Kamis, 16 Februari 2017

Indeks Seminar dan Workshop Parenting


(gambar diambil dari sini)


                Lama banget ya blog ini enggak di update padahal udah hampir dua bulan migrasi ke TDP (Top Domain Level) *norak. Sok sibuk karena sakit radang tenggorakan sebulan lebih di penghujung akhir tahun 2016 plus salah urat dan berlanjut ke kepanitian seminar Money Management Ibu Elly Risman sungguh sangat menguras waktu dan energi (serta mental). Qadarullah setelah acara seminar selesai, satu persatu pun tumbang lagi mulai dari anak, suami dan saya pun akhirnya drop sampai kemarin huhuhu… Sekarang kondisi sudah mulai sehat kembali dan mulai menyusun draft ODOP 2017 yang belum diposting sama sekali (hiks..ketinggalan grup wa deh). Ya sudahlah memang prioritas kemarin untuk hal lain dulu, sekarang kembali memompa semangat supaya blog ini enggak dihinggapi sarang laba-laba terus-terusan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Alhamdulillah seminar yang diadakan tanggal 28 Januari 2017 di Hotel Shantika Premiere Kota Harapan Indah kemarin berlangsung dengan baik dan lancar, walau mungkin masih ada kekurangan sana dan sini. Ketemu dengan banyak temen di grup YKBH, mungkin sepertiga dari total pendaftarnya adalah mereka alias 4L (lo lagi lo lagi) hahaha… Sungguh sangat bersyukur bergabung di komunitas parenting ini sejak tahun 2014 karena banyak sekali ilmu yang bisa didapat dan dipraktekkan, apalagi menurut saya paling cocok bagi keluarga saya karena sesuai dengan Alquran dan Hadits serta perkembangan otak anak. Sebenarnya sudah lama ingin me-list judul resume seminar, kajian dan workshop yang pernah diikuti dan posting resumenya juga disini, namun kembali terkendala dengan waktu. Jadi, memang manajemen waktunya harus lebih dipatuhi seperti resolusi tahun 2017 yang pernah dibuat di akhir tahun 2016 kemarin. 

Telat banget deh baru ngomongin resolusi 2017 di saat orang sudah memulai rutinitas baru di bulan kedua tahun 2017. Tetapi tetap bersyukur Alhamdulillah, masih diberi kesempatan melewati tahun 2016 dan memulai tahun 2017 dengan energi penuh harapan dan semangat, semangat di awal semoga nggak kendor di tengah dan akhir. Banyak sekali yang ingin saya pelajari di tahun ini dan saya pun sudah merencanakan kegiatan apa saja yang akan diikuti di tahun ini sebagai resolusi tahun 2017, tapi manusia hanya merencanakan, tetap Allah yang memutuskan. Tetap saja yang namanya ibu-ibu beranak dua yang dua-duanya Masya Allah Tabarakallahu sangat aktif, jadi saya sadar sesadar-sadarnya bahwa mereka masih sangat butuh kehadiran saya sebagai ibunya sehingga waktu saya sangat terbagi dalam menulis dan menimba ilmu. Ilmu yang sudah dipelajari di tahun-tahun sebelumnya Insya Allah akan menunggu untuk ditayangkan di blog ini, ya walau kudet mudah-mudahan masih bisa bermanfaat minimal bagi anak-anakku dan diri sendiri serta orang lain. Doakan bunda berumur panjang ya, supaya bisa selalu berbagi ilmu sampai kalian memiliki anak kelak. Aamiin!

Pada awalnya, satu tahun lalu saat saya memulai mengisi blog ini (walau blognya sudah dibuat dari 2011) karena berasal dari ide dan keinginan saya menulis setiap hari satu postingan (one day one post) sesuai dengan category yang terdapat dalam menu yaitu Senin mengenai Parenting, Selasa mengenai Books and Films, Rabu mengenai Love and Life, Kamis mengenai Holiday and Trip dan Jumat tentang Writing. Mungkin hal ini sudah tidak asing bagi para blogger dalam menjadwal postingan mereka dan saya berharap mudah-mudahan kedepannya saya lebih bisa konsisten dalam hal ini dan tidak hanya menjadi rencana dan harapan saja.   

                Postingan pertama di tahun 2017 ini menjadi salah satu indikator saya supaya lebih bisa memanage pengelolaan diri dan rumah tangga seperti harapan saya di tahun 2017. Salah satu caranya adalah dengan merapihkan blog ini, kedepannya saya mulai membuat indeks atas seminar, kajian dan pelatihan yang pernah saya ikuti sejak tahun 2014 sampai saat ini dan secara bertahap materinya akan diposting di blog ini. Saya juga merevisi beberapa bagian artikel dalam blog ini untuk mempermudah saya dalam membaca sehingga tidak terlalu banyak artikel yang bersambung lebih dari tiga bagian. Namun, hal ini masih dalam proses jadi jangan heran akan banyak perubahan terkait isi dan judul walau mungkin untuk konsistensi penulisan harian, masih sangat relatif.

Indeks seminar, kajian dan pelatihan saya buat bukan dalam bentuk riya bahwa saya telah banyak mengikuti seminar dan pelatihan, Astaghfirullaahal‘adziim tidak sama sekali. Namun, hal ini sebagai pengingat bagi diri sendiri supaya tidak lupa dengan apa yang sudah dipelajari dan meminimalisir hilangnya hardcopy. Ilmu yang saya dapatkan jumlahnya masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan para ahli yang sudah mendalami di bidangnya. Apalah saya yang baru kenal ilmu pengasuhan ketika sudah memiliki anak dan saya tidak bermaksud untuk menjadi sok ahli di bidang parenting. Saya hanya ingin berbagi karena tidak semua orang tua berkesempatan mengikuti seminar tersebut apalagi yang mungkin tinggal di daerah tertentu. Sayang sekali rasanya jika ilmu yang sudah didapat baik secara offline maupun secara online tidak disampaikan kembali karena tentu banyak orang tua juga yang ingin belajar masalah pengasuhan dan diharapkan akan melahirkan generasi yang lebih baik kedepannya. Namun, alangkah baiknya jika para orangtua juga menimba ilmu dengan mendatangi majelis-majelis ilmu secara langsung.

Jika ada ketersediaan waktu dan dana, saya sangat berharap para ayah bunda untuk datang langsung ke seminar dan pelatihan parenting karena akan lebih fokus dan berbeda pemahamannya dalam menyerap informasi. Jadi, jangan dijadikan alasan karena sudah membaca materi di blog ini lalu tidak perlu lagi datang ke seminarnya karena merasa sudah tahu garis besar isinya. Tolong dipahami bahwa saya menulis di blog ini sesuai pemahaman yang saya dapat ketika saya mengikuti seminar yang mungkin akan berbeda pemahamannya jika orangtua lain ikut menghadiri seminar tersebut. Jadi, bisa saja ada kesalahan dalam tulisan saya karena bagaimanapun tulisan saya tidak selengkap seperti yang dijabarkan dalam seminar dan mungkin ada kesalahpahaman saya dalam menangkap isi seminar tersebut.

Berikut index seminar dan pelatihan yang baru sempat diposting di blog:
1. Anak yang Sukses Menghadapi Persaingan dan Stres oleh Elly Risman (11 Oktober 2014)
2. Meningkatkan Percaya Diri Anak oleh Elly Risman (29 November 2014)
3. Pelatihan KBBM oleh Purwitasari (7 & 14 Maret 2015)
4. Membentuk Anak Cerdas denganKBBM oleh Elly Risman (19 Maret 2015)
5. Mendidik Anak di Era Digital (28 Maret 2015) dan Menyiapkan Anak Tangguh di Era Digital dan Bahaya Pornografi oleh Elly Risman (16 Januari 2016)
6. Disiplin dengan Kasih Sayang oleh Elly Risman (25 April 2015 dan 10 September 2015)

                Lalu apakah bisa dijamin bahwa semua ilmu yang didapatkan akan dipraktekkan? Sejujurnya saya pun masih tambal sulam dalam menerapkan apa yang sudah dipelajari karena saya pun baru menghadiri acara seminar ketika anak pertama saya menginjak umur 3 tahun 10 bulan dan anak kedua baru berumur 2 tahun 4 bulan dan selesai menyapih dari ASI, tetapi saya percaya bahwa setiap ilmu yang sudah dipelajari insya Allah tidak sia-sia selama tidak bertentangan dengan syariat dan semoga menjadi berkah dalam keluarga. Tentu saja sangat berbeda jika menimba ilmu dengan membaca buku/artikel, mengikuti kulwap/webinar dan menghadiri seminar secara langsung. Jadi, saya sarankan datanglah langsung ke majelis-majelis ilmu dimanapun entah itu seminar, kajian atau pelatihan kemudian bergabung dalam komunitas parenting supaya tetap bisa belajar berkesinambungan dengan mengakses kulwap dan webinar dan jangan lupa memperluas wawasan dengan membaca buku/artikel. Menurut saya, 3 kombinasi tersebut sangatlah penting, jangan sampai orang tua “kalah informasi” dibanding anak. Kepada siapa lagi, anak akan bertanya kalau bukan kepada orangtuanya? Kalau orang tua tidak bisa menjawab, kepada siapa mereka akan bertanya? Hehehe…

                Saya sangat berharap bahwa tulisan saya tentang resume seminar dan pelatihan tidak disalahgunakan untuk kepentingan golongan dan orang tertentu dan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya untuk sama-sama belajar menjadi orang tua yang lebih baik. Saya baru sempat mengerjakan beberapa resume seminar diatas dan masih banyak resume yang belum diposting, mohon menunggu dengan sabar karena keterbatasan waktu dan kapasitas otak hehehe…


(gambar diambil dari sini)

#ODOP2017
#Day1Year2017


0 comments:

Posting Komentar