31/08/17

Kulwap Parenting KOBAR ke 13


🌺 *Resume Kulwap Parenting KOBAR ke 13* 🌺

πŸ—“ Selasa, 28 Februari 2017
⏰ 21.00

Tema: *Tanya Jawab ala BuSar*

Nara Sumber: *Sarra Risman*
Moderator: *Cut Rafiqa Majid*
Peresume: *Hasfiani*

🎭🎭🎭🎭🎭🎭🎭🎭🎭🎭🎭🎭

*Sesi Tanya Jawab*

*BuCut Hadiatul* ❓Assalamualaikum BuSar.. Sy Cut Hadiatul Husna, dari Banda Aceh.
Sy punya 2 anak: 5th perempuan, 4th lk
Itu kepribadiannya bisa dibilang gda yang sama mereka. Sy bingung ketika akan memulai kegiatan bersama. Si kk tukang ngatur, si Adx ga mau diatur. Si kk seriusan, si Adek suka bercandaan. Si kk sosialnya ga suka bgt, tipe pembelajar alone. Nah, si Adek, ramah bgt.
Sy bingung ketika mereka bersama, dan memulai kegiatan bersama. Terimakasih banyak sebelumnya. Salam kenalπŸ˜ƒ
*BuSar* ✅ Jgn di ajak berkegiatan bersama 😊
▶ Ntar gak biasa kerja sama donk busar πŸ˜†
↪ Dia akan bekerja sama dg sejenisnya. Spt kita disini. Kita tdk berkumpul dg mrk yg anti Parenting kan?
▶ jadi gak usah diajak kerja sama gitu busar? Apa ntar gak berpengaruh ke ikatan batin adik dan kakak?
↪ Mrk akan bermain bersama tanpa ibu ajak. Ikatan batin nya ga akan terganggu
▶ Begitukah busar? Huff... ikut tenang bu cut hadiatul husna... situasi kita samaan.. saya malah terus kepikiran untuk bikin2 kegiatan yg bikin mereka kerja sama
▶ Kl Bunda fokusnya distu, kl saya sih fokusnya ke efesiensi waktu Sy. Kl tidak disekaliankan adiknya yang biasanya korban, dia akan keluar Rumah, dia sukanya diluar, nah kk nya buku terus😭😭😭😭😭
Learner sejati
↪ Pls ada yg share kisah sekolah binatang ke ibu ini. Thanks.

*BuDiyan* ❓ Busar nanya yaaa... Apa busar setuju dengan hypoterapy? Katanya hypnoterapy bisa membantu anak untuk meningkatkan prestasi anak. Membantu anak lebih konsentrasi?
*BuSar* ✅ Bu elly Stuju 😊
▶ Oh gtu. Jadi boleh ya busar. Apa busar tau tempat hypnoterapy yg bisa di referensikan?😊
↪ Tdk
▶ Hypnotheraphy bu elly setuju.. Kalau busar setuju juga kah?
↪ Blm pernah coba. Ga segitu telaten nya.

*BuEva* ❓ Anak sy laki2 umur 7th, sangat perasa, mungkin krn dekat sehari2 dengan sy, yg mungkin seharusnya lbh dekat dengan papa nya. Pertanyaannya kegiatan seperti apa yg harus dilakukan dgn papa nya?
*BuSar* ✅ Hampir smua.
▶ Apakah salah apabila dia perasa kemudian dia menjadi anak yg empati? Haruskah rasa empati itu dihilangkan?
↪ Perasa dan empati langit dan bumi. Beda sekali
▶ dia memiliki dua2nya, contoh, kakaknya blg pengen adek perempuan saja, dia nangis, tersinggung krn dia laki2. Contoh empati, setiap ada kakek2 yg jualan, dia berkata, kita beli aja yuk ma, kasian.Yg salah yg mana ya busar?
↪ Mgkn kondisi pas ibu hamil mempengaruhi?

*BuDwi* ❓ Tanya BuSar...
Bagaimana cara mengatasi kekhawatiran berlebih terhadap anak, misal: anak manjat dikit org tua takut anaknya jatuh..
*BuSar* ✅ Inget mati.
▶ Ini maksudnya klu ortuny mati gitu?
↪ Betul. Org yg inget mati akn mempersiapkan anaknya utk kuat. Bkn khwtr dan menjaga nya jd slalu lemah

*BuNunki* ❓ Busar anak saya mengecap dirinya cengeng dan lemah, bagaimana meningkatkan kepercayaan diri nya
*BuSar* ✅ Yg ngecap berhenti ngecap dulu. Dia di cap org. Maka dia mencap dirinya sendiri.

*BuAyu* ❓ Bu boleh nanya ya bagaimana cara kita bersikap menghadapi ank 2,5th yg sudah keliatan egonya, maunya hrs diikutin
*BuSar* ✅ Kl kalah sm anak 2.5th gmn kl dia 12.5th? 😏
▶ Iya krn itu buk... saya bkn ibu yg suka memanjakan, tapi takut jg terlalu keras krn dia msh 2,5 th, mohon arahannya
↪ Bedakan sj yg mana butuh yg mana mau

*BuMeilania* ❓mau nanya bu sar.. anak saya usia 3 thn bangun skitaran jam 8-9 pagi.. dan dy itu susah tidur siang.. malem juga br tidur kalo udh jam 9 lebih.. susah bgt tidur awal sementara pekerjaan rmh bnyak yg blm dikerjakan.. sudah segala cara saya gunakan spy bs tdur cepet.. dn ujung2 nya ttep nangis kalo mau tdur malem.. gmn yah spya ga nangis trs.. saya takutnya anak saya trauma busar krn stiap tdur ada aja drama panjang nya.. makasih
*BuSar* ✅ Biarkan dia tdr ketika dia ngantuk. Tdk perlu di suruh dan di rayu utk tdr.

❓ Bismillah.. Bu sarra minta arahan nya dong. Gimana ya mengadapi si sulung yang ngeyel, kadang suka gemess 😒
*BuSar* ✅ Di bahas ayat nya
▶ Ayat untuk anak ngeyelan busar?
↪ Itu ibu Hrs buka quran. Kl sy yg buka, jd sy sj yg alim.. 😜
▶ Dibahas ayat pegimana busar. Loadingnya seret nih saya busar 😁
↪ Ada ayatnya
▶ ayat apa yah bu sar. *Mikir keras. Bu cut heleep
↪ Sy tdk biasa memberikan jwbn terlalu detail. Utk ayat, ibu Hrs buka quran sndiri dan cari. Kl sy jwb smp ke ayat apa, kpn ibu buka quran nya. #kl ini Member br, mati gwπŸ˜‚πŸ˜‚
⏩ Ayat tidak boleh berkata "Ah kepada ortu bu, apa lgi ngeyel. Betul tak cutkak sarra?
*⃣ Surat Al isra kalau gk salah ya bucut? Tentang birul walidain
⏩ Yes bulen al isra 23-24

*BuFitri* ❓ BuSar saya mau nanya bagaimana menanggapi anak 12 thn dia bercerita pacarnya & bagaimana cara menasehatinya utk tdk pacaran
*BuSar* ✅ Wah yg ini susah. Krn panjang skali penjelasannya. Dan Hrs mulai dr lama. Kl sdh cerita ttg pacarnya, berarti penanaman agamanya krg.
▶ Ya busar krn sy bekerja 12 thn baru thn ini sy drmh aga kewalahan menghadapi anak sulung saya, apakah sudah telat ya busarπŸ˜₯
↪ Kata bu elly tdk ada kata terlambat. Kata sy, masa penyembuhan sama dg masa sakit. 😊

*BuNunaa* ❓ Busar sy kewalahan dgn anak yg suka memandang remeh anak lain. Bagaimana menasihatinya?
*BuSar* ✅ Anak memandang dunia sesuai dg kacamata yg orgtua nya berikan. Kyknya ada yg Hrs ganti kacamata dulu

*BuEva* ❓ Apakah sudah boleh anak sy perempuan umur 11 th untuk memiliki medsos seperti instagram? Karena 90 persen temannya punya, tp sampai sekarang sy tdk memperbolehkan
*BuSar* ✅ Tdk. Tdk. Tdk. Tdk. Tdk. Tdk
▶ Usia berapa diperbolehkan?
↪ Msg2 aplikasi sdh ksh tau di namanya sblm kita install

*BuEma* ❓ Busar anak saya 4.10bln sudah sekolah tk A. Kadang suka mogok tdk mau sekolah alasan ga seru di sekolah. Biasanya saya tdk memaksa tuk tetep sekolah. Betulkah sikap saya?
*BuSar* ✅ Salah.. Seharusnya stop total sj sekalian

*BuAniar* ❓ Anak saya 22m, barusan di posyandu pas mau timbang nangis, mau ukur tinggi nangis, kasih vitamin A nangis, kalo ada om om ga dikenal masuk rumah nangis, itu kenapa ya bu? Apa yang harus saya lakukan?
*BuSar* ✅ Krg diajak keluar bertemu manusia mgkn?
▶ suka ko bun,.. tiap sore keliling komplek, saya ikut kegiatan juga... tapi kalo ada yg ngedeketin ga kenal suka nangis... padahal posyandu rutin tiap bulan
↪ Kl sdh tdk ada imunisasi lg yg Hrs di ksh, ga usah di bw ke posyandu

*BuSyafleni* ❓ Busar, anak sy yg kecil 16 bln dh mulai marah kalau keinginannya tdk terpenuhi, mukul n nyubit kalau dh dekat qt. Kepandaian baru.. Wajarkah busar?
*Busar* ✅ Wajar.

*BuTita* ❓ BuSar anak saya laki2 3y. Saat bersama saya dia sangat kooperatif dan menurut. Tetapi jika dgn ayahnya dia cenderung manja dan tidak terkontrol. Jika tidak dituruti ayahnya suka tantrum dan guling2 di tanah. Bagaimana menghadapi seperti ini busar?
*BuSar* ✅ Satukan cara pengasuhan antara ayah ngomong
*BuMita* ❓ Assalamualaykum busar 😍... mau tanya kaizan mau dimasukkan SD mana? Pertimbangannya apa? Jadi 1 sama raia ga? Kepo ni lagi cari2 SD slnya hehhe
*BuSar* ✅ Jd sm dg raia.
▶ Sekolah alam lagi busar?
↪ Iya. Panjang pertimbangan nya.

*BuAero* ❓ Gimana menghadapi anak 4thn yg ketularan ngomong kotor? Dia udah tau, klo kata itu ditujukan utk mengejek
*BuSar* ✅ Ketular dr siapa?
▶ Tetangga rumah oma nya. Pdhl dia lg main tp telinganya ternyata denger
↪ Tinggal bersama oma?
▶ ngga, pas lg maen aja, udah lama, sekali doang, tp ko nempel ya?
↪ Sy pernah blg bhw anak mudah skali meniru yg buruk, tp. Seorang ex member sy yg ahli otak mengatakan sy salah. Sy jg bingung, kl scr teori itu salah, knp scr praktek itu bener ya.. πŸ˜”
▶ baru denger teorinya gt. Tp klo yg negatif2 emang cepet nyamber ya hehe. Jd gimana busar ngadepinnya?masih penasaran
↪ Main dlm rmh
▶ abaikan aja? Klo kita bereaksi dia malah ngetes terus, gitu ya busar?
↪ Ngetes?
▶ maksudnya nge-test, dia jd ngomong gitu terus krna liat kita bereaksi, ketika dia ngomong kotor, begitu ga busar?
↪ Iya. Diemin sj. Jelasin pas dia lg ga ngomong
▶ noted busar, makasih banyak

*BuIzzet* ❓ Assalamualaikum, busar.
Hehe.. Ketemu lg kangen deh 😘😘😘😘
Mau nanya, apa pengaruh SD utk anak perempuan jika kelasnya sudah dipisah antara laki dan perempuan?
Apakah anak jd kurang mengenal perbedaan dan bs cenderung risih dgn laki2?
*BuSar* ✅ Tidak.
▶ πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆsatu jawaban, spt biasa.
Ijin menanggapi, blm dijawab. Pengaruhnya apa busar?
↪ Tdk berpengaruh
▶ Lanjut satu ya busar,
masih bingung nentuin sekolah, SD lbh baik kurikulum ringan tp agama kurang atau, agama bagus tp kurikulum berat?
↪ Yg pertama Agama anak bkn tgg jwb skolah, tp tgg jwb ibu πŸ˜’
▶ Bwahaha.. Kangen pisan emot ini.
Jazakillah khairan ya busar, doakan bs bergabung lg di grup. 😘😘😘

*BuSindy* ❓ Saya ibu 2 org anak perempuan 5th, laki2 1,5thn kakaknya egois busar ga pernah mau berbagi mainan dengan ikhlas baru mau berbagi setelah saya/ayahnya menegur
*BuSar*  ✅ Memang blm usianya berbagi.
▶ Ooo jd kalau kakanya lg main adiknya ganggu mau ambil majnan jgn suruh kakak mengalah ya busar? Tp adiknya yg kita angkat buat dipisahin
↪ Jelas. Biarin aja adiknya nangis.

❓ bu sar anak saya umur 6 thn.. bgmn ngadepin anak yg ngambeek terus.. adaa aja alasannya ngambek.. tiap pagi brgkt sekolah pasti dengan drama
*BuSar* ✅ Krn di respon ketika ngambek.

*BuMeilania* ❓ Busar anak saya suka sekali marah2, ditertawakan marah, salah pake celana marah, milih baju serba salah, pokonya emosian bgt, bagaimana menghadapi anak usia 3th yg esmosian terus
*BuSar* ✅ Itu turunan. Dan hasil kondisi ibu ketika hamil. Banyakin senyum
▶ Masih bisa diperbaiki ga busar?
↪ Tergantung pengasuhan nya. Tdk ada 1 formula jitu utk merubah. Perlu totalitas pengasuhan yg baik. Krn yg anda mau rubah adlh karakter.. Stengah mati

*BuMaryatun* ❓ Busar bagaimana jika bumer ikut tinggal bersama kita, tapi beliau hobi nonton tv, sedang anak2 ada aturan nonton nya?
*BuSar* ✅ Taro TV di kmr bumer
▶ Klo sekamar gmn busar, AC nya cm 1 πŸ˜₯
↪ Anak tdk di kmr ketika nenek nntn

*BundaFadifa* ❓ Busar anak sy sdh 3 thn skolah mulai pg dan tk.. Ini krn dulu sy tdk pernah belajar ilmu parenting,, klo anak tdk boleh terlalu dini sekolah.. Skr umur anak sy 5thn,1bln Sebaiknya sy berhentikan saja skolahnya (TK) mulai skr bu? Walo anaknya tetap mau skolah?
*BuSar* ✅ Iya. Stop. Jelaskan knp stop. Msk lg tk B juli Th dpn, di usia 6.4
▶ Boleh tau jelasinnya gimana yah bu.. Kmrn sdh sy bilang ade skr skolahnya dirmh sama ibu saja yah,, tapi dia tetap mau skolah sama kknya.. Boleh tau sebaiknya penjelasan yg bagaimana yah busar biar anak sy mengerti?
↪ Bhw ibu salah hitung

*BuAyu* ❓ Umur berapakah ank sudah bisa berbagi dan siap memiliki adik?
*BuSar* ✅ 5. Minimal

*Sebentar lagi saya akan share di sini satu contoh metode BuSar menbantu menyelesainya Masalah Ibu Ibu*

⏺ Sll kangen suasana belajar begini 😍😍😍 Cikgu yg sll minta muridnya mikir, mikir biar pinter. Terus di endingnya sll dikasih kesimpulan yg bs jd patokan.
Berikut case seorang teman yg sedang BELAJAR BICARA DENGAN SI 5 TH

-------

A : Bu..tadi pagi Anas nangis2 heboh krn ingin ikut ayahnya. Tp ga dikasih sama ayahnya. Saya diemin aja saya bilang boleh nangis, boleh marah. Dia tendang2 tp ga ada barang disekitarnya. Saya bilang kl udah berhenti sini peluk ibu. Udah btl blm bu, saya diemin dia saat ngamuk?

B : Sdh.

A : Saat udah tenang apa diajak ngobrol lg ya bu spy ga keulang ngamuk2 nya?

B : Pastinya

A : Ibu..mau ga ajarin saya ngomongny? Ibu jadi Anas ya

B : Yihaa. Jrg2 sy jd anaknya. Ok mulai.
Huaaaaaaaaaaa😫😭

A : Anas nangis2 sampe tendang2, sedih banget ga diajak ayah ya?

B : Huaaaaaaaa
# eh, udh kelar ya nangis nya? πŸ˜‚πŸ˜‚

A : Udah tenang ceritanya bu.

B : # ketemu Anas ga pernah, kudu memerankan dia😹

A : πŸ˜‚

A : Klo nangis sambil tendang2 bagus ga Anas?

B : Ga. Tp kan aku kesel ayah ga ajak.
# Btw nendang biasanya bukan efek dr rasa sedih bu.

A : Ayah ga ajak Anas krn ada kerjaan jauh. # Kesel ya bu?

B : Tp aku tetep pengen ikut!
# Iya bu. Mana ada orang sedih nendang2.

A : Kan nanti siang Anas ikut ibu jemput kk Faqih.
# Tanyanya, Anas kesel ya? Gitu Bu?

B : Aku udh tiap hr ikut ibu jmput kk. Bosen. Skrg aku mau ikut ayah!
# Anas tb2 berubah jd 35th πŸ˜‚πŸ˜‚
# Kl ga mau pke kesel...pke kecewa. Lihat bahasa tubuh jeng.

A : Iya, tapi hari ini Anas ga bisa ikut ayah.

B : Kenapa? 😏

A : Ga semua apa yg kita kepengin bisa terpenuhi Anas.

B : Anas kan laki2. Harusnya ikut ayah. Bukan ibu!
# mampus ibunyaπŸ˜‚  # Anas tb2 S2πŸ˜‚πŸ˜‚

A : πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Ibu jg ingin ikut ayah tp ga boleh sama ayah.

B : Kenapa?πŸ˜’

A : Boleh ikut klo diajak ayah ya..

B : Ayah jahat!

A : Anas banget itu kata2nya 😭😭😭

B : Yayy! Sukses jd Anas.

A : Krn ayah ada kerjaan yg ga bisa bawa kita Anas.

B : Kerjaan apa?

A : Ayah mau bikin booth di workshop..kita ga bisa ikut.

B : Kan Anas bs bantuπŸ˜‘

A : Kan ayah klo kerjaannya ga bahaya, ga kotor, Anas boleh ikut.

B : Kenapa bahaya?

A : Gergajinya besar, tajem. Bahaya buat anak2.

B : # dia tau gergaji ga? # ada di rmh?

A : Tau bu...ada.

B : Mana pengakomodiran cara berpikir konkrit nya? # lg ga jd Anas. Smua nya dari td kata2.

A : Gmn bu? Saya ga mudeng.

B : 6th, yes?

A : 5,5 th bu

B : Apalagi. Msh dlm tahap berpikir konkrit.

A :  Berpikir konkrit ky gmn bu?

B : Allah. Konkrit ga?

A : Ghoib

B : Meja?

A : Konkrit

B : Angin?

A : Konkrit

B : Ngaco

A : Angin kan bisa dirasain. Apa krn ga keliatan?

B : Tdk konkrit. Konkrit bs di pegang. Tampak.

A : Oh..oke sip bu😁

B : Konkrit dr asal kata concrete bu..
Semen. Beton. Berarti sstu yg keras, bisa di pegang.

A : Jd Anas diajak berpikir konkrit, bukan yg abstrak kaya bahaya, atau lain2?

B : Betul. Jd ?

A : Hmmm....bingung ibunya...πŸ˜–

B :  Hedeh

A : Yg konkrit buat Anas apa bu?

B :  Ibu Anas nanya ke Anas. Ironis πŸ˜’

A : Anas sini deh..ibu kasih liat sesuatu... # ajak liat gergaji

B :  πŸ‘

A : Anas, ini lho alat2 ayah kl kerja. Liat tuh.

B : Liat? 😳😳😳

A : Suruh liat gergaji bu

B : ?

A : Anas coba deh pegang gergajinya, tajem kan?
# siap2 salah lagiπŸ˜– emaknya keder

B : Coba deh pegang gergaji nya? 😳

A : Biar konkrit bu

B : Trs?
Anas: ibu mikirnya lama bgt. Nangis aja lg deh. Huaaaaaaaaaaa😫

A : πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Sabar ya bu... Jd caranya gmn bu? πŸ˜“

B : Sy ini Anas. Kok nanya syπŸ˜ͺ

A : Klo ga disuruh pegang gergaji ntar ga konkrit?

B :  Betul. Jd?

A : Tp pegang gergaji kan bahaya Bu?

B : Lho.. Bukannya ibu memang mau mengajarkan bahaya?

A : Iya bu

B : Jd?

A : Pegang gergaji td kan salah buπŸ˜“

B : Ya krn ibu suruh. Mana mau anaknya.

A : Mana tangan Anas, nih ibu tempel ke ujung gergajinya.. Rasanya gmn? Sakit?

B :  Very good πŸ‘πŸ‘πŸ‘

A:  Itu tdk sama aja nawarin megang ya bu?

B : Tdk. Ambil gergaji nya. Ambil tgn nya, tekan sedikit. Tanya. Sakit?
Kl di tawarin, ayo pegang gergajinya. Mana mauuuu.

A : Oh iya paham Bu

B : Point pembicaraan ini apa jdnya?

A:  Memberi alasan yg masuk akal Anas dan konkrit knp dia ga bisa ikut.

B : Pesan yg ibu mau sampaikan apa?

A : Ga semua keinginan kita bisa terpenuhi. Saat keinginan kita tidak terpenuhi ada alasan yg masuk akalnya.

B :Tdk.

A : Semua ada alasannya. Misalnya knp dia ga bisa ikut.

B : Bkn.
Sy deh yg jd ibu.. πŸ˜“ kl sy jd Anas ibu smakin bingung dan bikin sy bingung.

A : Boleh bu...saya jd Anas.

------

B : Tadi kesel ga blh ikut ayah ya?

A : Iya bu.

B : Anas tau knp ayah ga ajak?

A : Ga tau....ayah mah jahat!

B : Sini..# ke tempat gergaji, dan rasain di tgn nya.
Sakit?

A :  Aww...sakit bu.

B :  Ayah mau bikin booth, pake alat2 spt itu. Gmn kira2 kl kena tgn Anas?
Apa yg terjadi?

A : Tp aku cuma liat doang ko dari jauh. Ga maen gergaji

B : Ok. # ambil pensil. Taro di lantai.

B : Duduk sini. Liat pensil ini.
# ibu mundur. Kira2 3 meter.

B :  Sambil liat pensil, anas bs liat ibu ga?

A :  Emh..ga bisa bu.

B : Knp? Kok ga bs liat?

A :  Kan anas lg liat pensil. Anas ga bisa liat dua2nya bu.

B :  Begitulah ayah.
Kl ayah lg sibuk bikin booth, ga bs ngliat Anas di mana.. Lg ngapain, sama siapa, bahaya ga.

Gergaji cm 1 alat yg berbahaya di tempat ayah kerja. Yg lainnya banyak. Ada paku
# ambil paku, tusuk dikit ke tgn nya.

Kl ga sengaja kena dan sakit, terus luka, terus berdarah.. Gimana?

A : Sakit bu.

B : Anas mau sakit?

A : Ga mau.

B : Ayah jg ga mau. Itu makanya Anas ga di ajak.
Jd ayah ga ajak Anas td krn ayah ga sayang sm anas, apa krn sayang spy Anas ga terluka?

A :  Ayah sayang sama Anas.

A : Kl ke restoran, tempat2 enak, yg ga bahaya, kira2 anas bakal di ajak ga?

A : Diajak

B : Besok2, kl ayah ga ajak berarti?

A : Berarti bahaya buat anas ikut.

B : Nangis2 nendang2 kyk td lg ga?

A : Ngga bu..

B : 7 menit kelar kan πŸ˜‚

A : Iya Bu...jazakillah khoiron sabar ngajarin saya 😘

--------

B : Point yg sy tekankan, apa?

A : Bahwa ayahnya sayang anas, ga mau anas celaka. Makanya ga diajak.

B : Very good πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Sm anak di bwh 7, fokus ke perasaan. Mrk hanya tau itu sj.
Mrk hrs tau, fakta ga di ajaknya krn di landaskan perasaan. Perasaan positif. Perasaan syng.

Mrk ga perlu tau bhw ga smua di dlm hidup ini mrk dpt. Ga skrg.
Mrk akan tau seiring hidup. Tdk di usia 5.5. 😊

*Sumber : FB Wasiyati Marhami*

*Penutup*

*BuSar Jazaakillah khair atas kesediaan Waktu nya, semoga menjadi ilmu yg bermamfaat dan amalan jariyah hingga di akhirat*

*Saya mohon maaf jika ada hal hal tehnis yang kurang pas dan tidak sesuai dengan harapan IbU Ibu dan begitu Juga BuSar Khusus nya*

*Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilahailla anta astagfiruka wa’atubu ilaik*

*_Spt yg pernah sy sampaikan ke buwas.. Utk di sampaikan kpd tmn2 yg belajar Parenting lwt status2 beliau... Pilih 1 wadah, 1 guru, yg sesuai dg gaya, agama, dan aliran yg pas dg diri kita masing2. Belajar Parenting Hrs kontinue, stiap wkt, krn pengasuhan itu sejatinya tdk berujung_*
*_Wa Jazakillahu khair jg bucut. Aaamiiin. Sy jg mhn maaf sm ibu dan tmn2 disini kl cara sy berbeda dg narsum2 yg lain. Krn sbtulnya 1 pertnayaan tdk Bs di jwb dg singkat dan sederhana., krn smp mslh itu ada, proses nya tdk singkat dan sederhana. Cm krn keterbatasan kesempatan, dan sy Hrs jawab jd yaaa.. Begitulah. Hehehe._*

0 comments:

Posting Komentar