22/12/16

Kulwap Parenting KOBAR ke 2: Manajemen Komunikasi Suami Istri

Bismillahirrahmanirrahim


📝 *Resume Kulwap Parenting KOBAR ke 2*
{ *Komunitas Ibu Belajar* }

Kamis, 01 Desember 2016
10.00 - 11.30

Tema: *Manajemen Komunikasi Suami Istri*

Nara Sumber: *Ummu Balqis*

Profil singkat:
⏩ A Writer
⏩ Ceo Smart EduPlace
⏩ Educator
⏩ Fashion Designer
⏩ ig: babyhijaber
⏩ Penulis buku "Bukan Ibu Biasa"

Moderator: *Cut Rafiqa Majid*
Co-Moderator: *Lila Akbar*
Notulen: *Hasfiani*

📚📚 Materi 📚📚

🌹 *Manajemen Komunikasi Suami Istri* 🌹
By: @Ummu Balqis

Bismillah.... 

Insya Allah setiap pasangan suami-istri menginginkan hubungan yg hangat, membahagiakan dan langgeng dengan pasangannya. Perlu manajemen komunikasi agar riak-riak kecil tak mengganggu ketenangan bahtera rumah tangga.
Beberapa tips sederhana agar komunikasi tetap berkualitas:
1. Endapkan masalah terlebih dahulu
Tenangkan diri dulu, Jangan bicara saat diri sedang emosi ... segala sesuatu yg keluar dari perkataan orang yg penuh amarah biasanya tdk terkontrol, kasar, berlebihan, dan pada akhirnya nantinya akan kita sesali. Endapkan masalah terlebih dahulu, tenangkan hati baru kita bahas permasalahan. Jangan juga membicarakan masalah saat partner terlihat lelah, baru pulang kerja, baru selesai aktifitas bebenah yg melelahkan ... beri waktu agar dia terlihat santai, orang yg lelah, cape, pusing ajan menangkap keluhan/protes dengan cara yg beda emosinya dengan orang yg secara fisik dan emosional sedang santai.

2. Gunakan bahasa yg tepat
Bahasa memegang kunci penting bagi suksesnya suatu hubungan. rules no:1 "buat lelaki harga diri no.1" gunakan bahasa yg baik yg tidak melukai harga dirinya. Mengkritik dengan menghinanya bisa jadi sukses membuat dirinya berubah, tapi biasanya lelaki tdk nyaman dengan wanita yg tdk menghargainya ... khawatirnya dijadikan celah syaithon untuk mencari perhatian lain dari wanita yg sempurna menerima dirinya.

3. Membaca buku bersama

Membaca buku bersama dan membahasnya adalah, cara menasihati tanpa mrnggurui ... sama halnya dengan menghadiri kajian bersama

4. Penghargaan

Siapapun suka dihargai, hargai bantuannya, dukungannya, supportnya sekecil mungkin dengan mengucapkan terimakasih ataupun memeluknya. Lelaki suka jika dia mampu menjadi pahlawan bagi pasangannya

5. Seimbang

Meski keluh kesah memang fitrah manusia, kadang kita harus seimbang memposisikan diri, ada saat dimana kita harus bersikap kuat, ada kala saat kita harus bersikap memerlukan bantuan partner ... agar suami tdk lelah dengan sikap manja kita atau justru merasa tak diperlukan dengan sifat perkasa kita

6. Meminta pendapat obyektif pihak lain yg mahfum
Minta pendapat orang lain/sahabat/kerabat/yg berilmu/yg dituakan jika semisal ada permasalahan pelik yg membuat kita sulit berfikir jernih. Namun perlu diperhatikan jgn sampai yg kita ceritakan hanya menebar aib tanpa cari solusi, yg dimintai pendapat harus benar2 amanah. Jgn pula meminta pendapat pada lawan jenis yg justru bisa menimbulkan permasalahan baru dengan timbulnya interaksi kedekatan yg tdk diinginkan. 

7.  Luruskan niat
Terakhir luruskan niat, satukan visi misi keluarga, sertakan Allah dalam setiap cerita suka duka keluarga kita insyaAllah kita akan lebih mampu mengontrol diri, sikap dan reaksi pada apapun yg terjadi di rumah tangga kita. Suami istri perlu duduk bareng menyatukan tujuan hidup bersama agar masing2 fokus pada pencarian ridho Allah

InsyaAllah, Allah menghadirkan masalah satu paket dengan solusi, Hamba2nya yg serius taat padanya insyaAllah sanggup saling menata diri agar emosi tak lagi meledak2.

Jgn Lupa Saling Sayang ....
Jangan Lupa Bahagia

Salam sayang
@UmmuBalqis
____________________________
🤗🤗 Sambutan 🤗🤗

Moderator

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته ummu balqis, ahlan wa sahlan di group KulWap 2 Parenting KoBar .. 😊🌹
Sebelum nya saya ucapkan terimakasih sekali sudah mau berkenan meluangkan waktu bersama kami disini..

Perkenalkan umm, saya cut rafiqa, sebagai moderator hari ini

Bismillahirrahmanirahim..

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah Wa asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. 


Terimakasih buat ummu balqis yg sudah berkenan hadir, dan terimakasih buat semua para admint yang sudah membantu mengivite teman teman yang ingin belajar dalam kulwap kali ini, salam sayang buat semu ibu ibu yang belajar salam group ini, semoga di faqihkan dalam menerima ilmu nya . 

Nara Sumber
Waalaykumussalam wr wb, Salam kenal semuanya..
Apa kabarnyaaa? Semoga semua ibu2 hebat di sini dalam lindungan Allah yaah..

Moderator
"Baik , kulwap langsung kita mulai ya ☺"
____________________________

❔❕Tanya Jawab ❔❕

Pertanyaan 1⃣
Assalamualaikum wr wb 
Bgmn komunikasi yg baik kpd pasangan yg merasa cemburu sekali dgn ortu dan adik2 siistri...?? Sehingga jika ortu n adik2nya  ajak pergi bareng atau makan bareng sulit sekali dpt ijin suami...diajak jg suami sering menolak..makasih
-Nurkomala dewi, Tangsel, 5 anak-

Jawaban: 
Menikah semestinya tidak sekedar menyatukan dua insan dalam satu ikatan yg halal dan berkah, tetapi juga menyatukan dua kubu keluarga dalam lingkaran yg hangat, bahkan dua zona persahabatan. Perlu trik agar kedua zona berbeda ini bisa disatukan dengan harmonis. Mulailah terlebih dahulu bersikap baik pada kerabat, saudara, dan sahabat2nya ... cemburu tak hadir tiba2...bisa mulai instropeksi

1. sesering itukah kita juga bercengkrama dengan keluarganya
2. apalah saat kita menghabiskan me time bersama keluarga kita dirinya, anak2, rumah terabaikan

jika segalanya baik2 saja sampaikan bahwa silaturahmi yg kita jalin semata demi meraih ridhoNya, agar keluarga kita berkah, agar rezeki dan panjang umur sebagaimana janji Allah. jangan lupa agendakanbersama dia menghabiskan waktu bersama keluarganya juga. intinya bersikap adil yaaaa✅
▶Si istri jg cukup dekat dgn keluarga suami n sering pergi bareng jg tapi suami tdk demikian ummi..dan kami tinggal sebelah ortu suami sblmnya..tp memang suami hanya keluarga kecil..keduaortu n kakanya...

Pertanyaan 2⃣
Assalamualaikum 
Saya dan suami LDR,suami orangnya keras dan mudah emosi. Contoh saya lupa bawa hp beliau telp ga ada jawaban nanti beliau marah dan ga mau bicara dengan saya seharian. Di waktu lain bila beliau lupa hanya menjawab tadi ga bawa hp sudah selesai dan ga terima kalo saya marah. Saya bingung cara komunikasi dengan beliau dan saya merasa serba salah diam salah saya ngomong juga dipersalahkan.
-Nungki, Magelang-

Jawaban: 
Menghadapi partner yg emosinya cepat naik memang perlu trik khusus, kunci utamanya jgn ikutan emosi saat dia emosi, istigfar dalam hati saat dia marah. dengarkan.

Akui kesalahan jika memang salah, minta maaf dan jika memungkinkan segera alihkan pembicaraan dengan hal lain yg mumgkin menarik baginya

PR berikutnya yg sebenarnya adalah tugas kita untuk melembutkan hatinya, sentuh sisi religius dia, putarkan muratall atau ngaji di sebelahnya, jika pas dia ada di kita. belikan buku2 keislaman yg ada sentuhan akhlaknya, menjadi suami ideal dll, ajak janjian sholat bareng mesti berjauhan, dan semakin beri perhatian dia ... beberapa lelaki saat merasa kurang diperhatikan konpensasinya menjadi pemarah. Tunjukan bersikap lembut padanya dan anak. Dia akan berjuta kali berfikir sebelum kasar pada wanita yg lemah lembut dan perhatian pada dirinya dan anak2nya...dan yg paling utama jgn pernah putus doa pada Allah agar Allah melembutkan hatinya.
Semangat yaaa✅
▶Baik ummu balqis, untuk menangkan anak-anak bagaimana? Kadang ayahnya banyak bicara hanya kalo sedang marah
✅Menangkan itu apa ya?
▶Menenangkan maksudnya, biar anak tidak trauma di marah-marahi ayahnya. 
Kalo sedang enak suasana hati bila telp hanya tanya udah makan blm?
✅Lelaki umumnya memang begitu 😂 perlu stimulasi dari istrinya ... Agar mereka lebih mau membuka keran komunikasi dengan anak. Coba buat waktu ayah dan anak. Jadi biarkan mereka berdua pergi berdua jalan2 seharian. 
▶Ya makasih ummu balqis

Pertanyaan 3⃣
Assalamualaikum 
Bismillah
Komunikasi terbaik dgn suami untuk membicarakan pola asuh anak bgm yg efektif.suami pny pndpt sendiri sy pun pny.keduanya memiliki alasan.tp tdk mencapai titik temu.baiknya bgm?mengalah sajakah?terimakasih
-Nadya, Bandung-

Jawaban: 

Waalaykumsalam bu Nadya

jika sampai pada hal yg prinsipil, semisal suami ingin gaya asuh permisif sedangkan istri ingin yg disiplin penuh tetap harus dicari titik temu...sebenernya dengan suami mau membicarakan itu sudah ada poin yg baik.

jika pola asuh terlalu global, dipecah permasalahan kasus per kasus, dibicarakan bareng dilist cara dia apa lebihnya, apa kurangnya ... cara kita apa lebihnya dan apa kurangnya, ambil titik tengah keputusan bersama yg kelak diambil untuk anak2 dan kedua pihak harus legowo menjalankan jalan tengah itu.
misal ibu: anti gadget, ayah bebas gadget ... setelah disepakati boleh gadget tiap hari @30 menit, yaa patuhi

demikian, intinya keran diskusi yg sudah ada dipelihara dengan mempertajam titik temu yg terbaik untuk anak2

Pertanyaan 4⃣
Assalamualaikum...

Mau nanya bu...saya msh single, nmn pertanyaan ini berdasarkan pengamatan dr kasus yang ada di lapangan:

1. Bagaimana membangun komunikasi yg baik dengan pasangan yg tertutup?  

2. Bagaimana membangun komunikasi yg efektif dgn pasangan yg sedang stress (merasa tertekan) or sedang aksi diam? Diajak bicara tangapannya diam aja. Apakah laki2 jk sedang stress dan punya masalah bawaannya selalu masuk gua dan menyendiri?

3. Bagaimana mengemukakan isi hati (perasaan kita) dgn benar tanpa mengingung or menyakiti or terkesan menyindir pasangan? 

4. Apakah cara komunikasi kita pd pasangan bergantung pd type dan karakter orgnya? 
Jika ia gimana cara mengkomunikasikan pd pasangan agar seorang laki2 itu hrs punya izzah, jangan lemah, memahami tanggung jawabnya sbg seorang leader. 
Jazakumullah khair atas jawabannya.
-Mina, Aceh-

Jawaban:
1. Bagaimana membangun komunikasi yg baik dengan pasangan yg tertutup?

Lelaki tertutup akan bicara jika dia percaya dan nyaman dengan partnernya, be that person!

jika kikuk dengan komunikasi lisan, tulis pesan 

jgn lupa peluk setiap hari sambil berucap, aku selalu siap menampung segala keluh kesahmu saat kamu memerlukan

saat dia bercerita jgn lupa, ucapkan terimakasih sudah berbagi bebanmu, it mean a lot

agar kelak dia tak ragu berbagi bebannya ... dan jgn pernah menjadi sosok yg tdk amanah untuk pria tertutup mereka sulit memaafkan partner yg menyebarkan aibnya

2. Bagaimana membangun komunikasi yg efektif dgn pasangan yg sedang stress (merasa tertekan) or sedang aksi diam? Diajak bicara tangapannya diam aja. Apakah laki2 jk sedang stress dan punya masalah bawaannya selalu masuk gua dan menyendiri?
yg pertama jgn memaksa, cukup ciptakan suasana yg nyaman bagi dia, hibur hatinya dengan cara lain, ajak shalat sunnah bersama, tilawah bareng bantu menciptakan ketenangan baginya ... saat agak tenang baru disapa, sudah siap berbagi beban? 

3. Bagaimana mengemukakan isi hati (perasaan kita) dgn benar tanpa mengingung or menyakiti or terkesan menyindir pasangan? 
isi hati ada yg positif dan negatif ... kalau trik saya, saya kemukakan positifnya dia dahulu baru keluhan saya, sampaikan dengan santun saat tdk emosi, dan persilahkan dia untuk juga mengemukakan positif-negatifnya diri saya untuk instropeksi bersama

4. Apakah cara komunikasi kita pd pasangan bergantung pd type dan karakter orgnya? 
Jika ia gimana cara mengkomunikasikan pd pasangan agar seorang laki2 itu hrs punya izzah, jangan lemah, memahami tanggung jawabnya sbg seorg leader. 
intinya cara lembut/tegas harus tetap disampaikan dengan bahasa yg santun, diwaktu yg tepat, dan tdk merendahkan pasangan kita. coba belikan buku2, jadwalkan kajian bareng intinya apgrade ilmu bersama.
▶Sudah kak cut...bagaimana jk pasangan tersebut memiliki hiperaktif akut umu. Punya problem dgn dirinya sendiri nmn tdk mau ke psikiater. Shg tiap kali diskusi selalu terkesan mau menang sendiri dan sering marah2 dan emosi padahal sang istri sudah sangat lembut dan berbicara dgn hati.
✅Kalau casenya sudah ada indikasi medis begini, sebaiknya disampaikan untuk kepentingan dirinya sendiri, atau jika ybs tdk mau coba arahkan untuk rajin dzikir pagi sore. 
▶Ada org yg tdk tahu dirinya bermasalah shg butuh pasangannya utk mengetahuinya. Nah ini ianya tahu dirinya punya masalah dgn dirinya. Pasangannya jg sudah mencoba membantu. Nmn mmg perlu ke psikiater nmn bersikeras tdk mau krn alasan malu. Shg tahu berganti ya begitu2 saja. Jd Sang istri bingung gmn cara berkomunikasi yg baik agar pasangannya mau berubah dan berani utk berubah.
✅Intinya memang dibangun kesadaran untuk berubahnya.
Karena hidup tdk jalan ditempat
Karena hidup tdk hari ini saja
Berubah tdk hanya untuk diri sendiri, tapi untuk pasangan, anak dan masa depan bersama
Sampaikan dengan sebaik2nya bahwa ini karena kita mencintainya
Sabar jgn putus doa yaaa bu insyaAllah 
▶Ini juga saran saya bu krn mmg saya jg ga tahu mesti sarankan apalagi selain doa kpd tmn saya. Jazakillah khair atas masukannya.

Pertanyaan 5⃣
Assalamualaikum 
Saya Fitri umur 40 thn, saya mempunyai 1 putri & 2 putra,saya mau bertanya saya selalu dikomplain oleh suami saya karena saya kurang perhatian dgn anak2 dan ke suami saya,menurut saya sudah cukup memperhatikan,saya pernah bilang sekali ke suami saya mohon di ajari saya saja karen memang saya dari kecil tidak memepunyai sosok ibu yang bener2 mengurus anak2 dan rumah tangga,dari kecil saya yg jaga adik2 tetapi kondisi beda utk zaman sekarang yang posisi menjaga adik dengan anak, pertanyaan buat saya bagaimana saya bisa berubah sesuai dengan suami saya mau,memang kadang2 saya suka lupa dengan hal yg kecil2 memberisihkan telinga anak saya.demikian pertanyaan semoga dapat dimengerti.
-Fitri, Tangerang-

Jawaban:
mom fitri bisa membuat "list pahala" berisi beragam kewajiban kita yg pada hakikatnya sesungguhnya pengisi pahala kita. 
nah berdasarkan list itu kita coba memulai agar tak lagi lalai. minta suami sebagai partner karena sejujurnya jika kita semua yg handle ga akan kekejar. 

sebagai contoh anak saya dua, dirumah kami melakukan pembagian tugas, untuk akademis yg kecil jadi tanggung jawab saya, saya yg ikut grup WA sekolah ... yg besar tanggung jawab bapaknya, dia yg ikut grup WAnya ... Jadi printilan masing2 anak tdk ada yg terlewatkan.

Pun untuk pengajaran, saya yg mengajari akademis sekolah, suami yg agamanya. There is no wonder women sendiriaaan, susaah buibu jaman ini berjuang sendirian

karena butuh partnership agar segalanya lebih baik.
▶Ya um saya terkadang jg susa bagi waktu,suami sy sibuk bekerjA dan beliau jg bukan tipe suami senang istri drumah dia jg ingin saya bekerja, tp satu sisi dia ingin saya perhatian, 😓
✅Bismillah ya bu fitri, diniatkan berburu surga ... Tiba2 ada kekuatan ektra insyaAllah
▶Amiin Ya Rab,terima kasih ummu 🙏🏻😊
✅Semangaaat

Pertanyaan 6⃣
Assalamu'alaikum...

Pernikahan alhamdulillaaah sudah berjalan 14thn (anak laki2 10y & perempuan 6y)
Namun komunikasi tidak lancar. 
Masih sering ribut mulut. Hal sepele bisa ribut besar. Setelahnya suami spt tidak ada apa2. Tapi saya masih menyimpannya....sakit nya susah hilang. 
Kami kasihan anak2. Takut mereka meniru dan trauma. Sudah terlihat anak2 saya dua2nya temperamen dan saya sedih sekali.
Bagaimana jalan keluarnya ya?
Jazakillah...
-NN, Jaktim-

Jawaban:
Waalaykumsalam

Memang tdk mudah merubah kebiasaan yg sudah belasan tahun dilakukan

coba jadwalkan pengajian keluarga dua minggu sekali misalnya, atau seminggu sekali di rumah jika memungkinkan ... minta dimotivasi ustadznya agar mampu mengontrol emosi,

jika tdk memungkinkan coba bicarakan hal ini pada pasangan dan apa dia  concern untuk merubah kondisi rumah ini, merubah sifatnya demi kedamaian bersama, jika sudah sepakat tinggal atur kesepakatan dengan keluarga, bisa coba buat outing bersama lalu diselipkan "resolusi baru keluarga" semisal mulai hari ini NO YELLING, GAK BOLEH TERIAK, sampaikan komplain dengan cara yg santun semacam itu. insyaAllah tidak mudah memang, tapi tdk pernah ada kata terlambat untuk berubah✅

Pertanyaan 7⃣
Assalamualaikum
Saya mau bertanya. Saya punya 2 orang anak (laki2 9th dan perempuan 3thn). Bagaimana mengkomunikasikan kepada suami mengenai tanggungjawab parenting kepada anak2 kami? Terutama kepada anak laki2 saya yg sebentar lagi memasuki usia baligh. Karena saya merasa hanya saya yang berusaha utk mendidik anak2. Pernah saya komunikasikan kepada suami, tapi suami tidak merespon.
Terima kasih
-Ria, Bandung-

Jawaban:
Waalaykumsalam mom ria

Coba diubah cara komunikasinya, semisal Ayah, aku butuh support ayah ... kakak jelang baligh, dan Ayah yg lebih paham melewati fase2 baligh laki2 kaaaan ... Yuk prepare kakak Yah.
buat si Ayah merasa dibutuhkan dahulu
Boleh juga disampaikan fakta2 yg ada ... anak yg jarang dapet input dari Ayahnya begini loh yaaah...begitu loh yaaa... jgn sampai ya yaah, bantu bunda ya yaah..
biasanya sosok ayah yg begini sesungguhnya mereka juga bingung mulai dari mana. ga ada salahnya sediakan waktu untuk "bedah buku bersama" atau ke acara2 parenting bareng.
▶Nah iya bener Ummu Balqis, suami saya sepertinya karena bingung karena ga tau harus bagaimana nya itu. Bgmn cara kita sebagai istri utk meng encourage supaya tidak terkesan menggurui suami?
✅Biasanya trik saya begini: Yah, aku punya buku bagus, baca bareng2 doong jadi kalau ada yg aku ga paham bisa tanya Ayah 😂
Biasanya Ayah yg jarang ngobrol/nasihati ke anak kebingungan saat memulai tugasnya menjadi gawang baligh anak. Nah, buat yg anaknya masih kecil2 harus "dikondisikan" anak deket ayah. Agar gak kikuk nanti
▶Jazakillah khair Umm utk trik nya.. Segera saya praktekkan nanti
✅Semangat mom Riaaa

Pertanyaan 8⃣
Assalamualaikum 
Bgmn komunikasi yg baik dg suami agar suami mau turut serta ikut dalam proses pengasuhan anak. Krn orangnya egois hanya memikirkan pekerjaan dan hobinya saja. Dan didukung pula sama orang tua dari suami.
-Atik, Batam-

Jawaban:
Waalaykum salam mom Atik

Warisan jaman dulu yaaa, bahwa mendidik hanya tugas ibu

Ini yg pelan2 harus kita edukasi bahwa ayah juga punya kewajiban yg sama.

Coba yaaa dimulai dengan melibatkan anak dalam hobinya, memungkinkan tidak?

Jadikan hobinya membuat semakin dekat ke anak

Karena suami saya gitu, si sulung "dijebak" dalam hobi sepedahnya ... Jadi kemana2 sepedahan berdua justru jadi mudah memasukan muatan2 positif saat mereka berduaan melakukan aktifitas hobinya.

Intinya hobi ga menghalangi, dan ga perlu kita halangi, yg kita ingatkan pengaturan waktu agar tanggung jawabnya jalan semua.

Selebihnya memang wacana suami harus dibuka dulu prihal pengasuhan dengan buku2, video2 parenting, bismillah yaa semoga bisa
▶Hobinya mancing bu, malam 2 dari jam 7 sd jam 12 malam setiap hari kec sabtu mgg. Ngga mgkn bw anak.
✅Intinya memang mesti dibuka dulu wacananya bahwa tanggung jawab mendidik anak ini tdk sederhana dan berat, karena banyak orang tua yg cuek baru peduli saat terlambat
▶Cara bukanya itu yg dia ngga mau tau bu. Kata ibunya malah kan udah bagi2 tugas, suami cari uang istri domestik. Melawan ibu mertua juga nnt jadi runyam bu..
Sy bilang nabi muhammad aja mau tuh masak, jahit kancing, merah susu, ngga dilayani terus. Tp nanti ibu mertua kalau dilawan suka sakit hati. Susyeh. 
✅Nah coba dengan bahasa minta bantuan, betul ini tugasku, maukah membantukuu 😂
▶Bahasa minta bantuan lebih efektif yah

Pertanyaan 9⃣
Assalamualaikum
Bagaimana menggali kemampuan komunikasi dengan suami ketika ada satu permasalahan yang terkadang timbul dalam rumah tangga?, ketika ada masalah yg tidak menurut saya salah dan tidak saya sukai, saya cenderung tidak bisa mengungkapkan dengan baik, cuma bisa menangis dan membuat suami bingung hingga akhirnya terkadang masalah yg ad tidak terselesaikan...
-Riansih, Jambi-

Jawaban:
Waalaykumsalam

Coba dimulai melalui bahasa tulisan yaa, jika bahasa lisan sering tak terungkap, coba tulis surat/email ke suami ... sampaikan dengan bahasa yg santun, sederhana dan tak menyakiti. nanti pelan2 insyaAllah bisa improove ke bahasa lisan✅

(Bersambung)
____________________________

Penutup

"_Baik umm..
Untuk pertanyaan yg blm terjawab apakah bs dijawab nanti ketika ummu balqis luang?"
⏩ _Baik nanti saya kirim via admin yaa. Saya off dulu yaaa. Salam semangat untuk semua. Semoga Allah meridhoi kita semua_
_Tanpa ridhoNya, hidup tak bermakna ... Betul?_
_Semangaaaat_ 😊
"Baik umm..
Terimakasih atas sharing ilmunya"
"Dengan ini kulwap kita tutup dengan bacaan hamdalah.."
"Alhamdulillahirrobbila'lamin"

"Terimakasih atas partisipasi dan antusias ibu2 sekalian.. Wassalamualaikum wr wb"

0 comments:

Posting Komentar