22/12/16

Kulwap IIP ke 1 ~ Dasar-dasar Menulis Fiksi oleh Ifa Avianty

RESUME KULWAP
RUMBEL MENULIS IIP JAKARTA 

DASAR - DASAR MENULIS FIKSI
Narasumber: IFA AVIANTY 

Rabu, 2 Maret 2016
20.00 - 21.00 WIB

Host: Vivi
Co Host: ~ Sara Rosalinda
~ Rotun

MATERI

Fiksi adalah :

Karya imajinatif yang bisa digabung dengan data dan fakta, atau membuat data dan fakta dalam bentuk penceritaan yang imajinatif. Contoh: cerpen, novelette, novel, komik, graphic novel.

SUMBER IDE

pengamatan dan pengalamangagasan dari karya orang lain literature: buku, film, majalah, internet imajinasi

MENGIKAT IDE MENJADI TEMA

kerangka karangan frase/kalimat acak/kata kuncimind mapping

TOKOH

tokoh utamatokoh tambahan

tokoh boleh manusia atau makhluk lain.

SETTING

Latar belakang tempat dan waktu saat cerita berlangsung.

Tempat boleh dimana saja.

Waktu boleh masa lalu, sekarang, dan masa depan, atau gabungan.

KONFLIK DAN ALUR

Konflik adalah benturan tokoh dengan dirinya sendiri, dengan tokoh lainnya, atau dengan setting. Biasanya bisa berupa konflik kejiwaan atau konflik fisik. Jadi bayangkan konflik sebagai sebab-sebab terjadinya cerita.

Alur adalah kumpulan konflik yang menjadi sebuah rangkaian cerita. Menurut mas Gola Gong, alur adalah kumpulan narasi, deskripsi, dialog, dan action. Narasi: penggambaran konflik melalui dialog dan penceritaan. Deskripsi: lukisan tentang situasi, kondisi, dan konflik. Dialog: percakapan para tokoh. Action: gerakan para tokoh.

Sederhananya, alur adalah cara bercerita. Cara menyelesaikan/menguraikan konflik. Bayangkan alur sebagai flow chart ceritamu!

Macam-macam alur:

Alur maju (progresif),

Cerita berjalan maju, tanpa ada kilas balik.

Aluru mundur (flashback)

Cerita dimulai dari masa sekarang, mundur menuju masa lalu.

Alur gabungan (flashforward)

Gabungan dari masa sekarang, masa lalu, sekarang, masa lalu dst.

SUDUT PANDANG, SUSPENSE, DAN ENDING

Sudut pandang adalah gaya penceritaan dilihat dari siapa yang bercerita. Bisa pakai sudut pndg org I: aku. Sudt pandangg orang III: narator serba tahu. Atau campuran.

Novel sekarang biasanya mengambil sudut pandang campuran.

Suspense adalah kejutan2 dlm cerita yang merupakan kumpulan konflik/konflik besar. Suspense wajib ada dalam sebuah cerita.

Suspense ideal itu adalah yang bisa membuat pembaca terus penasaran, dan bagusnya tersebar hingga akhir:). Coba gali suspense dalam ceritamu!

Ending adalah ujung cerita, di situ konflik bisa dipecahkan atau dibiarkan menggantung. Dari sini bisa ditentukan apakah cerita bisa dilanjutkan/atau tidak. Macam-macam ending: happy ending, sad ending, open ending.

WRITER’S BLOCK

WRITER’S BLOCK adalah kebuntuan yang dialami penulis dalam menyelesaikan karyanya. Bisa berupa kebuntuan ide, macet di tengah-tengah menulis, atau bingung menuntaskan cerita. Sebabnya bisa karena:

Kurang persiapanKurang dataJenuhBelum bisa ‘in’ ke dalam cerita/proses penulisanMajor mood flux (turun naiknya mood)

Cara mengatasinya:

Buatlah persiapan dalam menulisKumpulkan data selengkap mungkinBuatlah kondisi senyaman mungkin dalam menulis, sehingga tidak sempat jenuh dan bisa cepat in ke dalam ceritaBerlatih mengelola mood dengan membuat suasana senyaman mungkin, disiplin, dan mencoba membuat target/deadline sendiri.

RASA BAHASA

Rasa bahasa adalah kepantasan berbahasa sesuai dengan konteks cerita. Bisa disebut contoh rasa bahasa:

berdasarkan jenis ceritaberdasarkan setting ceritaberdasarkan waktu diterbitkannya ceritapersonal style masing-masing penulis.

TIPS AND TRICKS IN ROMANCE WRITING

hidupkan tokoh dan setting dengan kalimat dan pilihan kata yang bunyiingat: romance dan soft porn, apalagi hard core, adalah hal yang beeda jauuuh.selalu ada ‘cliché’ dalam setiap cerita, maka tergantung kita mengambil sudut pandang dan cara bercerita, serta mengambil unsur-unsur fiksi tadi, sehingga tidak jadi klise betulan.3 unsur yang harus selalu dijaga: netralitas, logika cerita, dan konsistensi. Bila sempat ‘lepas’, pergunakan ketrampilan bermain kata/kalimat.ujian pertama seorang penulis fiksi adalah di alinea pertama atau di 5 halaman pertama!harus selalu ada amanah yang tersampaikan kepada pembaca, bukan sekedar hiburan.

TANYA JAWAB :

1️⃣ T: Dalam islam kita mengenal konsep bahwa kata adalah doa. Lalu bagaimana implementasinya dalam membuat suatu cerita fiktif yang positif? Sedangkan kejadian buruk dan peran antagonis biasanya dibubuhkan sebagai pewarna cerita.
- vivi IIPJKT02 -

J: 1. @mbak Vivi : Dalam fiksi yang mengusung nilai2 kebaikan, lukisan tentang peristiwa atau perangai buruk dibolehkan untuk memperkaya cerita, tentu dengan pemaparan yang diperhalus/tidak vulgar. 

2️⃣ T: Bagaimana menciptakan konflik yang tidak klise? - vivi IIPJKT02-

2. J : @mbak Vivi :Di dunia ini hampir tidak ada konflik yang orisinal atau tidak klise. Yang beda adalah cara pemaparan konflik tersebut. Tiap penulis pasti punya cara yang unik untuk itu. Ayo cari keunikan kita masing masing. 

3️⃣ T : Bagaimana cara mengirimkan naskah ke penerbit, dan apa yang bisa kita lakukan supaya naskah tersebut 'dilirik'? - vivi IIP JKT02-

3. J: @mbak Vivi : Cara mengirimkan naskah ke penerbit: Searching dulu penerbit yang sesuai dengan naskah kita. Kirimkan softcopy atau hardcopy dengan tampilan serapi dan semenarik mungkin. Sertakan proposal singkat yang menyebut kelebihan naskah kita. 

4️⃣ T: Bagaimana prosedur penerbitan suatu naskah? - vivi IIPJKT02-

4. J: @mbak Vivi : Prosedurnya biasanya naskah yang disetujui akan diedit oleh editor. Lalu jika ada revisi kita akan diminta merevisi. Bersama dengan itu, surat kontrak akan dikirimkan kepada kita. Setelah itu asistensi kaver dan layout. Jika sudah ok, bisa proses cetak. 

5️⃣ T: Batasan umum dari menulis fiksi apa y?Terkadang kan imajinasi ini bisa kemana-mana? -sara, samarinda-

5. J: @Sara : Batasan fiksi adalah imajinasi + fakta dan data. Ada lagi batasan untuk tidak vulgar dan sesuai dengan norma agama dan sosial 

6️⃣ T: Bagaimana tips membuat seorang tokoh imajinatif agar tidak terlalu sama dengan karakter penulis? Terkadang kan meskipun su: dibeda-bedakan karakternya, ada karakter penulis yang nyantol juga di tokoh fiktif yang kita buat.
-sara, samarinda-

6. J : @Sara : Menurut saya sih gak masalah membuat karakter yang sama dengan penulis/seseorang yang kita kenal. Tapi sebaiknya tambahkan sifat/ciri yang berbeda. Misalnya dari penampilan tokoh/karakter tersebut. 

7️⃣ T: Mba Ifa tips agar cerpen itu alurnya jelas, nyambung trus enak dbaca itu gmana? -kania-

7. J: @Kania : Bayangkan seperti kita sedang membuat film yang tokoh2nya sedang ngobrol atau melakukan sesuatu. Jadi lancar gitu. 

8️⃣ Jika kita sedang berlatih membuat cerpen, kemudian sudah jadi sebuah: cerpen, kpd siapa sebaiknya kita minta masukan review/edit/perbaikan?
terlebih lagi jika cerpen yg kita b blm tentu akan diikutkan lomba.
Mohon pencerahannya mba Ifa..

-iim-iip jkt04-

8. @Iim : Coba minta bacakan teman yang umum/bukan penulis. Karena mereka pembaca yang.jujur. Setelah itu minta bacakan kepada teman yang penulis khusus lomba :) 

9️⃣ Berapa idealnya konflik dlm sebuah cerpen? Terlalu banyak konflik apakah bisa membuat pembaca jenuh? -Yesi, IIP 01-

9. @Yessi : Satu atau dua konflik cukup. Kalo novel harus banyak. 

1️⃣0️⃣ bagaimana cara menguasai Rasa bahasa? -Yesi, IIP 01-

10. @Yesi : Dengan terus rajin membaca dan berlatih menulis, mbak. Juga rajin nonton film :) 

1️⃣1️⃣ Bukankah secara syari'at dilarang menulis fiksi/cerita imajinatif? Kecuali, menulis novel atau cerpen yang berdasarkan pengalaman seseorang. Bagaimana pandangan mba? Adakah solusinya?
Terimakasih sebelumnya.
-Nita, IIP 03-

11. @Nita : Ada beberapa pendapat tentang hal ini. Namun sepanjang tidak menceritakan keburukan, kekerasan, pornografi, dan pelanggaran syariat, menurut saya gpp 

1️⃣2️⃣ Bolehkah menulis ulang cerpen tapi latar belakang dan tokoh diubah namanya saja? Apakah ini disebut plagiat -kania-

12. @Kania : Sebaiknya jangan. Coba ubah banyak hal dari cerita itu. Nama, latar blkg, konflik dan cara penyelesaian 

1️⃣3️⃣ Hal" apa saja yg harus dihindari dlm menulis cerpen supaya tdk dianggap plagiat
-kania-

13. @Kania : Temukan cara yang unik untuk gaya penulisan dan penyelesaian konflik kita sehingga BEDAAA :) 

1️⃣4️⃣ Apa saja teknik untuk menulis cerpen supaya ngehitz
-kania-

14. @Kania : Temukan keunikan kita dan padukan idealisme yang ingin kita sampaikan dengan selera pembaca. Hindari kesan menggurui dan bertele-tele 

1️⃣5️⃣ Saya suka baca cerpen dan senang berbicara tapi sulit menuangkan ide dlm tulisan apakah sy bs mjd seorang penulis? Adakah tips supaya sy mjd penulis? -kania-

15. @Kania : Bisaaaaa! Rajin berlatih menuangkan ide. Mula2 di medsos dan atau blog. Ini ide lhooo...jadi bukan semacam ngomel di blog/medsos :). Bisaaaa bangetttt 

1️⃣6️⃣ Sekarang kan lagi rame ttg flash fiction, itu masuk kategori cerpen bukan ya? Trus perbedaannya di mana?
-rotun, palopo-

16. @Rotun : Flash fiction adalah cerpen sangat singkat yang endingnya biasanya benar2 kejutan. Panjangnya tidak lebih dari 3 halaman A4 spasi 1.5

1⃣7️⃣ panjang cerpen itu minimal berapa ribu kata?
-rotun, palopo-

17. @Rotun : Minimal 500 kata atau kurang lebih 3 halaman A4 spasi 1.5. Atau jika flash fiction dimasukkan ke dalam definisi cerpen, ya 1 halaman A4 spasi 1.5 sudah bisa dikategorikan cerpen ✅

PROFIL NARASUMBER

I am a wife, mom of 3 sons, a writer of 42 books and thousands of writings in many media. Also a Blogger, Social Media Enthusiast, Scriptwriter, Copywriter, Co-writer, Ghost-writer, and Researcher.

Loves books, movies, music, history, coffee, tea, rain, and good food :) *gembul*

interested in history, family life, relationship, lifestyle (food, culinary, travelling, fashion, wellbeing, social media, simple technology, and social events), philosophy,education, self motivation, art and literature, women and gender issues, marketing, material technology, social and environmental issues, Islamic and other religion issues, science and maths, art and craft. No politics, gossips, and ‘netizen war’.

Wants to have Writings Project or Social Media Project with me? Kindly contact me at:

email : ifa.avianty @gmail.com
Facebook : https://web.facebook.com/Ifa.Avianty.1

Twitter : @ifaavianty

Instagram : @ifaavianty

Fanpage FB : Ifa Avianty and Her Writings

G+ : Ifa Avianty Al-Asyhar (ifa.avianty@gmail.com)

YM : ifa_blog2

WA/SMS : +6281381688015

BB : 26e5d4bd

- Jakarta, 3 Maret 2016 -

0 comments:

Posting Komentar