawabnya pendek atau males kita hargai sambil sumringah._

_Intinya kalo laki2 ga mau ribet, tapi sebenarnya mereka peduli dengan cara mereka sendiri. Kalo kita ajak pikir in sya Allah lama2 mau tau urusan anak_

Pertanyaan 1⃣2⃣

*Assalamu'alaikum bunda kaska*
*Begini bunda, hubungan saya dengan mertua kurang baik.. Saya pribadi kurang tau apa penyebab awalnya.. Saya merasa mertua itu seperti "anaknya dicolong".. Padahal saya menikah dengan ijin dan restu beliau juga..*
*Kalau saya ambil benang merahnya,  hubungan suami dengan ibu nya memang tidak terlalu dekat.. Dulu, yang sering balas sms dari mertua itu saya. Yang sering telepon mertua itu saya. Saya sudah sering mengingatkan suami,  buat sering2 komunikasi dengan mama. Tapi ya dasarnya suami saya ini kurang hobi pegang hp. Kadang diingatkan buat tlp saja, masih nanti2.. Bisa 1-2bln tanpa komunikasi..*
*Saya sering bilang ke suami "masa kamu betah liat mama yang sering suudzon ke menantunya sendiri" Mungkin ini ujian saya.. Tapi adakah solusi, saya harus bagaimana buat merubah sifat suami yang sepertinya tidak terlalu dekat dengan ibunya*

✍🏻 _Udah brp lama nikahnya bun...?_
_Memang anak laki2 itu kebanyakan bingung cara memperlihatkan cintanya pada ibunya. Padahal mereka peduli sih peduli cuma "ya ga gitu aja caranya" beda kaya perempuan._
_Memang tetep diingetin aja, bisa juga diajak beliin hadiah buat mamanya. Nanti suami kita yg ngasih. (ceritanya inisiatif dia sendiri) Kita kan hafal ya perempuan seneng dikasi kado2_
_Dengan hadiah dan perhatian2 kecil meskipun komunikasi minim in sya Allah pelan2 terperbaiki rasa sakit hati/kurang perhatian dari anak._

Tanggapan:
1⃣ Assalamualaikum
Saya penanya no 12
Saya sudah 6 th menikah.. Awal2, saya memang sering memberikan hadiah dengan di atas namakan suami.. Tp,  permasalahan tetap muncul.. Mertua selalu suudzon, seolah2 penyebab anaknya jauh dr beliau itu saya.. 
Tidak jarang saya dimaki2, yang subhanallah.. Tidak seperti kenyataannya..
✅ Sabar aja bun, ga usah buktiin apa2 kalo mmg kita ga salah.
Mertua perempuan itu mmg seringkali jadi ujian tp kita berusaha liat aja knp dia melakukan itu. Mgkn dia ga bahagia dgn hidupnya. Maka kita kasian dan doakan.
Kalo org hidupnya bahagia ga akan cari2 alesan untuk nyakitin hati org.
Artinya kita kondisinya lebih beruntung harus banyak bersyukur aja.

Masalah dia maki2 biarin urusan sama Allah.
Kita doakan smoga Allah perbaiki karena kasian juga org suudzon itu pasti cape
▶ Saya merasa, mertua ini suudzon yg terlalu berlebihan ke saya..  Karena minimnya komunikasi antara suami sama ibu nya..
✅ Kadang kalo kita berharap suami banyak bicara pun blm tentu baik bun selama mertua masi ada harapan yg tak tertunaikan.

Jadi mmg setelah upaya hadiah dan kita yg selalu berusaha mnghargai kehadiran mertua sbg sebab adanya suami kita, maka tugasnya kita aja diem2 doa terus biar Allah menyelesaikan dengan caraNya.

Ga ada hasil yg mengkhianati kesabaran. Biarin org lain suudzon sama kita yg penting kitanya ngga 😊

Nanti Allah akan buktikan mana hati yg tulus mana yg ngga.
▶ Saya dulu sebelum puncaknya dimaki2..
Saya juga beberapa kali kirim hadiah dengan pengirim atas nama saya.. Sering tlp.. Tp memang sering diacuhkan.. 😁 saya berasa dianggap musuh..  Wallahualam

InsyaAllah sejauh ini,  saya selalu menunjukkan sikap baik..  Cuma 1th belakangan saya memilih menjaga jarak..  Bukan memutus silaturahim.. Wa hanya sekedar kirim foto cucu2 nya.. Karena jujur rasa trauma atas makian beliau masih selalu terngiang
✅ Iya bun paham insyaallah jarak menyembuhkan. Tapi tetep saat dateng berusaha manis dan mmg suami harus sering diajak dialog juga bhw memuliakan ibu terutama bagi pria berlaku sepanjang sisa usia.
Kalo sikap suami membaik melembut insyaallah ibunya "sembuh".
▶ Jazakunullahu khairan katsiran bunda kaska πŸ™πŸ™

2⃣ Maaf ikut menanggapi pertanyaan 12.. karena pernah sedikit ada pengalaman buruk jg dgn mertua..

Klo kasusnya kyak di atas.. mertua itu perlu diyakinkan bahwa menantunya baik, bukan skdar sayang anaknya tpi jga sayang sma ibunya..

Jd klo menantu ngasih kado, atas nama suami, SMS jg menantu  yg bles.. ya mertua jdinya malah tambah yakin klo anak laki2nya baik tpi menantunya ga..

Saran saya..konsisten sja komunikasi dg mertua atas nama sendiri bukan suami, ngasih kado makanan favorit, bju2 kesukaan mertua jg atas nama sendiri bukan suami..
Ataw kasih kejutan tba2 muncul d rumah mertua meski tanpa suami..
Berusaha hadir saat mertua dlam kesempitan jga salah satu cara mencuri hati mertua..
✅ Iya bun setuju juga 😊 disesuaikan aja intinya pelihara niat baik apapun tindakan kita niatkan demi kebaikan suami yg harus jadi bisa lembut ke ibunya krn itu jalan surganya

3⃣ Bun, ada saran gak mengatasi trauma atas sikap yg kurang baik dari mertua ke kita?
✅ Mh, buktikan aja jadi pribadi yg lebih baik 😊 insyaallah nanti Allah balikkan keadaan.
Jangan membalas perbuatan buruk dgn keburukan lagi.
Jangan pernah.

Pertanyaan 1⃣3⃣

*Bismillah..* *Assalamualaikum bunda kaska..*
*Apa yang sebaiknya dibicarakan dengan suami sebelum dianugerahi anak keturunan agar dikaruniai anak2 yg shalih/ah serta rumah tangga yg sakinah mawaddah warahmah?  Jazakillahukhair*

• Bunda, Kulbar Intensif,  Banda Aceh •

✍🏻 _Maksudnya dipelajari?_
_Masing2 jalani peran yg udah ada aja bun sebaik2nya... karena setiap waktu peranan kita akan bertambah, ujiannya juga ga akan jadi lebih mudah. Saat belum ada anak, berusaha jadi hamba Allah yg baik, istri yg baik._
_Penuhi kebutuhan suami sebaik2nya._
_Ibu dan ayah yang soleh, senantiasa dlm ketaatan ga usah takut nanti begitu punya anak akan siap menularkan ketaatan juga 😊_

πŸ₯€πŸ‚πŸƒπŸ₯€πŸ‚πŸƒπŸ₯€πŸ‚πŸƒπŸ₯€πŸ‚

πŸŽ™ *Moderator*

Alhamdulillah pertanyaan sudah terjawab semua..

Jazakillahu khayran atas ilmu & waktunya bunda kaska🌷🌷🌷😍

🎀 *Bunda Kaska*

❤❤❤
Wa fiikunna barakallaah
Mohon maaf kalo banyak salah2 ya

πŸŽ™ *Moderator*

Baik ibu ibu, terimakasih atas kerjasama nya, sehingga kulwap berlangsung dengan baik

Alhamdulillah

saya menutup majelis ilmu ini dengan sama sama kita baca dia kafaratul majelis ya bu ibu...

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilahailla anta astagfiruka wa’atubu ilaik

(Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)

Wasalam

🌼🌼🌻🌻🌼🌼🌻🌻🌼🌼

*Komunitas Ibu Belajar*
_Bersama Berilmu Meraih Jannah_

FP: *Kobar Komunitas Ibu Belajar*
IG: @kobar212 @cutfiqa.majid

0 comments:

Posting Komentar