31/08/17

Kulwap Parenting KOBAR ke 14




πŸŽ€ *Resume Kulwap Parenting KOBAR ke 14* πŸŽ€
{ *Komunitas Ibu Belajar* }

πŸ“… Kamis, 09 Maret 2017
⏰ 10.00

Tema: *Usia Ideal Memasuki Sekolah Dasar*

Nara Sumber: *Primarreta Elsya*

Profile singkat :

PRIMARETTA ELSYA  
Seorang Ibu Rumah Tangga , dengan dua putri:
1. Mysha Ariana Munawar, 8th 10bln
2. Vania Astrid Munawar, 6th 6bln

Istri dari suami tercinta DADAN MUNAWAR

Lulus dari Fakultas Psikologi UNISBA Bandung

Mulai Belajar Parenting sejak 2009 s/d sekarang. Sebelumnya lebih terfokus pada psikologi industri.

Pada tahun 2012 mendirikan  Komunitas Parenting AbahAmbu di Bandung bersama rekan-rekan kuliah dan telah beberapa kali menyelenggarakan seminar dengan mengundang Ibu Elly Risman, Psi dan Ust. Bendri Jaisyurahman.
Program kerja AbahAmbu lainnya adalah "AbahAmbu Goes To School" dengan agenda mengunjungi TK-TK terpencil di sekitar Bandung dan Jakarta untuk memberikan pengenalan dan pembelajaran kepada para orang tua dan guru mengenai Ilmu Pengasuhan (Parenting). Aktif di group KOBAR (Komunitas Ibu Belajar) Sebagai Team Koordinator KOBAR.

Sampai saat ini masih berjuang untuk menjadikan AbahAmbu sebagai Rumah Parenting di bawah YAYASAN KITA DAN BUAH HATI

Moderator: *Welly Suardi*
Co-Moderator: *Balqis Bararah*
Peresume: *Hasfiani*

🎍🎍🎍🎍🎍🎍🎍🎍🎍🎍🎍🎍🎍

πŸ“šπŸ“šπŸ“š *Materi* πŸ“šπŸ“šπŸ“š

Materi kulwap KOBAR

USIA MATANG UNTUK ANAK MEMASUKI TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (SD)

Assalamualaikum warrohmatullahi wabarokatu buibu sekalian....
Kali ini kita jumpa di kegiatan Kulwap nya KOBAR. Kali ini saya menyampaikan materi ini karena bbrp hari terahir ini kita banyak membahas tentang usia sekolah anak. Saya tampil disini bukan berarti saya lbh pintar, lebih hebat, lebih berhasil atau lebih apapun dari buibu semua. Saya hanya ingin berbagi dari sedikit yang saya ketahui. Kita mulai aja ya buibu.....

Bismillah....
Dewasa ini ada fenomena kegalauan di diri para orang tua dalam mengambil keputusan untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah. Dimulai dengan hebohnya promosi-promosi sekolah tingkat toddler, pre-school sampai tingkat tertinggi dlm kasta pendidikan. Bahkan ada yang sudah "menyekolahkan" anaknya sejak usia 6 bulan!!!
Kemudian masih ada orang tua yang merasa, adalah hal yang wajar jika anaknya sudah masuk SD di usianya yang ke 6 tahun, dengan alasan klasiknya:
* Waktu saya masuk SD juga usia 6 tahun ko...bahkan ada yg 5 tahun
* Udah TK 2 tahun, masa TK lagi?
* Anaknya udah pengen ke SD
* Anaknya udah bisa calistung
* Nanti anaknya ketuaan dibanding temen2nya

Alasan di atas bener apa betul??

Sementara di sisi lain, dinas pendidikan yang nota bene berisi orang2 yang ahli di bidang pendidikan menyarankan usia masuk SD adalah 7 th. Sebagai cerminan, di Finlandia, sebagai negara dengan sistem pendidikan nomor wahid di dunia, memberlakukan usia minimal masuk sekolah dasar itu usia 7 th. Bahkan disana lebih Afgan (sadis) lagi...usia 7 th kurang 1 hari pun masih belum diijinkan untuk menempuh jenjang SD. Di Jepang, anak kelas 1-3 masih belajar tatakrama dan budaya. Masuk tahun ke 4 baru ada kurikulum akademisnya.
Hal2 tsb pastinya bukan tanpa alasan ya....mau tau alasannya? Cekidot buibu.....

1. Tahapan Perkembangan Manusia (Elizabeth Hurlock)

Hurlock menjabarkan bahwa ada tahapan perkembangan manusia beserta tugas2 perkembangannya sejak lahir sampai ahir. Dimana JIKA ada satu tahapan yang terlewati, maka tahapan tersebut akan "menagih" kemunculannya di masa yang akan datang. Jadi jika seseorang tidak melaksanakan tugas perkembangan di masa kanak2nya scr optimal, maka kelak saat dia dewasa akan muncul tindakan kekanak2annya yg dulu tertekan. Dah banyak contohnya yaaa....
Kalau menjabarkan semua tahapan perkembangan manusia lahir-ahir pastinya butuh sesi khusus. Jadi kita bahas bbrp tugas dan perkembangan masa kanak2 usia 2-6 th, yaitu:
* belajar mengendalikan dan membersihkan kotoran tubuh (istinja)
* mempelajari perbedaan jenis kelamin dan aturan2nya
* mempersiapkan diri untuk membaca. *bukan belajar membaca*
* belajar membedakan benar salah
* mengembangkan hati nurani
* mengenal lingkungan sekitar (eksplorasi)
* bagi mereka, bermain=belajar, belajar=bermain

2. TERPENUHINYA INDIKATOR KEMATANGAN ANAK UNTUK BERSEKOLAH

Kematangan tiap anak pastinya berbeda beda, maka sebelum masuk ke jenjang SD, seorang anak harus sudah memiliki kematangan di aspek-aspek berikut:

1.  Aspek Fisik (motorik kasar dan halus)

2. Aspek Bahasa, fasih bicara, dapat menyampaikan pikiran/perasaan scr verbal dan dapat memahami instruksi orang lain

3. Aspek Sosial Emosional, bisa main bersama, mau menolong, mampu beradaptasi, bisa konsentrasi 15-20' , bisa menahan keinginan, patuh pada aturan, dll

4. Aspek kemandirian, berpakaian sendiri, mandi sendiri, terampil dalam kegiatan toilet (istinja), mampu melakukan rutinitas

5. Aspek kognitif, segala kegiatan yang berhubungan dengan otak termasuk di dalamnya CALISTUNG

TERNYATAAA....Aspek Kognitif itu adalah aspek terahir yang harus dipenuhi oleh seorang anak untuk masuk SD. BUKAN aspek utama

3. KEMATANGAN OTAK

Otak juga tumbuh dan berkembang secara bertahap.

1. Otak Primitif, mengatur fisik untuk bertahan hidup, mengelola gerak refleks, mengendalikan gerak motorik, memantau fungsi tubuh dan memproses informasi yang masuk dari penginderaan.

2. Otak Limbik, memproses emosi seperti rasa suka/tidak suka, cinta/benci, marah/sayang dst. Otak ini sebagai penghubung otak pikir dan otak primitif. Otak limbik adalah aktifitas otak pikir dan otak primitif. Otak ini matang pada usia 7th.

3. Otak Pikir/neocortex, tempat bergabungnya pengalaman, ingatan, perasaan, dan berpikir untuk melahirkan gagasan dan tindakan. Otak ini BARU aktif di usia 7th dan matang pada usia 21-25th

Seandainya seseorang sebelum 7th otak pikir dipaksa untuk aktif, maka perkembangan otak limbik akan terhenti. Akibatnya orang tersebut akan memiliki permasalahan dalam hal pengelolaan emosinya. Menjadi tidak cerdas dalam EQ nya.

" Tapi anak saya masuk SD usia 6th, sekarang kls 3 akademiknya baik2 aja tuh"

Bisa jadi. Tapi besar kemungkinan akan ada harga yang harus "dibayar" di kemudian hari. Dan sudah banyak kasus soal ini.

4. ORANG TUA, ANAK DAN GURU

Jika anak masuk SD di usia matang.....
Orang tua ngga akan pusing+stress liat kurikulum yang dihadapi anak....kelas 2 SD sekarang sudah berhadapan dengan konsep kali dan bagi (ada yang masih inget kapan kita pertama kali ketemu perkalian dan pembagian??)
Anak ngga akan stress juga menghadapi tuntutan kurikulum dan "nyanyian" orang tuanya. Anak akan terhindar dari bullying di sekolah.
Guru juga ngga akan terserang "panic attack" ngajarin anak bawang yang terseret. Ngga akan cape nyuruh anak didiknya untuk duduk diam melaksanakan instruksi.

Untuk merubah kurikulum jelas akan jauh lebih sulit dibanding merubah mind set ortu dalam menghadapi perubahan yg ada.

Lalubapa efek dari terlalu cepat memasukkan anak ke SD?

1. Ortu dan anak jadi stress menghadapi kurikulum yang ada.
2. Silahkan manfaatkan gadget Anda untuk searching supaya materinya tidak terlalu panjang 😁

"Tapi....anak saya udah masuk SD usia 7th lebih tapi ko nilainya gitu2 aja....bahkan tergolong kurang. Gimana dong???"

Tenaaaang...ngga semua anak jadi hebat/cerdas di bidang akademis. Masih ada jenis2 kecerdasan lainnya. In syaa Allah kapan2 kita bahas tentang si "kecerdasan lain" itu ya buibu...

Demikian ya buibu pemaparannya. Mohon maaf atas kata2 yang kurang/tidak berkenan, maaf juga jika cara saya menyampaikannya tidak dalam teks formal. Semata mata agar supaya kita bisa saling berbagi dalam suasana serius tapi santai.
Tetep semangat buibuuu
Wassalamualaikum.....

🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

πŸ€—πŸ€— *Sambutan Pembukaan* πŸ€—πŸ€—

Bismillaahirrahmaanirrahiim... 

Alhamdulillaahi rabbil ‘alamiin, wassalaatu wassalaamu’alaa asrafil anbiyaa ii wal mursaliin Muhammadin, wa’ala alihi wa'ashahbihi ajma’in,

Rabbis shrahli shodri wa ya shirli amri wahlul uqdatammil lisaani yafkahu kauli, amma ba’du.

Sebelumnya perkenalkan saya Welly Moderator hari ini.
Sebelumnya Co.moderator bu Barara Balqis telah bertugas membagikan materi dan menampung pertanyaan, dan nanti setelah kulwap selesai akan kita bagikan resume yang akan di kerjakan oleh peresume handal kita bu Hasfiani. Jazaakunnallah khairan.

Yang saya hormati , Narasumber yang telah hadir pada hari ini untuk berbagi ilmu bersama kami disini.. Bu Primaretta elsya,psi
Yang saya hormati Dan muliakan para ibu dan untuk calon ibu yang yang sudi kira nya meluangkan waktu untuk ikut belajar bersama di dalam Kuliah Whatsaap (KulWap) KoBar ini, semoga Rahmat tercurah kepada kita semua,

Puji syukur Al-hamdulillah marilah kita senantiasa panjatkan kehadirat Allah Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ω‡ و ΨͺΨΉΨ§Ω„Ω‰ 
Atas limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah dan Inayyah-Nya pada kita semua, 
Yang mana sampai saat ini kita masih diberikan Iman, Islam dan kesehatan,
sehingga pada pagi hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam Majelis yang mudah mudahan di Ridhai Allah Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ω‡ و ΨͺΨΉΨ§Ω„Ω‰

Sholawat dan Salam, semoga Allah senantiasa mencurahkan pada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω…    , beserta Keluarga dan Para Sahabatnya, dan orang orang istiqamah berjuang dan mengikuti sunnah Rasulullah hingga akhir zaman.

Baik, Insya allah kita akan memulai KulWap kita dengan menampilkan pertanyaan yang telah masuk, untuk nanti nya akan di jawab oleh NaraSumber.

πŸ₯πŸ₯πŸ₯πŸ₯πŸ₯πŸ₯πŸ₯πŸ₯πŸ₯

*Sesi Tanya Jawab*

Pertanyaan 1⃣ Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh..
BuPim sekarang kan banyak model sekolah seperti ada sekolah alam, sdit, sdit sistem sentra, dan sekolah khuttab alfatih... Dari setiap model sekolah ini baiknya dan cocoknya buat anak yang bagaimana yah? Misal SDIT cocok buat anak yang karakternya seperti apa dstnya.. Makasih buPim
Beberapa wkt lalu coba cari sekolah anak yang mau masuk SMP sekolah ini SMPIT dan di jelaskan dengan sistem sentra... Saya baru dengar kalau SMP pun sistem sentra.. Setahu saya tk n SD.. Apakah dijenjang SMP juga cocok yah sistem sentra?... Kira2 keunggulan sistem sentra ini apa yah? Makasih buPim
-Nurkomaladewi-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu nurkomaladewi....
Saya jawab SMP sentranya dulu ya budewi.  Kelas sentra untuk jenjang SMP memang masih baru,  tujuannya agar anak bisa mengembangkan minatnya masing2, merangsang inisiatif anak untuk mencari kegiatan,  selain untuk merubah situasi belajar. 
Jadi sekolah yg memberlakukan sistem ini tampaknya ingin agar anak didiknya tidak hanya puas dengam metoda pengajaran lama dengan cara "disuapi" aja.
Sementara untuk jenis2 sekolah yang ibu dewi tadi sebutkan memang akan lebih cocok jika disesuaikan dengan karakter anak. 
Pada umummya mungkin sebagian besar anak2 akan cocok dengan SDIT karena sistemmya mirip sekolah2 biasa.  Sekolah alam untuk anak kinestetik, dst,  silahkan ibu kategorikan sendiri krn itu bukan hal yg sulit.
Selain disesuaikan dgn karakter anak,  sekolah yg dipilih tentunya harus disesuaikan dengan pola pengasuhan agar ada kesinambungan. ✅

Pertanyaan 2⃣ Assalamu'alaikum
BuPim, anak2 saya sudah saya masukkan sekolah dari mereka usia 2,5th. Tujuan saya agar mereka bersosialisasi dan kehebohan bisa berkurang di rumah 😒
Apa saja dampak baik & dampak buruk dengan memasukkan anak sekolah terlalu dini?
Kalau sudah terlanjur, apa yang harus saya lakukan?
-NN, Jakarta-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu NN....
Senasib kitaaaa hahahaha....sy juga masukin anak ke sekolah usia 2th 4bln dgn maksud spt bu NN hehehe.
Saya ngga tau usia anak bu NN skrg brp tahun.  Kalau belum usia masuk TK B sebaiknya berenti aja dulu.  Tapi kl udh di TK B dengan usia yang pas,  ya lanjutin aja tapi harus menurunkan ekspektasi thd anak. Biarkan anak enjoy dl dgn sekolahnya.
Akibat baik&buruk? Kl anaknya memang punya buanyaaak energi, kabar baiknya,  anak bisa menyalurkan energinya dan tidak merasa terbebani.  Tapi kl energi anaknya pas2an jadinya kasian.
Kabar buruknya....kl masuk sekolah mau itu PAUD,  PG,  kober atau apapun namanya,  pada usia yg tll muda anak akan lebih cepat merasa jenuh dengan rutinitas. ✅

Pertanyaan 3⃣ Assalamualaikum, saya mau tanya:
1. Kapan saat yang tepat mengajarkan calistung pada anak? Karena saat masuk SD usia 7 tahun anak harus sudah bisa calistung. Anak saya perempuan usia 4 tahun
2. Lebih baik menyekolahkan anak di sekolah negeri yang jam belajarnya dari pagi sampai siang atau di sekolah swasta islami yang jam belajarnya dari pagi sampai sore?
-Suci, Depok-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu suci
1. Kata siapa saat masuk SD udh harus bisa calistung?  Justru di SD lah mulai belajar calistung.  Dalam kurikulum TK ngga ada calistung
2. Dalam forum ini sy ngga berani menyebutkan mana yg lbh baik. Kembalikan ke kondisi anak,  karakternya, pola pengasuhan ortu dan biaya pastinya ✅

Tanggapan:
*Moderator* ▶ Sd sekarang, syarat masuk sd sdh hrs bs calistung. Gimana buPim?
*BuPim* ↪ Ngga juga buwel... Justru calistung itu ada di kurikulum kls 1 SD.  Di bandung masih banyak SD yg nerima anak yg blm bisa calistung. Tapi kl keukeuh,  makanya masukin anak ke SD nya di usia matang supaya tidak terlalu mengalami kesulitan saat mulai belajar calistung.
▶ Minimal sd 7th bupim? Kurang2 dikit boleh kah?
↪ Minimaaaaal bgt 6th 8bln
▶ Ok

*BuSuci* ▶ Tp bukannya syarat masuk SD harus sudah bisa baca bupim?
*BuPim* ↪ Ngga bu suci sayang 😊 Syarat masuk SD itu hanya 1... Usia 7th
▶ Oh gitu, baik bupim
↪ Tapiii kl SD swasta suka ada yg bikin ketentuan sendiri. Jd ya mmg sulit sih krn ngga ada kekonsistenan keputusam antara stake holder dalam bidang pendidikan.
Saran saya sih walau bagaimana lbh baik mengikuti saran dari orang2 pinter aja,  kita tinggal ngikutin.  Ngga usah cape2 trial,  apalagi trialnya sama anak sendiri.  Ooooh nooo πŸ™ˆ
▶ Yg kedua berarti gpp kalau menyekolahkan anak dr pagi sampai sore? Apa itu ga merebut jam main anak?
↪ 1. Liat dl karakter dan energi anak spt apa
2. Liat lingkungan apa lebih baik di sekolah full day atau lbh baik maen sepeda di rumah.
▶ Baik bupim, terima kasih jawabannya 😊

*BuNabilah* ▶ Apakah mengenalkan angka termasuk calistung yg di TK tdk boleh?
*BuPim* ↪ Tung itu kan dari berhitung ya?  Kl hanya mengenalkan angka dan huruf boleh aja. Itu kan bagian dr persiapan calistung
▶ πŸ‘πŸ»πŸ’❤ terimakasih bupim

*BuNine* ▶ Sebenernya "berhitung" dan "mengenalkan angka" itu duluan mana ya?
Anak saya 1 th udah sering saya ajak berhitung.. Misal sambil lempar tangkap bola, sayanya bilang.. Satuuuu, duaaaa, tigaaa (ngitung bola)
sementara kalau mengenalkan angka, krn sifarnya simbol (gak kongkret) baru saya kenalkan usia 4-5 th
Kurang tepat kah?
*BuPim* ↪ Berhitung atau menyebutkan nama angka?
Jelas yg biasa diajarkan kan menyebutkan nama angka ya bu..... Satu.... Dua.... Tiga.... Dst
Setelah itu mengenalkan pada angkanya..... Ini loh yg namanya satu (1).... Ini loh yg namanya dua (2).... Ini loh yg namanya tiga (3) dst
Kalau berhitung udah ada lambang perhitungannya +, -, x, : , √ dst
Kira2 bisa dipahami ngga ya bu?
▶ Ooh maksudnya berhitung disini ini ya. Oke noted
↪ Yg dimaksud berhitung itu yg ada lambangnya.  Itu yg blm boleh diajarkan
▶ Ok noted

Pertanyaan 4⃣  Assalamualaikum buPrim..
Anak baru akan sekolah usia 7 thn, dan tk b 6th...
Sebelum usia itu apakah yg bs kita ajarkan ke anak? Apakah ada gambaran kurikulum sesuai ykbh atau parenting abah ambu yg bs kita gunakan untuk kita sendiri mengajar anak dirumah...
Pernah denger yg penting bermain dan adab, tp kdg bingung pengaplikasiannya... Untuk usia 5thn selama kita blm menyekolahkan, apa saja yg perlu kita ajarkan agar pas masuk tidak tertinggal dengan anak2 yg sudah TK duluan..
-Rita, Bekasi-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu rita.  Ih saya seneng deh dgn pertanyaannya.  Krn jawabannya sangat mudah.  Yaitu dengan cara BERMAIN.  Bagi anak saat bermain=saat belajar. Karena pada saat bermain anak akan mempelajari banyak hal
Saat bermain bisa disisipkan adab. In syaa Allah akan lebih menerap.
Kalau usianya udah tepat,  in syaa Allah ngga akan sulit menyesuaikan diri. Jadi jangan sepelekan bermain untuk anak2 ya.... apalagi main sama ortunya. Parent is th best toys ✅

Tanggapan:
*BuRita* ▶ Adakah jdwl2 bermainnya atau spontan aja bu prim? Berarti kita harus rajin ajak bermain saja ya bu... Makasih bu
*BuPim* ↪ Spontan bisa,  bikin kurikulum ala ala bunda juga boleh biar ga mati gaya bingung mau main apa.
Share aja.... Sy sll bikin kurikulum ala ala di setiap waktu libur panjang. Krn anak2 udh mulai besar jd suka nyusun kurikulum sama2. Nyusun kurikulum sama2 pun jadi pembelajaran buat mereka
▶ Gambaran kurikulumnya msih bingung buprim? Adakah rekomendasi contoh kurikulum yv sesuai.. Makasih buprim
↪ Jangan binguuuung...
Misalnya buat si balita,  kita kan harus mengoptimalkan motorik kasarnya sebelum motorik halus.  Jdi coba ibu cari kegiatan mengasah motorik kasar apa aja?  Misalnya melompat.  Nah bikin jadwal tiap hari senin kegiatan melompat yg dimodifikasi. Selanjutnya misalnya engklek,  bikin kegiatan tiap selasa yg mengandung unsur engklek. Tiap rabu main puzzle,  tiap kamis bikin kue,  si anak kebagian ngaduk2, dst dst
Puzzle nya jangan yg 500 keping ya buuuu.... Itu mah sy juga puyeng hahaha
▶ Siapppp mami prim..hehehe..
Hatur nuhun bu..πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ
↪ Sama2 mamirit 😁

Pertanyaan 5⃣ Alhamdulillah setelah membaca materi, saya jadi faham kenapa anak yang terlalu dini sekolah: lebih susah di atur, caper, dan ada saatnya mood belajarnya ambruk. Walaupun efeknya tdk langsung.
➡ Latar belakang: saya mendirikan tahfizh sore selama 1-1,5 jam selama 5hari sepekan. Selama ini membatasi usia minimal 5 tahun dan record usia tertinggi usia 13th. Utk usia 5-6 th kelasnya tersendiri dg metode klasikal. Anak duduk rapi hanya 10-15 menit pertama untuk talqin lalu saat antri setor, boleh sambil main.
Kasus: anak-anak yang usia 5 tahunan, lebih mudah menghafal. TAPI, mungkin ini yang dimaksud dg kesiapan mental ya bu. Anak2 tersebut lbh susah dikendalikan, kalau boleh dibilang biang keributan di kelas. Lalu ada saatnya betul-betul mandeg. Tidak bisa nambah hafalan baru, hafalan lama kacau.
Tanya: sebaiknya pd usia berapa anak boleh ada waktu tambahan belajar/les? Apa di usia 7 tahun?
➡ Yang ini kasus anak pertama saya, dulu sudah puas sekolah dini sejak usia 3,5th. Sekarang sdh 9 th kelas 4. Sampai saat ini baik akademis maupun emosional masih terlihat normal. Saya takut jika suatu saat akan ada tahapan yang pernah terlewati akan muncul di masa datang. Apa yang perlu kami lakukan untuk mencegah dan memperbaiki?
Afwn sedikit tambahan, utk mengahafal Al-Quran sejak dini, saya sangat mengakui itu bagus. Tpi bersama ortu, dan yg selama ini bermasalah, yg sy perhatikan krn pd usia dini tersebut tugas itu dilimpahkan pd org lain.
Terimakasih jazakillahu khairan katsira bu Rara πŸ’
-Nabilah Ummu Salman, Jember-

Jawaban:
5. Waalaikum salam
- les tambahan mulai usia 8th
- jika kemudian hari apa yg ibu hawatirkan muncul (semoga ngga yaaa), ibu harus menurunkan ekspektasi akademis thd anak. Dilarang ngomel2, ngebanding2in, apalagi dibandinginnya sama org lain. Minta maaf sama anak,  terima perasaannya,  beri kesempatan untuk melakukan apa yg bisa membangkitkan moodnya,  kl anak udah hepi in syaa Allah aman. ✅

Tanggapan:
*BuNabilah* ▶ Boleh menyela bu? Jd yg skrg msh usia dibawah 8, lbh baik di hentikan? Lalu ada bbrp anak diatas 8th kmd muncul masa jenuh krn dulu masuk terlalu dini, apa ada solusi? Terimakasih
*BuPim* ↪ Iya hentikan.  Pertanyaan kedua sudah sy jawab juga kan bu
▶ Siip makasih jazakillahu khairan bupim... Jelas ringkas padat.

Pertanyaan 6⃣ Assalammu'alaikum..
Saya Ika domisili Banda Aceh.
Anak  ke 3 saya lahir di bulan desember skrg usia 3 tahun 2 bulan. Kalo SD  nanti usianya 6,5 tahun atau 7,5 tahun. Mana yg lebih baik? Masalahnya kalau 6,5 tahun sepertinya  belum diterima SD dan kalau usia 7,5 tahun kayaknya ketuaan. Bisa sih masuk SD swasta di usia 6,5 tahun tapi biasanya malah SDIT di sini masuknya lebih susah karena banyak tes calistungnya dibandingkan SD negeri tidak ada tes nya. Bagaimana solusinya ya bu?

Jawaban:
Waalaikumsalam bu ika
Kalau ibu berani susah,  tega liat anak stres boleh masuk 6,5th. Tapi kl bu ika ngga mau susah dan pengen anak hepi sekolahnya berarti 7,5th.
Nanti ketuaan dibanding temen2nya?  Yg bikin anak merasa tua itu kan ortunya.  Kl bu ika berani memasukan anak ke SD usia 7,5th.... berarti ibu ortu yg luar biasa hebbbaaat ✅

Tanggapan:
*BuSusan* ▶ Klo masukin di saat usia 7.5 thn berarti nganggur 1 thn dong anaknya, krn anak sy krg lbh segitu jg umurnya. Lalu utk nunggu 1 thn itu kita masukin ke mana anaknya bu?
*BuPim* ↪ Ngga,  ulang lagi TKB nya

Pertanyaan 7⃣ Bismillah
Assalamualaikum bupim sedikit cerita saya memiliki 3 org anak yg pertama perempuan usia skrg 6,5 thn,ke dua laki 4 thn dan yg ketiga laki 7 bln..
Anak saya yg pertama insa Allah thn ini masuk SD dgn usia 6,9 thn. Yang saya ingin tanyakan dengan senang hati saya meminta masukannya bu.. saya rencana mau memasukan ke SD negri krn ayahnya akan d mutasi tp tdk thn brp lama lgi, sedangkan putri saya mau SD swasta bareng dengan temannya dan SD nya pun msh Lingkungan TKnya yg sering dia lht.. gmn ya bu memberikan pengarahan ke anak saya,, atau saya ikuti kemauan ank saya bu.. Nuhun bu
-Henny, Tasikmalaya-

Jawaban:
Anak ibu sudah bs diajak komunikasi dua arah, coba sblm ibu ajak ngobrol anak ibu, ibu buat list kelebihan dan kekurangan sekolah pilihan ibu. Kemudian ketika ngobrol diutarakan saja pastinya dg gaya bicara sesuai dg usia anak ibu. Kemudian dg terbuka jg ibu coba liat sudut pandang anak...masukan saja di list sudut pandang anak kelebihan dan kekurangannya jika ada hal yg tdk relevan bs ibu beritahukan n beri pengertian kepda anak. Intinya komunikasi, anak akan bs menerima rencana kita sbg ortu jk kita bs mengkomunikasikannya dg baik dan benar.
Karena anak usia segitu mrmang otak pikir blm matang jadi tetap keputusan di tangan ortu, tetapi demi mempersiapkan anak lbh baik didiskusikan sblmnya. ✅

Tanggapan:
*BuPipi* ▶ Maaf hp error, izin nanya ya bu. Anak saya msk sekolah usia 7 +, krn temannya byk yg lebih muda dianya jadi minder krn merasa telat sekolah. Trus biasanya di sekolah nilainya bagus, tetapi tiba tiba drop,saya hrs gmn ya? Saya liat dia kok kayak jadi gak semangat gitu,saya hrs gmn ya
*BuPim* ↪ Udah diajak berkomunikasi blm bu?  Imho,  yg ibu tuliskan itu kan baru berdasar pengamatan ibu aja,  bukan apa yg dirasa anak ya?
▶ anak saya yg bilang kok teman abang umurnya gak sama ya ma,masih kecik, atok abang yg ketuaan 😁
↪ Tugas ortu membesarkan hati anak.  Serahkan pada bapa...
▶ Siap komandan
↪ Emak mah pasti baper. Semoga bapanya ga baper

Pertanyaan 8⃣ Assalamualaikum teh...  
19 november 2017 anak k-3 saya perempuan genap usia 5 thn, dan saya berencana masukin dia k TK dan 2 tahun d TK nantinya. Berarti ketika masuk SD blm genap usia 7 tahun. Saya melihat pengalaman dr kk dan aa nya. Sama2 usia tanggung. Bs d bilang kk nya siap memasukin SD dan gak ada masalah smp skrg udh kelas 5. Tp aa nya yg sekarang d kelas 2 dgn usia 7 tahun, terasa beda bgt. Sekolah sih mau tp klu untuk belajar nulis dll dia gak mau, malah gak peduli sama PR. Apa ini yg d namakan blm siap krn terlalu cepat sekolah. Apa ada cara memperbaikinya. Dan buat adknya bagusnya saya masukin tahun ini atau tahun depan aja bu..
-Nita, Banda Aceh-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu nita
Luar biasa ya.... Langsung terasa perbedaannya ya bu hehe... Untuk abang no 2... spt tadi sudh sy paparkan di pertanyaan sebelumnya.  Ibu harus turunkan ekspektasi ibu thd anak.  Minta maaf, terima perasaannya,  buat anak hepi dulu, kl anak sudah hepi in syaa Allah akan mudah mengelolanya kembali.  Ditambah doa pastinyaaa
Untuk adik perempuannya.  Kl anaknya keliatan mudah adaptasi,  langsung masuk TK B taun depan juga boleh.  Tp kl tergolong anak yg pemalu,  sulit beradaptasi,  boleh masuk dari TK A ✅

Pertanyaan 9⃣ Asalamu'alaikum
Bupim yang baik 😘
Khalieshah 2,5y ini udah minta skola. Ada paud yang jaraknya cuma bbrp rumah aja. Nah khalieshah pengen skola katanya. Yah yang dia tau skola its main ama temen sebaya. Ada mainan pula
Dan yang dia denger tiap hari adalah kakanya sekola juga. Jadi saat kaka skola dia main sendiri atau sama mama.
Boleh gak sih masukin skola niatnya buat anak main aja. No belajar no nulis. Ya kecuali anaknya yang mau. Toh dirumah juga udah mulai corat coret.
Atau saya ada wacana bikin kober hs yang seumuran khalieshah aja. Hanya untuk memfasilitasi main dan mengajarkan adab. Pengajarnya adalah mama mama dr anak anak ini yang tergabung kober.
Baiknya yang mana ya diantara kedua opsi diatas?
-Fetania, Bogor-

Jawaban:
Waalaikumsalam bufeta....
Opsi kedua jauuuh lbh baik bu 😁 ✅

Pertanyaan πŸ”Ÿ  Assalamualaikum
Terimakasih atas kesempatannya, bu primareta, apakah perkembangan otak anak perempuan dan laki-laki berbeda? Sepertinya saya pernah baca anak perempuan otak kiri dan kanan seimbang di usia 7 tahun, apakah benar, kalau demikian, apakah anak perempuan usia 6 tahun sudah bisa sd?
Untuk masuk tk sebaiknya usia berapa ya bu anak perempuan dan laki-laki?
Bagaimana trik agar keluarga sepakat tidak buru-buru menyekolahkan anak dengan alasan kasian ga ada temannya dan kekhawatiran tidak bisa bersosialisasi? Terima kasih bu primareta.
Wassalamualaikum.
-Va, Jakarta-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu va
Iya betul.... Otak kanan kiri perempuan lebih cepat seimbang. Yaitu sekitar 7th, dan otak laki2 seimbang sekitar usia 18th hehehe
Tapi seimbang tidak sama dengan matang. Tetep aja usia 7th atau minimaaaal bgt usia 6th 8bln, adalah usia yg tepat untuk anak mulai mengaktifkan otak pikirnya. Saat otak pikir aktif, saat itu lah siap dalam jenjang pendidikan formal (SD) ✅

Pertanyaan 1⃣1⃣ Assalamualaikum wr. Wb
Pertanyaannya apakah baik bagi ibu bekerja apabila menyekolahkan anak dr jenjang playgrup di usia 4 th? Dgn pertimbangan agak si anak dpt bermain lbh terarah di playgrup daripada bermain dirumah bersama pengasuh?
-A, Jakarta-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu...
Yang terbaik memang bersama ibunya sendiriya bu... tp kadang kala ada yg situasi kondisinya tidak/kurang memungkinkan. Jadi pilihan masuk play group/day care masih lebih baik drpd sama mba pengasuh. Kecuali mba pengasuhnya lulusan YKBH hehehe... Sambil jangan putus berdoa dan berharap bisa mendampingi anak di kesehariannya ya buuuu ✅

Pertanyaan 1⃣2⃣ Assalamualaikum
Idealnya usia masuk sd memang umur 7 tahun, saya sepakt dgn pemaparan di materi. Tetapi ada hal yg tdk sesuai dgn di tmpt tggl saya.
Saya tggl di belanda, anak saya tahun ini 3 thn. Di belanda, wajib belajar usia 5 tahun (grup 2, tk besar kalau di indonesia). Dari survey di 2 sd yg prnh saya datangi, walaupun usia wajib belajar 5 tahun, tetapi anak disarankan sudah bersekolah sejak usia 4 tahun (groep 1, tk kecil di indonesia). Shgga kalau dihitung2, 2 tahun tk (4-6 thn) kemudian 6 tahun sdh masuk sd.
Saya sdh tnya2 apakah mgkn dftr sekolah saat 5 tahun, tnpa groep 1, katanya tdk disarankan. Begitu juga kalau baru didaftarkan sd di usia 7 tahun, tdk boleh. Walaupun memang utk pelajaran calistungnya baru di usia 7 tahun, sblmnya hanya pengenalan saja, pelajaran tdk 'seberat' indonesia, jarang/bahkan tdk ada pr. Bagaimana menyikapi kondisi ini? Apakah tdk apa2 jika masuk sd kurang dr 7 tahun wlpn kondisi sekolahnya tidak mengajari calistung sblm 7 thn? Lagipula saya juga tdk pnya pilihan lain. Hal2 apa yg bisa saya ganti penuhi utk anak dgn berkurangnya jam main karena harus sekolah? Walaupun anak2 disini juga sekolahnya (sblm 7 tahun) hanya bermain & bukan full day school.
Anak saya sudah lancar bahasa indonesia, tetapi belum bisa bahasa belanda, shgga disarankan dimasukkan playgroup (kebanyakan sejak 2 tahun). Saya pernah masukkan playgroup ttp anaknya nangis2 terus, trauma, shgga akhirnya blm 1 bulan & tdk ada kebaikan, saya keluarkan dr playgroup. Tapi mengingat bhs belanda ini penting & dibutuhkan utk anak saya, apalagi harus masuk sekolah 4 tahun nanti, shg terpikir juga utk memasukkan di playgroup sblm usia 4 tahun. Sampai skrg masih belajar bahasa di rumah tnpa sekolah, baru mengerti skdt sekali. Menurut ibu, apakah saya perlu memasukkan di playgroup sejak anak saya usia 3 thn atau dimundurkan saja menjelang 4 tahun? Tujuanny agar familiar dgn bahasa belanda & kesiapan masuk sekolah. Masuk playgroup jd sarana latihan adaptasi dgn yg namanya sekolah krn anak saya tipe yg butuh waktu lama utk adaptasi & utk nyaman di suatu lingkungan. Play group disini di dkt rumah, per hari 2.5jam, tp masuk tiap hari. Tp ada kekhawatiran juga jika anaknya blm siap sekolah wlpun playgroup hanya sebentar malah nanti menimbulkan trauma di anak. Anak saya kalau diceritain/dibacain buku ttg aktivitas di sekolah senang sekali & bahkan bilang mau sekolah tp kalau lihat sekolah/cuma lewat saja tdk mau, kdg nangis2, ingat wktu 2 tahun saya sekolahin di playgroup. Jd sprtinya anak saya blm siap sekolah. Bagaimana mengetahui kesiapan anak? Terimakasih atas tanggapanny.
-RP, NL-

Jawaban:
Intinya jgn terlalu khawatir sama kemampuan bahasa anak, anak2 itu cukup cepat bs belajar n menyerap bahasa apalg dilingkungan yg kondusif dimana semua anak menggunakan bhs tsb.
Yg terpenting saat ini ibu coba persiapkan mental anak utk menghadapi perpisahan dg ortu khususnya dg ibu.
Jgn sampai terjadi traumatik kedua kalinya apa anak krn langsung ditinggal ditempat yg sangat asing sampai bahasanya pun sangat asing untuk dia. Jd dia merasa bener2 sangat terasing.
Tiap negara memang punya kurikulum dan target masing2 yg ingin diterapkan pada setiap warga negaranya.  Kita sbg pendatang pasti akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi, begitu pula anak2.
Yang penting,  bikin anak merasa nyaman,  aman dan tenang aja dulu bu. Jadikan keinginan anak buat ke sekolah sebagai motivasi untuk anak supaya berani melepaskan diri sedikit demi sedikit dari ibunya ✅

Pertanyaan 1⃣3⃣Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
1. Bunda, mau tanya, bagaimana agar kita sebagai orang tua agar lebih percaya diri ketika akan memasukkan anak kita ke SD pada usia 7thn, sedangkan lingkungan sekitar kebanyakan memasukkan anaknya usia kurang dr 7 thn.
2. Apakah kalau memasukkan anak ke sekolah tahfiz usia 5 thn sudah bisa? Karena di daerah sy, ada PAUD tahfiz yg mulai masuk usia 3thn. Jadi usia 6 thn diharapkan mampu hafal 3 juz Al Quran. Jazakillahu khoiron Bunda.
-Krisna, Solo-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu krisna
Supaya pede? Tambahkan ilmu dan referensi mengenai materi yg sudah sedikit sy sampaikan. Bergaul dengan orang2 yg sepemikiran. In syaa Allah makin pede
Tahfiz selama kegiatannya murni menghafal sih ngga masalah mau dari dalam kandungan juga. Metoda yg digunakan juga harus bikin anak hepi. ✅

Tanggapan:
*BuKrisna* ▶ Jd kalau diPAUDkan usia 3 thn di PAUD Tahfiz boleh ya BuPim?
*BuPim* ↪ Selama hanya tahfiz saja masih boleh bu. Tapi kl sebatas tahfiz aja sy pikir ibu juga masih bisa melakukannya. Bagaimana pun intwraksi dgn ortu masih sangat sibutuhkan oleh anak
▶ Ok, jazakillahu khoiron jawabannya πŸ˜€

Pertanyaan 1⃣4⃣  Assalamualaikum... buPim..
A. Anak saya kan sekarang ngulang TK B.. nah nanti di SDnya kemungkinan masih ketemu sama temennya sekelasnya waktu di TK dulu(mereka nanti udah kelas 2) karena pilihan SD yang terbatas. Bagaimana saya menguatkan anak saya ya Bu? (Pilihan SD nya cuma 2 sekolah, 1 SD negeri, 1 MI. Nanti anak saya masuk SD usia 7.3y).
B. "mempersiapkan diri untuk membaca, bukan belajar membaca" maksudnya  bagaimana ya Bu? Terimakasih
-Ina, Ambon-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu ina maniseee
A. Kebayang galaunya ya bu.... Sy ikut bingung juga. Tapi anak kita kan punya ayah,  atau siapapun pengganti sosok ayah. Bisa kakek atau paman. Kerja sama dengan beliau. Karena kekuatan mental seorang anak itu diambil dari sosok ayah. Ada saatnya karakteristik ibu justru bisa "melemahkan" anak.
B. Maksud mempersiapkan diri untuk membaca itu maksudnya mengenalkan anak pada bunyi dan bentuk huruf bu. Sementara belajar membaca itu sudah menghubungkan 2 huruf atau lebih dan mengeluarkan bunyi baru ✅

Pertanyaan 1⃣5⃣ Assalamualaikum
Utk merubah kurikulum lebih sulit dibanding merubah mind set ortu
Petanyaan nya jika dinas pendidikan yg isinya org2 ahli dibidang pendidikan sj menyarankan masuk SD 7th, knp masih dibolehkan masuk SD di bwh 7th.. apa ga ada dlm pasal2 hukum sekalian ya bu, jd fix aturannya?
Trus klo memang para ahli sudah tau step2 kemampuan anak.. knp jg kurikulumnya jd makin cetar membahana gini, dan tidak ada jg apa para ahli bs mengajukan aturan yg seharusnya k dinas pendidikan.. dan harus kmn kita para ibu2 yg gagap ilmu ini jika ingin menyampaikan aspirasi tepatnya *Complain* kata sy.. ato berupa surat petisi gtu ya?
Maaf jika pertanyaan sy salah tempat, tp sy yakin ini jg keluhan para ibu2 lainnya, sy gemes sama pendidikan d negara kita, yg kadang sudah tdk wajar, ditambah biaya yg semakin melambung (curcol). Maaf dan terimakasih sebelumnya.
-Lidiya, Bekasi-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu lydia
Sebenarnya kualitas pendidikan kita ini kan banyak ketinggalan ya.  Sy juga ngga begitu paham dengan jawaban akan pertanyaan bu lydia.  Maka dari itu jalan satu2nya yg bisa kita lakukan untuk meminimalisir ke-stress-an anak dan ortu akan kurikulum adalah dengan mengikuti aturan mainnya. 
Sharing lagi. Anak pertama saya masuk SD 7th 2bln.  Alhamdulillah sy tidak pernah mengajarkan membaca, saat di kelas 2 SD ini dia sudah memahami konsep kali dan bagi tanpa dia dan saya merasa stres. Dia pun tetap memiliki haknya untuk bermain. ✅

Tanggapan:
*BuLidiya* ▶ Hmm berarti kita meminimalisir saja ya bu..
*BuPim* ↪ Iya, daripada tidak ada usaha sama sekali
▶ Sy liat pelajaran skr dah tergopoh2.. dan ternyata pendidikan kita masih ketinggalan.. omg. Baiklah bu.. paham skrg. Makasi pencerahannya bu

*Moderator* ▶ Ternyata benar ya bupim
Kalo buah akan matang pada waktunya. Jika mangga muda yg d petik, hrs mau merasakan asem nya.
*BuPim* ↪ Betul buwel.... Kalau mau mangga manis saat dipetik berarti pilih mangga matang
▶ Ini yg sedang sy terapkan utk si bungsu
Semoga nanti hasilnya manis spt bupim😍

Pertanyaan 1⃣6⃣ Assalamualaikum wr wb
1. Bagaimana alasan yang bagus untuk anak yang harus mengulang di tk B, sementara temannya yang lain sudah masuk sd?
2. Karena tuntutan masuk SD sekarang harus bisa baca tulis, apakah dianjurkan untuk les baca tulis di umur 6thn? Karena anak saya skr umur 5th 8bln belum hafal dengan huruf2. Terima kasih.
-Dian, Tangerang Selatan-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu dian
1. Beri alasan kalau ananda masih membutuhkan main lebih banyak. Boleh diperlihatkan buku2 kls 1 SD,  tanya,  ananda bisa?  Kl blm bisa,  berarti ananda masih butuh main.  Libatkan ayah untuk meyakinkan
2. Tidak boleh les sebelum 8th. Kecuali tahfiz dan berenang. Apalagi blm hafal huruf. Bisa bisa dibayangkan stres seperti apa yg akan dihadapi ortu dan anak jika dipaksakan masuk SD dengan kondisi yg ibu sebutkan? ✅

Tanggapan:
*BuDian* ▶ Iya bu anak saya ini yang kedua memang agak lambat dalam menerima di tk. maksudnya menerima yg disampaikan gurunya
*BuPim* ↪ Usianya bu? TK B?
▶ 5th 8bulan bupim, iya bu skr di TK B
↪ Jangan melabel anaknya lambat bu.  Mmg blm usianya. Kesalahan ada di usia masuk sekolahnya.  Bukan di anaknya
▶ Iya bupim kesalahan saya masukin tk diawal πŸ˜”
↪ Perbaiki sama2 ya bu.... Tetep semangat 😊
▶ Terimakasih bupim atas pencerahannya.. jadi tidak perlu les baca tulis sampe sd nanti ya bupim
↪ Tak usah.... Sering bacain buku aja.  Lama2 juga dia penasaran pengen bisa baca 😊

Pertanyaan 1⃣7⃣ Salam
Bu anak sy 7,5th kls 1sd. Bagaimana cara mengatasi krisis kepercayaan dirinya krn kl mau ungkapin pendapatna ke guru hrs lewat temenna, dn kl disklh dia pendiam, tp dirumah tdk, mhn solusi agar sifat disekolah sm dg dirumah... klw blh pertanyaan satu lg... sebaikna les ap yg cocok dn utama utk kls 1sd les tahfiz/menari/matematika/bahasa inggris. Jazaakillah khoiron jazaa atas jawabannya, sgt bermanfaat bwt sy. Wassalam
-Fitrinurkusbina, Garut-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu fitri
Selain dengan cara dilatih,  percaya diri anak ditentukan oleh kepercayaan pada ortunya, contoh dari ortunya dan motivasi dr ortunya terutama ayah. Mungkin juga karena pernah ada kejadian yg tidak mengenakan bagi anak. Sy tidak tahu mana yg menjadi hambatan.
Untuk anak di atas 8th disarankan ekskul yg berhubungan dengan motoriknya (kasar/halus) ✅

Tanggapan:
*BuFitri* ▶ Bupim motorik kasar/halus spt apa contohnya.. Hatur nuhun
*BuPim* ↪ Sederhananya,  otorik kasar itu yang menggunakan anggota tubuh kita yg besar dan menghasilkan gerakan yg besar. Misalnya sepak bola,  naik sepeda, berenang,  lompat2 dll.
Sementara motorik halus itu kebalikannya.  Spt meronce,  meremas, mengulen,  melipat dll.
Dan jangan salah.... Kematangan motorik kasar dan halus ini adalah pondasi paliiiiing dasar yg mengindikasikan seorang anak sudah siap masuk SD atau belum
▶ Berarti anak perempuan harus dekat dengan ayahnya ya bupim.... biar pedenya bertambah... bisa kasih contoh kata motivasinya
↪ Anak2 harus deket sama ayahnya. Laki maupun perempuan. Contohnya di grup aja nanti ya bu.... masih ada 20 pertanyaan lagi yang masih antri
▶ Baik bu pimpim... haturnuhun jazaakillah khoir atas jawabannya

*Moderator* ▶ BuPim, gimana kalau orangtuanya juga krisis pede?
*BuPim* ↪ Ngga bisa terlalu berharap anaknya akan sangat pede. Krn anak itu bagaimana pun akan mencontoh ortunya atau org dewasa yg dekat dengannya
▶ Baik BuPim

Pertanyaan 1⃣8⃣  Assalamualaikum bu primaretta,
1. Anak sy daffa umur (6thn,5bln) skr,, sebaiknya ajaran baru ini sdh sy masukan SD atau biarkan dulu sy istirahatkan setahun tunggu skolah thn depan saja mengingat sebelum belajar ilmu parenting dng bangganya sy kasi sekolah mulai PG,TKA,TKB buπŸ˜” sy takut krn sdh lama skolah kedepan dia jd bosan seperti artikel diatas
2. Seandainya dibolehkan masuk SD thn ini.. Pilihan skolah SDIT mana yg bagus yah bu.. SDIT yg sistem belajarnya dr jam 7.15-14.00 (senin-jumat) atau SDIT yg msk jam 7.00-10.00 (senin-sabtu) mengingat anak sd kelas 1-2 kan tdk boleh terlalu berat sekolahnya?? Mohon pencerahannya bu
-Bundaffadifa, Sulawesi Selatan-

Jawaban:
Waalaikumsalam bunda daffa
1. Sudah sy jawab di pertanyaan serupa nomor sebelumnya. Mohon maaf sy lupa nomor berapa,  silahka scroll up saja ya bu
2. Kembali bagaimana energi dan karakter anak.  Topik ini juga sudah sy bahas di pertanyaan sebelumnya bu. ✅

Pertanyaan 1⃣9⃣  Assalamualaikum Wr Wb.
Anak sy Pr masuk SD 6 th 3 bln, lalu Anak sy Laki2 masuk SD usia 6,1 th. Yg Pr sy dl sdh sy masukkan dari usia 2 th, dan yg Lk dari 2 th 3 bln. Ktn sy bekerja, kalau di rmh sama pengasuh beliau ngga sekolah hanya dikasih sinetron aja anak2 sy. Skrg... Jujur utk yg Pr krn kecedasannya biasa2 sj sy tergopoh2 utk mengajarkan MTK. Kalau yg Lk krn dia cedas, sy mudah mengajarkannya di rmh, dia termasuk 5 besar. Sy pinginnya dl masukkan mrk di usia 7 thn. Tapi bapaknya pingin skr aja (6th nan), ikut dia dl dimasukkan ortunya jg usia 6 thn dan  bapaknya ngga mau belajar parenting. Efeknya apa ya thd anak2 sy nanti, misal pas smu atw kuliahnya? Lalu skr sy mesti bgmn, Lanjutkan saja kah? Atw ada triks khusus utk keterlajuran masuk sekolah lebih awal ini? Skr yg Pr kls 4, yg Lk kelas 2. Makasih.
-Atik, Batam-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu atik
Sudah jelas terasa dari sekarang kan efeknya pada anak perempuan kan ya bu. Tapi jangan berbangga juga pada anak yg lelaki. Krn efeknya biasanya baru akan terlihat setelah melewati kelas 3-4. Dimana prestasi mulai menurun,  motivasi belajar menghilang,  inginnya main terus,  mulai membantah, sakitan sampai mogok sekolah.
Dari fenomena itu kemudian anak dicap nakal,  susah diatur,  pemalas,  bodoh dll yang makin merendahkan kondisi anak.
Jika hal tersebut terjadi (semoga tidak ya bu) maka ortu harus minta maaf sama anak,  menurunkan ekspektasi thd anak,  menerima apa yg dirasakan anak, mengikuti arus anak dengan pengawasan,  jangan dilabel negatif,  setelah anak merasa nyaman baru masukkan nilai2 positif, gali potensi lain selain akademis. Ini juga sudah saya bahas di nomor sebelumnya ya ✅

Pertanyaan 2⃣0⃣ Assalaaamu'alaikum
Afwan sya irt yg mnikah di usia 19th, utk saat ini sdh mmliki 2 putra n 1 putri
Putra yg pling tua saat ini berusia 6thn
Bru skitar 3bln kmi msukn home schooling, dan si abang ni trmsuk anak yg hiperaktif,klo bljr g mau dduk fokus, dan akhir2 ni udh mlas skolah, tdk mau bljr spt mngaji atau muroja'ah hafalan sbgmn biasanya, jujur sya mmg trmsuk agk keras dlm mndidiknya spt merepet,kdg klo btul2 g sbar main cubit, klo g sgup lg sya biarkn, pdhl sya sdh brusha agar bs mnjd ibu yg lembut dlm mndidik mreka tp agk sulit,,
Prtnyaan:
1. Apa kerasnya pola asuh sya bs mrpkn efek krn pola asuh sya wkt kecil jg dg kekerasan, bhkn bs dblg btul2 dg kekejaman
2. Bisakah otak ank yg sdh tlnjur rusak akibat kerasnya pola asuh bs normal kmbi?
3. Bgmn pola asuh yg ideal antra ibu n ayah, scra ayah lbih bny wkt dluar, dan ank2 sring atau wkt lbih bny brsma ibu, kdg mmg nmpak kbosanan ank thdp ibu
4. Bgmn mngolah atau bljr kesabaran mnjd ibu yg baik, lembut, dan pduli pd anak.
Jazaakumullaah khair
-Hamba Allah, Aceh-

Jawaban:
20. Waalaikumsalam hamba Allah....
Pertama sy pengen peluk ibu dulu boleh yaaa.... Peluk dari jauh aja
1. Bisa
2. Bisa,  tapi bukan berarti selanjutnya si anak dikasari lagi dan harus dicari tau apakah pada diri si anak ada trauma tertentu/tidak
3&4. Afwan sebenarnya ini luar topik kita hari ini. Jadi kita kasih kesempatan ke pertanyaan yg berkaitan dengan tema kulwapnya ya bu ✅

Pertanyaan 2⃣1⃣  Assalamualaikum
Anak saya yg ke2 lahir bulan maret, perkiraan masuk SD 7,4th sedangkan syarat masuk SD di kota sy ini rata-rata 6th. Kemungkinan anak sy paling tua dikelas nantinya. Bagaimana cara membangun kepercayaan diri anak saat mengetahui usianya paling tua dikelasnya? Terima kasih
-Vidie, Lampung-

Jawaban:
21. Waalaikumsalam.... Sudah sy jawab di nomor sebelumnya ya bu ✅

Pertanyaan 2⃣2⃣ Assalamu'alaykum...
Sy ibu dr 2 orang anak, putra ke 1 umur 3th 9 bln, skrg di paud, d paud anak sy mulai diajari cara memegang pensil dg latihan menebalkan gambar yg terputus2, kendalanya anak sy kurang menebalkan garis2 putus itu dan gampang bosan,jd dia ketinggalan dg tmn2nya,dr segi bergaul sdh mulai bs berinteraksi dg tmn2nya, tp blm PD ketika tampil d dpn kelas, bgmn solusinya ya bu? apa terlalu dini sy memasukkan anak ke paud?krn nanti rencana dia msk sd 6 th 1 bln, terima kasih sblmnya😊
-Ade Shilvi, Situbondo-

Jawaban:
22. Waalaikumsalam bu
Iya terlalu dini.  Perilaku saat ini seperti yg ibu sebutkan adalah wajar, seiring bertambah usia segalanya akan mjd lbh baik dan sesuai harapan. ✅

Tanggapan:
*BuAde* ▶ Untuk usianya yg 4 th, apa yg hrs sy kembangkan bu?
*BuPim* ↪ Kembangkan motoriknya aja dulu. Krn itu kan pondasi utama banget
▶ Berarti gak mslh skrg dia males2an nulis ya
↪ Proses menulis itu kan ngga sekedar duduk manis, lalu pegang pinsil, lalu menulis.
Ada banyak peranserta otot2 di seluruh tubuh harus dilatih agar supaya anak bisa duduk tenang,  pegang pinsil dan menulis
▶ Emang anaknya suka maen lari2 bu, tp tdk mau belajar bersepeda😁
↪ Ya belum lah bu.... Baru 4th. Apa lagi kalau anak laki. Fitrahnya lebih banyak gerak
▶ Ya bu, diajak konsen lama dikit msh blm bs. Terima kasih bny pencerahannya bu,emang kadang sy paksa dia utk blajar pegang pensil.

Pertanyaan 2⃣3⃣ Assalamu'alaikum
1. Anak sy perempuan skrg tk A bu, menurut hitungan anak sy masuk sd 6 lbih 5 bln bgaimana bu? Kalo thun brikutnya dah 7 lbih 5 bln bu... ktnya kalo perempuan lbih dewasa betul gak sih bu?
2. Karena brbagai pertimbangan sy msih hrs bekerja sbg guru di sd... dan sy pnya balita usia 2 thun... slma ini sy titip k simbah... menurut ibu lbih baik tetap sama simbah atau dimasukkan penitipan yg dsana memang ada pngajaran yg terprogram?
Jazakillah khoiron katsiiro
-NN, Jojga-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu...
1. Sudah sy jawab di pertanyaan sebelumnya ya bu
2. Simbah sudah saatnya istirahat.  Setelah sekian tahun ngurus anaknya saat ini adalah saat simbah istirahat. Terlepas mau tetep sama simbah atau ke penitipan, pola pengasuhan dengan simbah harus satu suara dgn ibu dan suami. Mengenai mana yg lbh baik antara tetap sama simbah atau penitipan, sedikit lbh baik titip ke mbah saja dengan dibantu asisten. ✅

Pertanyaan 2⃣4⃣ Assalamu'alaikum...
Lalu bagaimana Bu, dgn kami para orangtua yg sdh mengenalkan bentuk binatang, huruf dll drmah sejak AUD? Salahkah? Terima kasih.
-Raras Indar Sari, Jakarta Timur-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu raras
Ngga ada yg salah toh hanya pengenalan saja. ✅

Pertanyaan 2⃣5⃣  Assalamualaikum, masih bisakah bertanya?
Seberapa jauh ya jarak ideal antara rumah dan SD? Anak saya rencananya masuk SD tahun ini. Dan SD yg kami tuju (yg sejalan visi misi dan metodenya) sekitar 10 km dari rumah. Kira2 terlalu jauh tidak ya?
-Nine, Magelang-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu nine
Jarak tempuh rumah-sekolah untuk anak SD maksimal 20menit. Kl 10 km bisa ditempuh dlm 20 menit berarti masih bisa ✅

Pertanyaan 2⃣6⃣ Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh...
1. Apakah mempersiapkan anak usia dini siap dan matang bersosialisasi dg teman sebayanya ketika si anak masuk ke sekolah TK adalah salah satu indikator persiapan si anak untuk masuk ke sekolah dasar?
2. Jika kita mempunyai plan memasukkan anak pd TK B. Apa saja hal2 yg harus ortu persiapkan ketika dia akan memasuki usia sekolah (TK B) tsb? Dan, apa yg ortu semestinya lakukan jika mempunyai pilihan tsb?
3. Bisakah dijelaskan lebih rinci mengenai unsur2 ideal untuk memilih sekolah dasar? Terima kasih
-Laila, Kobar 2-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu laila
1. Silahkan ibu lihat lagi materi yg sudah disampaikan. Disana ada aspek sosial emosional. Dan itu bisa diperoleh di rumah maupun di TK
2. Paling tidak ortu mempersiapkan anak untuk berpisah dgn ortu dan masuk ke lingkungan baru tanpa ortu.
3. Kecocokan karakter anak dan sekolah. Kecocokan pola asuh ortu dengan peraturan dan sistem sekolah. Jarak rumah-sekolah
Tidak mengharuskan siswa kls 1 nya sudah bisa calistung. Sarana ruang gerak untuk anak (lapangan) ✅

Tanggapan:
*BuLaila* ▶ Kecocokan karakter anak dan skolah spt gimana bupim?
*BuPim* ↪ Ibu pernah denger sekolah alam? Kira2 cocok ngga buat anak yang lebih suka duduk manis membuat origami?
▶ Pernah tau bupim. gak cocok bu. jd, ortu harus melakukan pengamatan si anak untuk menentukan calon sekolahnya kelak ya bu?
↪ Melakukan pengamatan sekolah bu.  Kl anak mah seharusnya sll diamati kan
▶ Butuh brp lama melakukan pengamatan calon sekolahnya bu?
Untuk anak usia dini, lbh bagus mana bu dpt metode belajar sentra atau klasikal?
↪ Liat sehari juga cukup. Kan nanti keliling sekolah sambil interview juga dengan pihak sekolahnya bu.
Setiap metoda pengajaran pasti ada plus minusnya.  Tinggal dikembalikan lagi pada karakter anak dan pola pengasuhan ortu. Krn sy ngga tau anak ibu spt apa 😊
▶ Terima kasih bupim pencerahannya. ini yg kdng bikin bingung. ☺

Pertanyaan 2⃣7⃣ Assalaaamu'alaikum
Kami belum lama pindah ke Cikarang dan alhamdulillah mendapatkan sekolah TK/SD yg sangat ramah anak. Tanya sana sini ternyata sekolah tsb berfalsafah Sentra.  "Pakem" yg digunakan ternyata adalah metode sentra dr sekolah AlFalah Cijantung (sekolah ini mengadopsi sistem sentra dr Amerika - ibu Pamela).
Belum lama ini saya baru belajar sistem sentra dan saya baru tahu ternyata kalau di sistem sentra itu, "sekolah" dimulai dari usia baby. Pernah saya tanyakan ke pemberi materi (yg juga guru sentra) apakah tidak ada kebosanan (burn out syndrome) pada anak yg bersekolah di sentra? Menurut beliau, krn proses belajarnya menggunakan tahapan sesuai usia dan tdk ada drilling, insyaa allah tidak ada kebosanan.
Memang saya akui jadwal dan kurikulum sekolah sentra sangat ringan. Belajar sentra hanya 1.5jam. Sisanya membuat jurnal (menggambar), main dan makan. Begitupun di SD (anak saya kelas 1 sekarang).
PERTANYAAN:
1. Bagaimanakah pendidikan sentra ini dari sudut pandang psikologi?
2. Anak saya yg nomor 2 perempuan. Ketika masuk SD nanti sebaiknya usia 6.5 atau 7.5 thn ya dgn sistem sentra ini?
-Ririn, Cikarang-

Jawaban:
Wah pertanyaan pertamanya ternyata mirip sama pertanyaan terahir bulaila ya....
1. Dr psikologi pendidikan setiap metode ada kelebihan dan kekurangannya masing2. Tapi yg terpenting adalah bagaimana "guru2" yg mengaplikasikannya. Klo ibu liat guru mengajar dg baik, menghandle kelas dg ok dan dpt menangani anak dg bijak, plus komunikasi ortu guru lancar. In sya Allah kekhawatiran ibu ttg anak yg bosan tdk akan terjd. Jd fokus pd cara guru dan komunikasinya ke anak dan ortu
2. Udah sy jawab juga di atas ya bu.
Jadi kalau kita belajarnya sudah happy, in syaa Allah materi akan lebih mudah terserap.
Metoda seperti itulah yg sebenarnya saya pegang dalam setiap kegiatan sharing seperti ini. 
Walaupun apa yg saya ketaui masih seujung kuku burung nuri,  tapi kl bisa diserap in syaa Allah akan lebih bermanfaat.

Pertanyaan 2⃣8⃣  Assalamu'allaikum bu... Anak 3 thn boleh ikut tahfiz ga ya?
-Krisna dewi, Krangan-

Jawaban:
Rasanya tadi udh saya jawab ya.... Boleh... Tp kl masih 3th lebih baik tahfiz nya sama bunda aja.  Gimanapun usia balita masih membutuhkan kedekatan sama ortunya 😊✅

Pertanyaan 2⃣9⃣ Assalamualaikum wr wb.. Bu nama saya Ela, domisili di Bandung. Sya mau bertanya anak sy yang kedua lahirny bulan september jadi pas sd tdak pas 7 tahun tetapi 6,9/6,10 sebaikny sya masukkan sd usia itu atau tunggu satu tahun lagi saat usia 7tahun 9 bulan? Trmksh bu..

Jawaban:
Tadi sudah saya bahas ya bu 😊 ✅

Pertanyaan 3⃣0⃣ Assalamualaikum..
Bupim, adakah efek buruk dlm segi emosi bagi anak yg sengaja dibatasi pergaulannya dg tmn sebaya demi menjaga efek buruk lingkungan? 
-Tia, Bekasi-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu tia
Tergantung usianya bu. Kalau masih balita jelas tidak akan ada pengaruhnya.
Makin besar anak membutuhkan kesempatan untuk belajar berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Makin dewasa makin membutuhkan kesempatan dan ruang untuk berinteraksi.
Yg dibutuhkan adalah menanamkan adab dan aturan yg kuat pada anak. 
Kapan?  Pada saat balita.  Saat anak tidak perlu bergaul dengan lingkungan luas. ✅

Pertanyaan 3⃣1⃣ Assalaaamu'alaikum.. Terima kasih atas kesempatan yg baik ini bs bergabung digrup, sy ingin bertanya kriteria sklh seperti apa ya bu utk anak masuk sd, sy denger2 dr ibu2 disklh TK anak sy, rata2 sklh dites calistung, anak2 TK skrg sdh disiapkan utk masuk SD dgn berbagai les utk bs calistung, anak sy pertama laki2 usia 6,5 thn, masuk sd 6 thn10 bln.. harap2 cemas memilih sklh, utk calistung arka sdh bs.. sy sbnrnya ingin anak sy masuk SDIT, sy sdh tny pendapat anak sy utk dia masuk SDIT, dan dia mau wlwpun agak jauh dr rmh, pertanyaan sy :
1. Kriteria sperti apa ya SDIT yg baik dan care sm anak2? termasuk jam sekolahnya? krn ada yg dr jam 07.00-15.00 sdh termasuk ekskul
2. Usia brp thn anak bs diikutkan ekskul?
3. Kami tgl suka berpindah2 krn kedinasan suami sy, apa berpengaruh terhadap semangat sklhnya? krn arka hrs mulai bersosialisasi dgn lingkungan baru
4. Bagaimana menyampaikan sm arka utk tdk takut bertemu dgn tmn baru? dl dia pnh dibully. anaknya sbnrnya supel..
Terima kasih atas jawabannya bu.. Wasalam
-Mery, Pontianak Kalbar-

Jawaban:
Waalaikumsalam bu mery
1&2 Udh sy jawab di atas ya
3. Anak2 memiliki kemampuan beradaptasi lbh baik drpd orang dewasa.  Selama pindah2nya lebih dr 6bln sekali sih masih baik2 aja bu.  In syaa Allah kelak akan punya kemampuan adptasi yg lbh baik dibanding orang lain
4. Adalah porsi ayah untuk membangkitkan jiwa survival seorang anak terlebih pada anak laki2 ✅

Pertanyaan 3⃣2⃣ Assalamualaikum.. Saya Ema , Bogor
Lifia ( 13/04/2012)  sekarang TK A. (sekolah tk IT) Membaca materinya, apakah lebih baik mengulang di tk a atau tk b? Untuk memilih sd apa yg harus di pertimbangkan? Saya pernah hunting sekolah secara kurikulum visi n misi sekolah saya suka tp tempat di ruko. Suami tdk setuju. Jadi apa prioritas pemilihan sekolah dasar yg baik.

Jawaban:
Waalaikumsalam bu erna
Setelah ini boleh off dl 1th.  Nanti langsung masuk TK B aja bu. Mengenai kriteria sekolah sudah sy paparkan di atas ya bu ✅

Pertanyaan 3⃣3⃣ Assalamualaikum..
1. Saat ini kan banyak sekolah menawarkan beberapa cara/sistem pengajaran. Apa yang harus dijadikan pertimbangan (selain tipikal cara belajar anak) dalam memilih sekolah mana yg cocok untuk anak kita?
2. Di materi disebutkan bahwa anak harus memiliki kesiapan fisik (motorik kasar dan halus)
Utk anak usia 7 th, apa saja ya aspek motorik kasar dan halus yg sudah harus dicapai? Misal, anak saya 6,5 th blm bisa naik sepeda roda 2. Apakah ini keterlambatan motorik kasar/keseimbangan?
3. Utk hal kesiapan verbal/bahasa. Anak saya lancar bicara, tapi karena faktor kepribadian (introvert), dia agak kesulitan menyampaikan pendapat atau bertanya di depan umum. Jadi misal di kelas, ditanya gurunya, dia gak berani tunjuk tangan walau tau jawabannya. Kecuali kalau ditanya dengan cara ditunjuk nama, dia mau jawab.
Demikian pula kalau ada hal yg dia blm paham, dia tidak mau bertanya di dalam kelas. Jadi dia pendam pertanyaannya, atau nanti ditanyakan ke saya di rumah.
Bagaimana cara mengatasi hal ini? Terima kasiiiihπŸ˜„

Jawaban:
Waalaikum salam
1. Sudah dijawab
2. 7th memang seharusnya udah bisa sepeda roda 2, berlari kecil di papan titian, loncat tali dengan sempurna,  engklek dengan sempurna. Kematangan motorik ini digunakan untuk kekuatan otot punggung, spy anak bisa duduk manis di kelas
3. Anak aktif menjawab spt yg ibu sebutkan tsb keinginan siapa?  Ibu/anak? Ngga semua orang berbakat dan berminat utk jadi artis (diperhatikan) jadi selama semuanya baik2 aja ngga perlu dipermasalahkan krn itu adalah karakter anak. Cari dan fokus pada kelebihan anak ✅

Pertanyaan 3⃣4⃣ Assalamualaikum
Anak Q skrng 4,5 thn TK A,
Dari usia 1,4 thn sya sudah membawa Q ke paud 1/2 kali seminggu hingga usianya 2 thn.meskipun bolong2 ya,,,,
2,8 th masuk playgroup disekolah baru, 1-2 bulan betah dan berlangsung baik hingga suatu hari Q pulang diantar gurunya nangis dg alasan sakit (alibi saya marahan sama temannya yg menurut sya anak ABK hiperaktive) sejak itu Q tdk mau sekolah,, selalu menangis saat ditinggal disekolah, dan mulai terlihat diam, lalu saya stop full usia 3,2th,
Usia 3,10 thn TKA disekolah baru pemalu/pendiam, kaku jika bermain bersama,cenderung mau main sendiri, diam jika ditanya /disuruh  mirip dg  selective mutism padahal dirumah cerewet/prilaku normal dg bbrapa teman yg sudah dia kenal baik. (memang tdk mudah akrab, hanya mau bermain dg anak2 yg menurut dia nyaman) 7 bulan di TKA sudah ada kemajuan bisa jawab ketika ditanya guru dan temannya, mulai mw diajak main bersama, meskipun akademiknya bagus.
Sya kurang mengerti sikap anak saya, apa termasuk anak dg selective mutism ato tdk? Bagaimana penangannya, apa perlu psikolog tdk? Terima kasih
-R Gilang, Bekasi-

Jawaban:
Yang pasti kecepetan masuk sekolahnya. Kl kemaren masuk TK A usia 3,10 berarti nanti masuk TKB usia 4,10
Jadi masuk SD 5,10??????
Kadang kita sbg ortu mikirnya suka terlalu jauh dan rumit. Padahal anak seusia itu masih butuh main dengan orang tuanya untuk menumbuhkan rasa aman,  nyaman dan percaya diri. ✅

Pertanyaan 3⃣5⃣ 35. Assalamualaikum
Anak saya kembar usia 6,3 tahun tk b
Anak saya sudah dr umur 3 tahun sekolah. Karena dulu saya kerja.
Dari segi akademis bagus
Sudah banyak hafalan iqro calistung sudah bisa.
Namun saya khawatir sekarang ini mereka dalam masa bosan. Saya khawatir masa bosan berlanjut saat sd.  Mereka juni insya Allah sd
Bagaimana memotivasinya ya bu. Saya sadar dulu mereka terlalu dini untuk mulai sekolah. Terima kasih jazzakillah khayran

Jawaban:
Waalaikumsalam
Sebelumnya bersukur dl bu, krn ibu bisa mendeteksi adanya kemungkinan anak mengalami kejenuhan. Selanjutnya ibu harus bertekad untuk memperbaikinya.
Kalau otak limbik sebagai pusat emosi belum matang,  harus dimatangkan dl,  dimotivasi seperti apapun kl belum matang malah akan menimbulkan masalah baru dikemudian hari.
Kl skrg usianya 6,3th berarti juni nanti usianya 6,6th ya?  Undur masuk SDnya 1 th, bayar dl utang ibu ke anak2 krn terlalu cepat memasukkan ke sekolah.
Dan...... saya rasa usul sy ini ngga akan diterima oleh ibu πŸ˜… ✅

Pertanyaan 3⃣6⃣ Assalamualaykum
Tanya jika anak sy tidak sekolah tetapi kegiatan sekolah diajarkan dirumah, tp dy mengikuti TPA 2 minggu sekali dan les bhs inggris 2 minggu sekali, dengan durasi masing2 1 jam, apakah baik? Jazaakillah khoiron
-Mita-

Jawaban:
36. Waalaikumsalam
Ibu ngga menyertakan usia anaknya bu. Tp kl sy baca ikut TPA 2 mgu sekali (atau seminggu 2x?) kemungkinan anaknya masih balita ya bu?
Balita kayanya blm perlu ikut TPA.....kl pun diikutkan kemungkinan yg diajarkan di TPA masih bisa diajarkan ibu di rumah. Tp kalau memang benar dua minggu sekali sih masih aman aja. 
Untuk bahasa inggris,  blm waktunya bu. Krn bisa bikin si anak bingung bahasa. Lha wong bahasa ibunya aja blm fasih ✅

*Penutupan*

_Terima kasih kembali buibu....mohon maaf jika ada kata yg kurang berkenan atau cara penyampaian saya yg kurang bisa diterima ya buibu.  Kita semua sama2 belajar._
_Belajar segala hal bukan hanya sebatas parenting saja.  Disini sy juga belajar menerima tantangan baru,  belajar tidak egois dan belajar memperkuat jempol.  Terima kasih buibu 😊_

Terimakasih banyak kami ucapkan kepada Narasumber bu primaretta elsya,  untuk para ibu ibu , semoga tercerahkan , semoga setiap ilmu yang kita dapat bisa kita amalkan dengan sebaik baik nya ..

Semoga Allah menjadikan kita orangtua yang mampu menjaga dan mendidik amanah dari Allah Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ω‡ و ΨͺΨΉΨ§Ω„Ω‰ .

Saya dan semua team admin kulwap  undur diri, mohon maaf jika ada kekurangan .. sesungguh nya Hanya Allah yang maha Benar.

Saya tutup dengan sama sama kita bacakan doa kaffaratul majelis.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilahailla anta astagfiruka wa’atubu ilaik

(Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)

Jazaakumullahu khairan katsiran.
Wassalam

0 comments:

Posting Komentar