05/11/16

Nice Homework #3 ~ Matrikulasi IIP Bekasi Batch 2




MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH

Bunda, setelah kita belajar tentang "Membangun Peradaban dari Dalam Rumah" maka pekan ini kita akan belajar mempraktekkannya satu persatu.

Pra Nikah

a. Bagi anda yang sedang memantaskan diri untuk mendapatkan jodoh yang baik, tulislah suara hati anda dengan tema “UNTUKMU CALON IMAMKU”

b. Lihatlah diri anda, tuliskan kekuatan potensi yang ada pada diri anda.

c. Lihatlah orangtua dan keluarga anda. Silakan belajar membaca kehendakNya, mengapa anda dilahirkan di tengah-tengah keluarga anda saat ini dengan bekal/senjata potensi diri anda. Misi rahasia hidup apa yang DIA titipkan ke diri kita. Tulis apa yang anda rasakan selama ini.

d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda?adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa  anda dihadirkan di lingkungan ini?

Nikah

Bagi anda yang sudah berkeluarga dan dikaruniai satu tim yang utuh sampai hari ini.

a. Jatuh cintalah kembali kepada suami anda, buatlah surat cinta yang menjadikan anda memiliki "alasan kuat" bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak-anak anda.Berikan kepadanya dan lihatlah respon dari suami.

b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan potensi kekuatan diri mereka masing-masing.

c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak dan suami, silakan baca kehendak Allah, memgapa anda dihadirkan di tengah-tengah keluarga seperti ini dengan bekal kekuatan potensi yg anda miliki.

d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?

Orangtua Tunggal (Single Parent)

Bagi anda yang saat ini sedang mendidik anak-anak anda sendirian tanpa kehadiran pasangan hidup kita

a. Buatlah “Tanda Penghormatan’, dengan satu dua kalimat tentang sisi baik “ayah dari anak-anak kita” sehingga dia layak dipilih Allah menjadi ayah bagi anak kita, meskipun saat ini kita tidak lagi bersamanya.

b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan  potensi kekuatan diri mereka masing-masing.

c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak anda, silakan baca kehendak Allah, mengapa anda dihadirkan dengan tantangan keluarga yang luar biasa seperti ini. Apa misi hidup rahasiaNya  sehingga kita diberi ujian tetapi diberikan bekal kekuatan potensi yg kita miliki.

d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?

Setelah menjawab pertanyaan - pertanyaan tersebut di atas, sekarang belajarlah memahami apa sebenarnya "peran spesifik keluarga" anda di muka bumi ini.

Selamat membaca hati dan menuliskannya dengan nurani. Sehingga kata demi kata di nice homework #3 kali ini akan punya ruh, dan menggerakkan hati yang membacanya.

Salam Ibu Profesional


/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/




Potensi Kekuatan Diri Suami     

Bingung adalah kata pertama yang sempat tepikir saat disuruh membuat surat cinta karena pertemuan saya dan suami waktu itu tidak melalui surat cinta. Kami dikenalkan melalui proses ta’aruf didampingi oleh orang tua kami masing-masing, dan setelah kami merasa cocok satu sama lain, 5 bulan kemudian di khitbah dan 5 bulan kemudian dilanjutkan dengan akad dan resepsi pernikahan. Kalau diingat-ingat pun rasanya sama sekali tidak terduga akan berjodoh karena sama sekali tidak saling mengenal sebelumnya dan ternyata merasa cocok, mungkin benar kalau jodoh itu rahasia Allah.

Jadi ketika saya memberinya surat cinta lewat whatsapp, responnya adalah lewat emoticon sambil mengucap Aamiin, hehe… so simple. Suami bukan tipe banyak bicara dan romantis di depan banyak orang namun sangat pengertian dan memahami ketika istrinya lelah atau sedih dengan memeluk, mendengarkan curhat istri, mengajak jalan atau memasakkan makanan enak, mungkin bisa dikatakan lebih bisa dirasakan dalam perbuatan daripada perkataan. Saya sangat bersyukur karena hal inilah yang menjadikan emosi saya stabil dan lebih dewasa dalam bersikap dan bertutur kata karena emosi saya bisa tersalurkan walau masih belum bisa mengontrol dengan baik. Setelah menerima surat cinta tersebut, paginya suami langsung memasakkan sarapan dan berkata, “Ini hari Bunda, jadi Bunda enggak usah ngapa-ngapain, cukup duduk dan makan saja ya!”. Ya, saya semakin jatuh cinta kepadanya.
   
Kami dianugerahi dua anak perempuan dengan rentang jarak yang cukup dekat yaitu 1,5 tahun tetapi masing-masing anak unik dan memiliki kelebihan masing-masing. Setelah saya melakukan observasi, berikut adalah potensi kekuatan diri mereka masing-masing.

Potensi kekuatan diri anak pertama, IVK (5 Tahun 11 Bulan)

- Kecerdasan bahasa yaitu kosakata nya sangat banyak, suka sekali dengan buku, menceritakan pengalaman dan banyak bicara.
- Kecerdasan spasial/visual yaitu gaya pengamatan tinggi, kemampuan imajinasi, pengamat alam sekitar.
- Kecerdasan diri/intrapersonal yaitu sensitif, sangat mandiri, memahami perasaan orang lain, suka berimajinasi, kreatif, produktif dan berkelakuan baik.
- Kecerdasan alam/natural yaitu biasa mengamati alam sekitar, peduli akan flora dan fauna, terpengaruh emosinya terhadap kejadian alam yang tidak benar, antusias ke kebun binatang, taman safari

Potensi kekuatan diri anak kedua, NZK (4 Tahun 5 Bulan)

- Kecerdasan bahasa yaitu suka dengan buku, mudah mengingat kata, banyak bicara, suka membaca dan menceritakan apa yang dibaca dan pengalamannya
- Kecerdasan angka, logika, matematika yaitu gemar bereksperimen, suka membaca, rasa ingin tahunya tinggi, suka menanyakan kenapa begini kenapa begitu
- Kecerdasan spasial visual yaitu gaya pengamatan tinggi, kemampuan imajinasi, menuangkan dalam bentuk dan karya, pengamat alam sekitar, mampu menginterpretasikan gambar
- Kecerdasan nada-musikal-ritme yaitu mudah menghapal surat pendek, mudah menghapal lagu

Potensi kekuatan diri

- Kecerdasan bahasa yaitu suka dengan buku, banyak bicara, suka memberi alasan yang panjang, suka membaca sampai berjam-jam, dan menceritakan apa yang dibaca dan pengalamannya, mudah belajar bahasa asing.
- Kecerdasan diri/intrapersonal yaitu sensitif atau peka terhadap nilai, tujuan dan perasaannya, memahami apa yang ingin dan tidak ingin dilakukan, memahami situasi dan bagaimana harus bersikap, sangat introspestif, sangat mandiri berorientasi target, disiplin tinggi, suka membaca menulis menggambar dan membuat diary, menggunakan dan memperluas cakawala pribadinya, kalau tahu kelemahannya bisa membuat target yang tinggi, tidak mudah cepat puas dengan hasil pekerjaannya

Tantangan lingkungan

                Lingkungan perumahan dimana tepat saya tinggal sudah cukup menyadari bahwa pentingnya peran orangtua dalam mendidik dan mengasuh anak, misalnya diadakannya TPA, pengajian rutin dan pernah mengadakan acara seminar parenting di lingkungan RW, tetapi belum secara rutin diadakan materi parenting secara menyeluruh hanya secara umum saja. Tantangannya yang dihadapi yaitu ingin mendirikan rumah belajar atau perpustakaan khusus untuk anak dan remaja supaya kondisi yang sudah baik ini bisa lebih baik lagi dengan aktifitas anak-anak yang bermanfaat.

Saya ditakdirkan di tengah-tengah keluarga dengan bekal potensi yang saya miliki untuk saling melengkapi dengan pasangan dalam menjalani bahtera rumah tangga dan mengembangkan bakat dan potensi anak-anak sesuai dengan kemampuan yang saya punya. Keluarga kami dihadirkan dalam lingkungan dimaksudkan untuk lebih banyak berbagi dan bermanfaat bagi orang lain baik hanya berupa tulisan atau ajakan untuk menghadiri kajian atau seminar tentang pendidikan anak.      




0 comments:

Posting Komentar