11/12/16

Nice HomeWork #8


MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Bunda, setelah di materi sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH


Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulsi IIP/



Misi Hidup dan Produktivitas Versi Saya


                Sudah masuk minggu kedua, saya mengalami radang tenggorokan yang cukup parah, dimulai dari badan panas, lemas tidak bisa bergerak, pusing sampai buang-buang air dan muntah-muntah. Rutinitas saya pun hanya seputar tempat tidur dan kamar mandi, makan hanya bisa masuk bubur dan obat. Namun, saya harus memaksakkan diri untuk makan karena dokter sudah memberi warning, kalau makanan tidak masuk, maka sudah bisa ketebak endingnya, thypus. Terlihat dari lidah saya yang sudah berubah agak keputihan dan tulang-tulang mulai linu. Jadi, saya harus istirahat total dan makan yang banyak. Sebelumnya V sakit duluan, berlanjut ke saya dan kemudian menular ke N, suami saya juga sempat sakit tapi hanya sebentar dan langsung sembuh. Saat ini, kondisi saya sudah agak lebih baik walau masih belum bisa berjalan terlalu lama.

Saat sakit, saya banyak merenungi apa yang telah saya kerjakan selama ini, apakah list yang telah saya buat tidak berguna karena selama sakit tidak ada checklist yang bisa saya kerjakan karena sepanjang hari hanya bisa bedrest. Namun, setelah dipikirkan kembali, sakit ini justru memberi saya hikmah untuk tidak terlalu memforsir diri karena beberapa minggu sebelumnya memang saya berturut-turut menimba ilmu dan langsung berlibur keluar kota bersama keluarga dan tidak berapa lama kemudian mengantar anak-anak berkenalan dengan profesi dan mengikuti lomba. Jadi, memang tubuh memiliki batasan dalam beraktifitas, mereka butuh isitirahat dan makan teratur. Perenungan saya ini sampai terfikir jika saya kelak meninggalkan anak-anak, apa yang akan saya tinggalkan bagi mereka? Oleh karena itu, berikut adalah salah satu dari beberapa hal yang ingin saya lakukan dalam misi hidup dan menjadi produktif:

a.       Salah satu ranah aktivitas di kuadran suka dan bisa yaitu menulis

b.      Pertanyaan “Be Do Have”

- Kita ingin menjadi apa? (Be) : Ingin menjadi penulis.
- Kita ingin melakukan apa? (Do) : Ingin menulis sebuah karya yang bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi banyak orang serta menyebarkan ilmu seputar parenting seluas-luasnya melalui tulisan saya.
- Kita ingin memiliki apa? (Have): Ingin memiliki perpustakaan dimana anak-anak dan remaja bisa bebas membaca tanpa harus mengeluarkan biaya dan melakukan kegiatan sesuai minat dan bakat mereka serta ingin mendirikan pusat kegiatan dimana orang tua bisa menimba ilmu parenting untuk mengasuh anak-anak dengan lebih baik lagi.         

c. 1. Yang ingin saya capai dalam kurun waktu kehidupan yaitu menjadikan anak Indonesia yang memiliki literasi yang memadai sehingga dapat bersaing dalam era globalisasi.    
  
2. Yang ingin saya capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan yaitu bisa mengembangkan passion saya untuk mendirikan rumah belajar parenting atau perpustakaan.    


3. Yang ingin saya capai dalam kurun waktu satu tahun yaitu menjadi penulis produktif dan meningkatkan kemampuan literasi.                   




0 comments:

Posting Komentar